Tips Magang di PUPR MBSI Kampus Merdeka

Tips Magang di PUPR MBSI Kampus Merdeka
Tips Magang di PUPR MBSI Kampus Merdeka

    TOMTOMID - Pada saat temen-temen memasuki dunia perkuliahan, atau kakak tingkat sering menyebutnya dengan mahasiswa baru. Pasti ada rasa penasaran serta ingin tahu dengan tingkat keingintahuan yang berbeda-beda tentunya. Kalau teman-teman mahasiswa baru yang sudah dan belum menjalankan ospek atau orientasi lingkungan kampus, pastinya akan memikirkan planing dan target saat berada di universitas yang di inginkan. Beberapa planing yang bisa kalian lakukan adalah mencari relasi yang banyak dari kakak tingkat atau pun yang berada di satu angkatan dan usahakan nilai meningkat di setiap semester.

    Selain itu, ada planing dan target yang harus teman-teman tempuh antara lain, dengan hasil nilai akhir kalian meningkat setiap semester nya. Bisa untuk mendaftarkan diri sebagai asisten praktikum dan asisten dosen, mengumpulkan sertifikat untuk menunjang atau mengupgrade diri kalian, agar yudisium dan kelulusan teman-teman di mudahkan. Aktif dalam mengikuti organisasi, entah itu masih dalam satu fakultas atau pun beda fakultas it’s okay kok.

    Semua kegiatan di perkuliahan seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), komunitas, organisasi tentunya dari sumber dan aspek yang berbeda. Aspek yang berbeda dapat dijabarkan dari segi ekonomi, hukum, tekno biologi, sipil, informatika, dan sosiologi. Aspek tersebut menurut pengalaman yang saya tahu, saat baru menempuh 1 tahun di kampus.

    Tidak terasa dengan berjalannya waktu, masa-masa saya menjadi mahasiswa baru telah usai atau selesai. Yang dimana teman-teman akan dihadapkan dengan semester atas dari semester 3 sampai semester 8. Siapa sangka kalian sekarang sudah berada di semester 6. Kemungkinan kalian akan melewati masa yang lumayan seru seperti magang atau kerja praktik. Saat ini saya memang baru menduduki semester 3, akan tetapi sudah sering ngobrol tentang pengalaman magang sama kakak tingkat.

    Pada umumnya teman-teman tahu gak sih? Arti dari magang itu apa? Magang adalah serangkaian wadah dari beberapa instansi, baik swasta maupun negeri yang membuka beberapa posisi untuk mahasiswa yang ingin memperluas koneksi dan memperdalam ilmu yang sudah diberikan.

    Kalau di kampus saya, ternyata di semester 6 sudah boleh mencari magang, akan tetapi dengan syarat dan ketentuan tertentu. Ketentuan tersebut salah satunya adalah mengikuti program kampus merdeka seperti Magang Berkualitas dan Studi Independent atau yang sering disebut dengan MBSI. Jika teman-teman sekarang sedang menempuh jurusan teknik sipil, bisa magang di MBSI, tepatnya di PUPR. Program PUPR adalah Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. PUPR itu lebih fokus kepada konstruksi perumahan rakyat.

    Menariknya, disini kalau teman-teman daftar program magang ini akan konversi maksimal 21-24 SKS. Namun juga perlu diingat, kebijakan dan syarat setiap universitas tentunya beragam. Dibawah ini sudah saya rangkum tentang Tips Magang di PUPR MBSI Kampus Merdeka. Yuk, simak sampai tuntas!

    Lengkapi Syarat Peserta Magang

    Lengkapi Syarat Peserta Magang
    Lengkapi Syarat Peserta Magang

    Jika kalian ingin magang atau kerja praktik di kementerian PUPR, ada beberapa hal berupa syarat yang harus teman-teman lengkapi sebelum mendaftar program ini. Kalian tidak usah khawatir, magang ditempat ini sudah terjamin kuliatas nya. Karena ini salah satu program magang bersertifikat yang merupakan bagian dari Kampus Merdeka.

