10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami
10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

TOMTOMID - Kolesterol tinggi merupakan awal mula dari berbagai penyakit. Mulai dari sakit jantung hingga stroke salah satunya disebabkan kadar kolesterol di atas normal. Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Bisa dengan mengubah gaya hidup sampai menggunakan obat tradisional.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Seseorang dikatakan mengalami kolesterol tinggi ketika kadar kolesterol dalam darah di atas 200 mg/dL. Bila dibiarkan dalam waktu lama, kadar kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit. Ada berbagai cara menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan.

Seperti juga penyebabnya, untuk menurunkan kolesterol bisa mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Diikuti dengan rajin olahraga, hingga memastikan konsumsi makanan bergizi seimbang. Makanan untuk menurunkan kolesterol sebenarnya tidak sulit ditemukan. Penderita kolesterol tinggi juga bisa mencoba beberapa obat tradisional yang disarankan untuk membantu proses penurunan.

Cara Menurunkan Kolesterol Tanpa Obat

Disadur dari Harvard Health Publishing, untuk cara menurunkan kolesterol tanpa obat memang sangat mungkin. Konsumsi obat-obatan untuk menurunkan kolesterol bahkan sebaiknya dibarengi dengan gaya hidup yang sehat. Di bawah ini merupakan apa saja yang bisa dilakukan sebagai cara menurunkan kolesterol tanpa obat.

1. Rajin Bergerak dan Rutin Berolahraga

Langkah pertama untuk menurunkan kolesterol merupakan dengan perbanyak gerak. Seperti disadur dari Mayo Clinic, aktif bergerak dan berolahraga merupakan cara terbaik untuk menurunkan kolesterol secara alami. Para penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk berolahraga paling tidak 5 kali dalam seminggu. Jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki atau aerobik yang dilakukan rutin selama 30 menit sudah akan sangat membantu menurunkan kolesterol jahat.

2. Tidur Serta Istirahat Cukup

Terlalu banyak maupun kurang tidur rupanya memberikan efek sama buruknya untuk kadar kolesterol dalam tubuh. Kurang istirahat dan tidur memperbesar kemungkinan peningkatan gula darah karena kebiasaan ngemil di malam hari. Belum lagi tingginya stress karena tubuh yang kurang beristirahat. Disarankan untuk tidur dan beristirahat dengan cukup. Terutama tidur malam bagi orang dewasa yang minimal sepanjang 7-8 jam.

3. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan. Berhenti merokok menjadi salah satu cara paling disarankan untuk menurunkan kolesterol secara alami. Studi menunjukan berhenti merokok selama 20 menit saja sudah akan menstabilkan tekanan darah dan detak jantung. Setelah berhenti merokok selama 3 bulan sirkulasi darah sampai kerja paru-paru akan semakin membaik. Dalam satu tahun menghentikan kebiasaan ini, risiko penyakit jantung juga akan menurun.

4. Hindari Stress

Banyak yang masih meragukan keterkaitan antara stress dan tingginya kadar kolesterol. Padahal penelitian sudah membuktikan bahwa stress meningkatkan kadar kolesterol jahat dengan mempengaruhi tubuh dalam mempertahankan kadar kolesterol baik. Saat stress, hormon adrenalin akan meningkatkan trigliserida. Sehingga kadar kolesterol jahat dalam darah juga meningkat. 

Untuk cara menurunkan kolesterol tinggi termasuk dengan pengelolaan stress. Diantaranya seperti meditasi, meningkatkan istirahat, sampai yoga dan olahraga fisik.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih atau obesitas menjadi salah satu pemicu tingginya kolesterol. Penderita kolesterol tinggi dianjurkan untuk melakukan diet sehat yang diiringi olahraga teratur demi menurunkan berat badan. Sekaligus menjaga kadar kolesterol dalam darah. Menjaga berat badan juga akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Sehingga kadar kolesterol dalam darah pun akan dapat terkontrol.

6. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Makanan untuk menurunkan kolesterol terbaik sebenarnya buah dan sayur. Agar kadar kolesterol jahat turun sebaiknya mengkonsumsi paling tidak 500 gram sayur dan buah setiap hari. Ada berbagai buah untuk menurunkan kolesterol yang bisa dikonsumsi. Salah satunya pisang dan alpukat, yang kaya akan magnesium.

7. Konsumsi Makanan Kaya Omega-3

Jenis makanan seperti makarel, ikan salmon, tuna dan sarden, hingga biji chia dan kacang kenari disarankan dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Pilihan makanan tersebut kaya akan omega-3, dimana akan membantu menurunkan kadar trigliserida di darah. Pastikan juga mengkonsumsi makanan kaya Omega-3 yang juga rendah lemak. Agar kolesterol dalam tubuh tetap terjaga.

8. Pilih Makanan Rendah Lemak

Mengontrol menu makanan memang menjadi cara lain untuk menurunkan kolesterol dengan alami. Termasuk dengan memilih makanan rendah lemak. Penderita kolesterol tinggi bisa mengkonsumsi dada ayam, ikan, susu rendah lemak, kacang-kacangan dan polong-polongan, tempe serta tahu, dan daging sapi tanpa lemak. Di sisi lain juga harus menghindari makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan bersantan, dan sebagainya.

9. Kontrol Konsumsi Gula

Gula tidak hanya harus dihindari bagi penderita diabetes. Mereka yang mengalami kolesterol tinggi juga sebaiknya memperhatikan konsumsi gula dalam makanan dan minuman. Berdasarkan Cleveland Clinic, banyaknya konsumsi gula memaksa hati memproduksi kolesterol jahat lebih banyak. Selain itu konsumsi gula berlebih juga menurunkan kadar kolesterol baik yang menghambat pembentukan enzim untuk memecah trigliserida.

10. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Makanan dengan magnesium tinggi seperti pisang, tempe, gandum utuh, ikan, alpukat, sayuran hijau dan kacang-kacangan mampu mengontrol kadar kolesterol. Konsumsi makanan tinggi magnesium dan rendah gula sangat disarankan bagi penderita kolesterol tinggi. Magnesium dalam makanan juga mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, yang merupakan salah satu efek tingginya kolesterol.

Cara menurunkan kolesterol diantaranya dengan mengubah gaya hidup sehat, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, serta berolahraga teratur. Semoga informasi dan ulasan di atas berguna untuk Anda menjaga kesehatan dan menurunkan kolesterol dalam tubuh ya. Salam sehat!

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

No comments for "10 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami"