Ocehan Blog TOMTOMID Yang Diterima Google AdSense

Ocehan Blog TOMTOMID Yang Diterima Google AdSense

Ocehan Blog TOMTOMID Yang Diterima Google AdSense
Ocehan Blog TOMTOMID Yang Diterima Google AdSense

 

TOMTOMID - Google AdSense. Kabar baik! Situs Anda "www.tomtomid.online", kini siap menampilkan iklan AdSense. Itulah isi header email dari Google AdSense kemarin pada 2 Mei 2021 14:13. Awalnya saya kurang percaya apakah ini benar-benar nyata atau tidak. Karena disaat saya sudah los tidak memikirkan untuk waktu-waktu ini situs saya TOMTOMID yang saya daftarkan untuk di monetisasi hanya saya biarkan dalam peninjauan Google. Tidak begitu berharap lagi dalam waktu dekat ini dapat diterima. Karena peninjauan situs saya kemarin sampai mencapai mingguan, sesuai dengan isi pemberitahuan di AdSense nya.

Seperti zaman dulu saja kirim-kiriman surat dapat balasannya beberapa hari, bahkan Minggu. Yah, sebenarnya saya sudah menargetkan di bulan suci Ramadhan ini blog saya minimal sudah diterima Google AdSense terlebih dahulu dan untuk kedepannya tinggal menghasilkan. Alhamdulillah keturutan. Walaupun sempat ditolak beberapa kali tapi itu saya rasa wajar.

Di bulan suci Ramadhan ini saja, saya mendaftarkan blog saya TOMTOMID ke Google AdSense sebanyak 2 kali. Yang pertama ditolak, dan sebelumnya sudah mencoba mendaftar beberapa kali dan hasilnya tentu sama, ditolak, dengan beberapa pemberitahuan kesalahan dalam situs saya yang harus saya perbaiki, katanya (Google AdSense).

Baca : Alasan Mulai Ngeblog

Antara lain kesalahan yang saya lakukan dalam situs saya adalah pelanggaran kebijakan mereka, konten placeholder atau konten kosong, karena saya mendaftarkan situs saya yang kurang dari 3 bulan dan itu merupakan suatu pelanggaran karena seharusnya dalam waktu estimasi Google AdSense, 3 bulan itu saya gunakan untuk membuat konten, membuat menu navigasi, membuat 5 halaman penting seperti about, contak form, dan kawan-kawannya, serta faktor pendukung lainnya.

Karena dalam masa penataan situs selama 3 bulan itu, jika ada blog yang didaftarkan ke Google AdSense pemberitahuannya pasti sama, yaitu status permohonan ditolak karena kebijakan mereka (Google AdSense) minimal umur blog yang didaftarkan adalah 3 bulan. Saya kemarin 1 hari setelah membuat blog dan saya isi dengan 1 artikel langsung keesokan harinya saya coba daftarkan ke Google AdSense tepatnya pada 12 Desember 2020 saya membuat blog dan 13 Desember 2020 saya mendaftarkan situs saya ke Google AdSense, 1 artikelnya sudah saya buat beberapa hari sebelumnya, permohonan saya ditolak mentah-mentah.

Yang benar saja? Hanya dengan modal konten 1 artikel biasa-biasa saja, atau bahkan jauh dibawah rata-rata sudah berani, dengan PDnya mau pasang iklan, apalagi Google AdSense yang terkenal dengan ketatnya kebijakan untuk bisa menjadikan Google AdSense pengiklan yang menghasilkan dari blog kita.

Baca : Arti dan Makna di Balik Logo Blog TOMTOMID

Jika di pikir-pikir sih masuk akal juga. Artikel blog hanya ada 1, lalu iklannya mau taruh dimana? Sangat tidak memungkinkan. Kalau misalnya diterima pun pasti pihak Google AdSense berfikir lagi dan mencabut status permohonan kita karena sudah diterima. Tujuan Google AdSense kan supaya iklannya dilihat oleh banyak orang, banyak di klik orang.