    Persyaratan yang harus di penuhi dari sekarang, antara lain mahasiswa semester 5 untuk program Diploma (D3), mahasiswa semester 7 untuk program Sarjana terapan, sehat jasmani dan rohani, mengikuti pelatihan DL-SIBIMA atau sudah melakukan pelatihan tersebut sebelumnya. Dengan ini para mahasiswa semester 6 ke atas akan lebih mudah mempersiapkan syaratnya.

    Cari Informasi Penyelenggara Magang

    Cari Informasi Penyelenggara Magang
    Cari Informasi Penyelenggara Magang

    Saat teman-teman sedang mencari informasi tentang magang PUPR, seperti tentang penyelanggara magang, pastikan kalian melihat informasi tersebut dari sumber yang terpercaya. Kegiatan magang diselenggarakan oleh penyedia jasa konstruksi melalui unit pelatihan. Jika penyedia jasa konstruksi tersebut tidak mempunyai unit pelatihan, maka penyedia jasa konstruksi dapat melakukan kerjasama dengan mitra kerja sama magang.

    Adapun beberapa hal, peran unit pelatihan dalam penyelenggaraan magang yang harus teman-teman ketahui, agar mengetahui apa saja yang kita dapatkan dari PUPR. Peran unit tersebut antara lain menyediakan ruang teori, mendapatkan buku kegiatan, mendapatkan bimbingan teknis terkait substansi magang.

    Kuasai Software Teknik Sipil

    Kuasai Software Teknik Sipil
    Kuasai Software Teknik Sipil

    Mungkin software yang sering bikin mahasiswa teknik sipil takut atau ngeri. Akan tetapi, jika sudah mantap mengambil jurusan teknik sipil sejak awal masuk, harus sudah siap dan yakin apa pun rintangan per semester. Ada banyak software yang dapat mengasah skill (keahlian) mahasiswa, antara lain AutoCAD, SketchUp, SAP2000, dan Etabs. Beberapa software ini mempunyai kegunaan masing-masing. Kalian bisa menggunakan AutoCAD untuk mendesain dua dimensi serta tiga dimensi, seperti membuat rumah, dan membuat denah rumah. Lalu SketchUp digunakan untuk menjadikan sebuah rumah menjadi mewah dan tampak nyata.

    Selanjutnya software SAP2000, dapat teman-teman gunakan untuk   menganalisis kelayakan hasil desainmu. Yang terakhir adalah Etabs. Software ini biasanya digunakan untuk menganalisis ketahanan bangunan terhadap gempa. Kalau saya sih, belajar ini semua melalui YouTube dan training diluar kampus. Kalian juga bisa kok, sharing sama kating gitu atau belajar software bersama-sama. Bikin seru sih ini. Dengan sendirinya, kalian bisa menguasai kurang lebih 4 software.

    Diatas merupakan informasi valid tentang Tips Magang di PUPR MBSI Kampus Merdeka. Teman-teman yang dulu belum punya bayangan atau gambaran, sekarang pasti sudah mempunyai gambaran bukan? Kalian bisa mengikuti tips diatas. Jangan lupa selalu aktif di lingkungan kampus yang penting. Dengan kalian aktif di kampus, bahkan mempunyai link banyak dari berbagai kalangan, dengan sendirinya tawaran magang akan mengalir seperti sungai yang mengalir deras.

    Semangat terus untuk teman-teman yang sekarang baru gencar mencari lokasi magang. Salam teknik untuk mahasiswa teknik sipil seluruh Indonesia. Jangan lupa untuk selalu seleksi terlebih dahulu jika mencari informasi. Pastikan informasi yang teman-teman dapatkan dari sumber yang valid. Bisa juga teman-teman mengumpulkan beberapa informasi dari berbagai sumber, dan teman-teman dapat mengambil kesimpulan nya. Semoga karya ini bisa bermanfaat.

    Terimakasih.

    TOMTOMID
    TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

    Tidak ada komentar untuk "Tips Magang di PUPR MBSI Kampus Merdeka"