Cara Cek Vaksinasi COVID-19 di PeduliLindungi

Cara Cek Vaksinasi COVID-19 di PeduliLindungi

Beranda atau Halaman Awal PeduliLindungi
Beranda atau Halaman Awal PeduliLindungi

TOMTOMID - PeduliLindungi merupakan website yang sengaja dikembangkan dengan visi misi atau tujuan guna membantu pemerintah untuk melakukan pelacakan dengan maksud untuk meminimalisir, serta berharapnya menghentikan penyebaran virus Corona (COVID-19). Mari kita ikut berkontribusi membantu kita sendiri dan orang lain. Dengan ikut berpartisipasi membagikan data lokasi kita pada saat kita hendak bepergian ke fasilitas publik, supaya kita dapat mengetahui ada tidak sih seseorang di area tertentu yang memiliki riwayat COVID-19? Mengatasi hal ini, dapat kita pantau melalui website atau aplikasi ini.

Belum lama ini saya mengetahui kalau ada website atau aplikasi seperti ini. Saya tahu akan website atau aplikasi seperti ini ketika saya tiba-tiba mendapatkan pemberitahuan berupa e-mail. Awalnya saya merasakan ada yang aneh dan curiga kenapa saya mendapatkan inbox di e-mail saya. Padahal seingat saya, saya tidak pernah browsing, cari-cari informasi seperti ini, apalagi sampai mendaftar. Kok mereka bisa tahu alamat e-mail saya darimana?

Baca : Bantuan Pemerintah - KemenSos

Saya merasa penasaran dengan website atau aplikasi tersebut. Akhirnya saya buka link yang tertera di e-mail tersebut lalu saya klik. Pertama saya berada di halaman pertama atau berandanya, saya langsung paham akan maksud website atau aplikasi PeduliLindungi. Rasa penasaran saya semakin bertambah, karena kebetulan saya sudah melakukan vaksin yang pertama, tepatnya pada hari Jum'at, 1 Oktober 2021 di Klinik Polres Wonogiri. Padahal hanya di Kecamatan Eromoko. Entah kenapa lokasi dan jadwal vaksinasinya di Klinik Polres Wonogiri. Mungkin karena yang mengadakan program vaksinasi dari pemerintah Wonogiri, atau yang bertugas dari sana.

Agar rasa penasaranku terjawab, akhirnya saya memasukkan nama lengkap saya yang saya gunakan untuk mendaftar vaksinasi (sesuai E-KTP), dan 16 digit nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) saya sebagai nomor identitas vaksinasi saya. Saya centang keamanan reCAPTHCHA nya, kemudian saya klik Periksa. Alhasil dugaan saya benar. Website atau aplikasi tersebut benar adanya, bukan website atau aplikasi seperti spam dan sejenisnya. Karena hasil menunjukkan data vaksinasi saya dengan jelas, dan sama seperti kertas yang saya dapat setelah vaksinasi.

Nah, dari sini saya langsung kepikiran bahwa saya dapat membuat ini untuk konten blog saya, siapa tahu bermanfaat bagi yang membacanya, kan lumayan. Toh saya juga senang kalau berbagi walaupun hanya sekedar informasi seperti ini. Selang beberapa hari akhirnya saya mendaftar di website atau aplikasi PeduliLindungi. Setelah mendaftar dan sedikit menelusuri, saya mendapatkan inspirasi tambahan untuk konten saya ini. Lanjut membaca yuk, inti dari artikelnya dibawah ini.

Baca : Gaya Hidup Minim Sampah Makanan

Manfaat Menggunakan Website atau Aplikasi PeduliLindungi

Dengan kita ikut berpartisipasi menggunakan website atau aplikasi PeduliLindungi ini, kita akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik. Diantaranya peringatan atau pemberitahuan seputar COVID-19, apabila kita sedang berada di area atau kawasan yang sedang dalam zona merah. Yang dimaksud zona merah adalah area yang sudah terdata bahwa di area tersebut ada seseorang yang terinfeksi positif oleh virus Corona (COVID-19), atau ada seseorang yang sedang dalam pantauan atau pengawasan. Tentu ini sangat bermanfaat sekali untuk kita selalu berjaga-jaga, berhati-hati, serta ikut berpartisipasi agar penyebaran virus Corona (COVID-19) ini dapat terhenti.