Apakah dengan 1 artikel saja kita sudah cukup dan mampu bersaing dalam mesin telusur pencarian Google keyword kita? Apakah dengan hanya 1 artikel saja mampu menggait traffic ratusan, ribuan, puluhan ribu, atau bahkan lebih dari itu? Wah, hebat sekali kalau bisa seperti itu. Google pun bisa kalah.

Karena Google sudah dibayar untuk menampilkan iklan tersebut untuk tujuan promosi oleh publisher nya. Jika Google melanggar kebijakannya sendiri, pasti salah satu atau dua akan merasa dirugikan. Entah itu publisher yang menyalahkan Google karena memilih situs yang tidak berkualitas atau nol kualitas untuk iklannya ditayangkan di blog kita yang artikelnya hanya 1 tadi. Publisher sudah mengeluarkan tidak sedikit uang untuk mengiklankan produknya supaya laku terjual, tapi Google malah seenaknya.

Jika seperti itu, para publisher pasti mempertimbangkan kembali untuk menjadi publisher Google AdSense. Mungkin mencari pengiklan yang lain, yang murah dan berkualitas. Nah, dampak untuk Google AdSense nya pun pasti negatif pula kan? Kehilangan pelanggan (publisher). Hilangnya kepercayaan publisher untuk memilih Google AdSense sebagai pengiklan produk mereka.

Mulai dari itu, saya selalu mencoba memperbaiki situs saya, walaupun pemberitahuan kesalahannya tidak disebutkan secara mendetail. Berangkat dari blogger-blogger yang sudah sukses AdSense nya terhubung ke blog mereka, sudah saya lakukan semua (mungkin).

Seperti pemilihan template yang user friendly, mudahnya menu navigasi ditemukan, tidak ada link buntu atau mati, tidak ada link yang menyesatkan, memperhatikan penulisan, memperhatikan optimasi gambar, dan lain sebagainya. Semua itu sudah saya lakukan satu per satu dengan penuh kesabaran, capek, jenuh, pusing, ngantuk, sering ngalong sampai pagi tidur hanya beberapa jam saja, telat makan, tidak ada penghasilan sama sekali, pokoknya banyak sekali pengorbanan yang sudah saya lakukan untuk mengembangkan blog TOMTOMID ini.

Mudah-mudahan ini menjadi sebuah jalan awal, langkah baru yang harus saya tempuh dalam mendapatkan penghasilan dari apa yang sudah saya lakukan selama ini. Terlebih dapat gaji langsung dari Google AdSense itu sangat sesuatu sekali bagi saya.

Baca : TOMTOMID Membuka Kerjasama Berupa Backlink

Nah, terlepas dari itu, saya mendapatkan email pemberitahuan kembali dari Google AdSense yang isinya "Penayangan iklan di akun AdSense Anda untuk sementara dibatasi". Pemberitahuan itu muncul pada 2 Mei 2021 19:29. Why? Kenapa ini? Ada apa ini? Saya kira setelah diterima, saya langsung bisa menayangkan iklan di blog saya dan mulai menghasilkan, setelah saya memasang ads.txt di bagian setting bagian bawah monetisasi blog.

Karena ada yang ngobrol di chat dengan saya katanya kalau sudah diterima, setting dibagian monetisasi blog, tinggal pasang iklannya dimana, mau yang otomatis atau manual, sudah selesai. Tapi ternyata tidak dengan saya, tidak sama dengan mereka yang blognya sudah lama tersangkut dengan Google AdSense. Mungkin ini kebijakan baru dari Google AdSense yang harus saya patuhi supaya akun Google AdSense saya tetap aman dan dapat digunakan dengan semestinya, sebagai dompet digital dari penghasilan blog saya.

Saya berfikir bahwa mungkin ini adalah tindakan yang tepat diterapkan dari Google AdSense kepada saya dan blog saya. Bagaimana tidak? Saya sadar diri dan beranggapan juga (mengakui) bahwa traffic blog saya masih sangat kecil sekali jumlahnya. Berkisar ratusan per hari, kadang bisa down jika tidak ada artikel yang fresh atau postingan terupdate di blog dalam waktu yang cukup lama.

