Tips Lolos Beasiswa OSC Bagi Calon Mahasiswa Baru

Tips Lolos Beasiswa OSC Bagi Calon Mahasiswa Baru

Tips Lolos Beasiswa OSC Bagi Calon Mahasiswa Baru
Tips Lolos Beasiswa OSC Bagi Calon Mahasiswa Baru

TOMTOMID - Saat kalian menjalani di dunia kampus atau perkuliahan pastikan akan melewati dan menghadapi beberapa rintangan. Rintangan yang dimaksud adalah mungkin ambil contoh aja teman-teman terhalang biaya seperti SPP untuk membayar uang SPI atau uang gedung.  Rintangan yang lain seperti mempunyai nilai akademik dan sertifikat yang berkualitas selama duduk di bangku SMA. Akan tetapi kalian tidak percaya diri saat ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan ingin mengikuti beasiswa em tapi tidak tahu info apa pun.

Rintangan-rintangan tersebut tentunya dapat kalian atasi dengan berbagai cara lho. Teman-teman bisa berusaha mencari link atau relasi untuk mencari tahu informasi tentang perguruan tinggi negeri yang biayanya relatif terjangkau, bergabung dengan teman-teman sekolah yang ingin mencari beasiswa untuk pendidikan.

Jika kalian sudah melewati rintangan tersebut dengan melakukan berbagai cara pastinya kamu akan mudah berproses dalam mencari sekolah yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Menurut pengalamanku dalam memperjuangkan perguruan tinggi negeri memang tidak segampang yang kita lihat dan pikirkan. Mungkin aku dulu hampir 10 kali ditolak sekolah kedinasan, politeknik, bahkan sampai universitas ternama yang tersebar di Indonesia. Namun, setelah itu aku tidak putus asa dalam mengejar impianku agar diterima di salah satu institusi.

Walaupun mengambil langkah gapyear, gapyear bisa diartikan sebagai menunda kuliah dalam waktu tertentu yaa gengs. Setelah masa gapyear tersebut aku mencoba lagi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau sering disebut SBMPTN. Di waktu pengumuman dan aku dinyatakan lolos, akan tetapi aku tidak mengambil kampus tersebut karena tidak mendapatkan restu dari orang tua karena tempat kampusnya di luar kota Jogja. Hmm memang sad sih, tapi jangan berlarut-larut yaa gengs.

Tidak disangka karena kegajean dan keisenganku, aku mendapatkan info tentang Beasiswa OSC. Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang beasiswa ini. Beasiswa OSC adalah salah satu beasiswa yang diselenggarakan online pada tiap tahunnya. Jika kalian ingin tahu info resminya bisa cek di web osc.medcom.id yaa gengs. Yang bikin menarik itu beasiswa ini akan membiayai pendidikan temen-temen sampai lulus lho.

Yang perlu digaris bawahi disini adalah ada banyak yang berkompetisi di program ini yaa. Pastikan temen sering belajar dan mengikuti try out dari osc ya guys. Kalian bisa membeli tryout tersebut di Tokopedia yaa. Beasiswa OSC ini yang membuat aku bisa melanjutkan pendidikan di salah satu kampus ternama di kota Jogja. Dibawah ini sudah saya rangkum tentang Tips Lolos Beasiswa OSC Bagi Mahasiswa Baru yaa. Yuk simak jangan sampai ada yang di skip ya guys.

Tips Lolos Beasiswa OSC Bagi Calon Mahasiswa Baru

1. Pahami Syarat yang Berlaku

Pahami Syarat yang Berlaku
Pahami Syarat yang Berlaku

Mungkin kalian sudah sering tidak lolos beasiswa karena beberapa hal sepele. Hal sepele tersebut tidak kalah pentingnya dari factor yang lain seperti memperhatikan dan memahami syarat yang ada pada beasiswa yang teman-teman ikuti. Di Beasiswa OSC sendiri ada beberapa syarat yang harus kamu persiapkan. Syarat yang dimaksud adalah rapor dari semester 1 sampai semester 4, surat bebas narkoba. Ada pula dokumen pendukung seperti SKCK, SKBN, dan tes buta warna. Menurut pengalamanku sih beberapa dokumen itu bisa menyusul yaa guys. Dengan ini kalian bisa mencicil berkas apa aja yang diperlukan, jadi jangan sampai ada yang terlewat ya teman-teman.

2. Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)

Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)
Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)

Saat kalian terbiasa dengan sistem kebut semalam entah itu dalam mengerjakan   tugas  atau pun waktu mempersiapkan ujian akhir. Hal ini tentunya akan menjadi kebiasaan yang tidak baik untuk masa depan teman-teman. Walaupun teman-teman punya motivasi yang nantinya membuat diri kalian menghindari yang namanya sistem kebut semalam. Motivasi seperti mengingat tujuan dari awal memulai dan memikirkan waktu yang sudah kalian lewati. Kalian dapat menemukan motivasi tersebut dari sendiri tentunya dan dari orang sekitar seperti teman seperjuangan, orangtua, bahkan pacar yaa gengs.

3. Perbanyak Latihan Esai

Perbanyak Latihan Esai
Perbanyak Latihan Esai

Saat kamu ingin mencoba salah satu besasiswa seperti beasiswa OSC ini perlu banyak yang dipertimbangkan dalam mengukur kemampuan teman-teman. Memang tidak gampang mengejar angka untuk memenuhi syarat atau kata yang di inginkan. Hal tersebut dapat kalian atasi dengan cara yang sesuai. Kamu bisa melatih menulis, membuat kalimat yang mempunyai kesinambungan, carilah referensi jurnal di aplikasi academy. Dengan ini kalian bisa luwes serta tidak kaku dalam menulis esai. Biasanya tema esai untuk beasiswa OSC ini adalah motivasi atau hal apa yang membuat teman-teman tertarik memilih beasiswa ini dan motivasi apa yang membuat kamu ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi yaa.

Informasi diatas merupakan tips lolos beasiswa ternama di indonesia yaitu beasiswa OSC yang di selenggarakan oleh medcom.id. Jangan lupa yaa gengs beasiswa ini terkhusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru saja yaa. Tentunya informasi yang disajikan atau dipaparkan diatas menarik bukan. Mungkin saja teman-teman baru mencari informasi tentang beasiswa ini?? berarti sudah cukup jelas yaa gengs. Semangat dan ambis selalu untuk gencar perjuangin mimpi kalian yaa. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa selalu support artikel-artikel lain yang ada di blog ini atau media sosial ya.

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

No comments for "Tips Lolos Beasiswa OSC Bagi Calon Mahasiswa Baru"