Perbedaan Akun di PeduliLindungi

  • Akun Tidak Terdaftar di PeduliLindungi
  1. Bisa cek apakah nama yang terdaftar (sesuai E-KTP) dan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang terdaftar sudah melakukan vaksinasi atau belum.
  2. Bisa periksa hasil tes COVID-19. Sebenarnya intinya sama seperti di poin pertama. Hasilnya juga sudah terlihat disana. Yang membuat beda halaman ini dengan halaman poin pertama adalah kita hanya memasukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) kita untuk melakukan pengecekan. Dan data yang ditampilkan hanyalah data vaksin saja, tidak lengkap seperti di halaman pertama yang menampilkan data nama lengkap, nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan), peringatan akan area zona, keterangan sudah divaksin atau belum, lokasi vaksin, dan data hasil tes COVID-19.
  3. Kita dapat menemukan fasilitas kesehatan mana yang melayani untuk dapat kita vaksinasi COVID-19. Contoh : Mencari nama Klinik, nama Puskesmas, atau nama Kecamatan.
  • Akun Terdaftar di PeduliLindungi
  1. Tentu dari ketiga poin diatas sudah cukup lengkap dan jelas, serta akun yang terdaftar di PeduliLindungi sudah otomatis mencakup dari ketiga poin diatas (sudah ada). Namun, dibawah ini merupakan poin tambahannya yang tidak di dapatkan di akun yang tidak terdaftar di PeduliLindungi.
  2. Dapat mengupdate data di Akun Saya.
  3. Fasilitas Kotak Masuk. Bisa berupa pemberitahuan apapun mengenai COVID-19.
  4. Bisa cek Riwayat & Tiket Vaksin.
  5. Mendapatkan Sertifikat Vaksin yang dapat di unduh.

Cara Cek Status Vaksin, Tes COVID-19, dan Warna Label di PeduliLindungi

Cara Cek Status Vaksin, Tes COVID-19, dan Warna Label
Cara Cek Status Vaksin, Tes COVID-19, dan Warna Label

  1. Kunjungi : https://www.pedulilindungi.id/ atau klik PeduliLindungi!
  2. Scroll sedikit kebawah sampai menemukan tulisan Status Kesehatan!
  3. Masukkan Nama Lengkap (sesuai E-KTP)!
  4. Masukkan 16 digit nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan)!
  5. Klik atau tab reCAPTHCHA sampai tercentang hijau!
  6. Terakhir Periksa!
  7. Maka data akan segera ditampilkan. Jika kalian sudah melakukan vaksinasi, baik itu vaksin pertama ataupun sudah vaksin kedua juga, maka data kita akan ditampilkan semua disana.

Apabila kalian ingin periksa hasil tes COVID-19, maka kalian bisa melakukannya dengan cara dibawah ini.

Periksa Hasil Tes COVID-19 di PeduliLindungi

Periksa Hasil Tes COVID-19 di PeduliLindungi
Periksa Hasil Tes COVID-19 di PeduliLindungi

  1. Kunjungi : https://cekmandiri.pedulilindungi.id/ atau klik disini!
  2. Masukkan 16 digit nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan)!
  3. Klik atau tab reCAPTHCHA sampai tercentang hijau!
  4. Terakhir Submit!
  5. Maka data periksa hasil tes COVID-19 akan segera ditampilkan.

Baca : Banyak Manfaat dan Keuntungan - Skill Academy

Untuk cara yang kedua, data yang ditampilkan tidak selengkap dengan cara yang pertama diatas. Namun, alangkah lebih mudahnya kita dan leluasanya kita dalam memantau dengan website atau aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, kita juga dapat menyimpan data kita tentang vaksin di PeduliLindungi. Dapat sertifikat loh. Buruan daftar dan rasakan manfaatnya! Hehehe Untuk cara daftar di PeduliLindungi mungkin akan saya buatkan artikel terpisah.

Dipostingan selanjutnya akan saya sambung bagaimana cara periksa sertifikat vaksinasi COVID-19. Maka dari itu, ikuti terus perkembangan blog saya TOMTOMID ini untuk mendapatkan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat untuk saya pribadi dan untuk yang membaca artikel ini. Supaya tidak ketinggalan artikel terbaru dari blog TOMTOMID, kalian dapat mengikuti blog ini. Kalian juga dapat menambahkan blog saya TOMTOMID di bookmark browser kalian atau kalian favoritkan di browser kalian. Aplikasi androidnya juga ada kok. Kalian tinggal minta ke saya.

Saya sudah vaksin.

Yuk vaksin.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

No comments for "Cara Cek Vaksinasi COVID-19 di PeduliLindungi"