Kalau saya biasanya beberapa hari saja, hampir seminggu, tidak sampai mingguan. Karena saya melihat dan diberikan bocoran traffic dari beberapa teman blogger kalau traffic mereka sudah mencapai ratusan bahkan ribuan dalam 1 hari (sangat jauh dengan jumlah traffic saya), jalannya penghasilan di Google AdSense seperti keoang katanya, sehari cuma dapat gaji 1 atau 2 ribu. Bahkan ada yang bilang kalau mau dapat menarik gaji dari Google AdSense harus menunggu beberapa bulan, bahkan sampai 1 tahun dengan traffic segitu (ambang penarikan Google AdSense Rp. 1.300.000).

Wah.. Ternyata traffic itu sangat menentukan penghasilan bagi blog kita yaa? Namun pasti masih ada bagiannya lagi. Misal sumber traffic dari mana, media sosial, mesin pencari, atau yang lainnya. Itu yang menentukan harga dari masing-masing traffic dari blog kita. Apalagi traffic yang original search dari mesin penelusuran Google, pasti harganya pun jauh lebih tinggi, per visitor atau pengunjung katanya bisa mencapai Rp. 10.000 yang mengeklik link kita dari mesin telusurnya (Google). Tentu blog tersebut sudah pasti banyak yang mengenalnya dan traffic blognya sudah mencapai puluhan ribu per hari.

Waw.. Sangat fantastis bukan kalau sudah populer? Blog dengan traffic ribuan, bahkan puluhan ribu katanya penghasilan mereka bisa tembus sampai 10 jutaan per bulan. Hah? Lebih besar daripada kerja di pabrik dong gajinya? Yang berkisar 4 sampai 5 juta perbulan, kalau di kota kecil seperti kota saya biasanya cuma 1 sampai 2 jutaan saja gajinya dalam jam kerja normal.

Sangat jauh berbeda, 3 sampai 5 kali lipat lebih besar gaji seorang blogger daripada menjadi karyawan di salah satu pabrik. Tentu itu semua tidak mudah pula untuk mendapatkan gaji yang besar dari Google AdSense kalau tidak memang blognya benar-benar bagus dan sangat berkualitas.

Baca : Poin-poin Penting dari Event Kemarin 

Itulah ocehan saya yang sedikit panjang tentang diterimanya blog TOMTOMID oleh Google AdSense. Mudah-mudahan artikel ini dapat menjadikan pacuan buat kalian semua yang baru terjun dalam dunia blogging atau yang baru mau terjun dalam dunia blog. Jadi kalian harus tahu terlebih dahulu dari awal sebelum kalian menyesal di akhir dan stop dari dunia blogging karena tidak kunjung mendapatkan hasilnya. Salah jika kalian ngeblog tujuan awalnya langsung uang (seperti saya dulu).

Blog itu seperti investasi jangka panjang. Jadi tidak bisa instan langsung mendapatkan penghasilan. Jika kalian mau dapat uang, kalian bekerja dulu ditempat lain sembari mengurus blog kalian hingga menghasilkan. Kira-kira hasilnya sudah terlihat, baru berani memutuskan untuk menjadi sepenuhnya seorang blogger dan menerima gaji yang rutin dari Google AdSense.

Sampai jumpa di postingan saya berikutnya. See you next time.

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

39 comments for "Ocehan Blog TOMTOMID Yang Diterima Google AdSense"

  1. Halo kak,
    Selamat ya sudah di terima Adsense. Makin semangat nulis pastinya. Ada rasa seneng dan bangga ya begitu Adsense keterima. Perjuangan juga kan Ya. Tinggal iyess pe er nih naikin traffic biar nambah juga rupiah Adsense nya. Sukses ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Eka.

      Iya kak, bener banget. Lw mau cepet gajian harus traffic banyak. PR besar nih.

      Btw punya kk udah diterima?

      Delete
  2. Salamat mas Tom udah ads. .doain nyusul yaw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kak, makasih yaa kak Alvi. Dengan celotehan saya yang gaje di kolom komentar artikel kak Alvi mudah-mudahan cepet ketularan saya diterima. Aamiin. Hehehe

      Delete
  3. Weh akhirnya gak bakal ngeluh lagi nih masTom. Ha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa bilang mas NIR. Tau sendiri saya dikit2 ngeluh entah di komen, grup, dll. Apalagi ntar lw traffic panggah segitu kan pasti ngeluh "kapan bisa gajian (3x)" wkwk

      Ntar tak tanya mas NIR yaa tentang traffic ini caranya gimana. Hehehe

      Delete
  4. Selamat ya akhirnya di acc add sitenya... cuma sayang banget pake domain online, perpanjangannya 1/2 juta.....saya baru sekali di tolak untuk domain bisnis6 usia 2 minggu, usia sebulan saya daftarkan lagi.. ini lagi nunggu. Menurut saya sih.. bukan usianya tapi indeksnya.. kalau sudah dapat trafik organik cepat di ACC.

    Baru diterima kok sudah kena limit? lama loh pulihnya, kemarin domain saya sampai 1 bulan baru pulih. penyebabnya biasanya earning naik tidak wajar, atau trafik tidak wajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak bisnis6. Iya, kemarin cari yang murah, perpanjangannya emang mahal kak. Lw misal ganti domain yang lain gimana yaa kak? Misal com gitu? Apa saya harus mulai dari nol lagi? Kemarin saya pengen langsung com via blogger langsung, tapi mahal 165an. Makanya aku belokkan dulu, berharap ntar lw ada hasil buat beli yang com.

      Waduh, berarti mulai belajar yang gituan saya yaa kak. Jangan sampai kena masalah yang semisal. Makasih infonya kak. Ntar aku share lw ada info terbaru menurut pengalaman saya yang terjadi sama saya.

      Delete
  5. Hai kak Tomtom!! Selamat yah sudah bisa dimonetasi blognya hehe Blogku terbilang masih piyik juga trafficnya dan memang buat gajian dari google adsense ini tuh super lamaaaaa banget. Seperti kata kak Tomtom, blog ini tuh kaya investasi jangka panjang. Hahaha Aku ga terlalu ngandelin penghasilan dari blog. Emang kaya cuma sampingan aja. Hobi tapi bisa dapet duit kenapa tidak kan? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Furi.

      Makasih kak. Tapi kan lw udah tau jalannya penghasilan udah seneng kak. Tinggal cari cara buat naikin traffic supaya penghasilan uga naik. Kan lebih mudah daripada bangun dari nol kan ga dibayar apa2, dll kak. Hehehe

      Bener kak, saran saya sih lw udah pasti, cukup buat sehari2 bisa fokus kerja jadi seorang blogger kak. Bener banget kak. Daripada cicit cuit di medsos sia2, bikin dosa sana sini, pamer mesra, dll tapi cuma dapat like, kadang malah diserang netizen. Hehehe

      Makasih kak udah mampir yaa.

      Delete
    2. iya betul makanya kaya investasi jangka panjang. Meski dikit-dikit dapetnya tapi dibayar. Hehe

      Kalau yang 100% jadi blogger sih pasti sudah senior banget karena traffic dan job blognya sudah banyak... Kalau kaya saya, ga akan bisa penghasilan blog buat sehari-hari hahaha Yang ada nanti bisa ga makan 🤣 Nah bener tuuuh daripada cicit cuit di medsos cuma dapet like doang ya kan. Mending di blog aja jadi dapet traffic dan recehan hihih

      Delete
    3. Iya kak. Dari8sama sekali lagi.

      Ya ampun kak, kayak saya dong gara2 ngeblog jadi ga makan.

      Jangan bilang ga bisa dulu kak sebelum dicoba. Nanti malah gedean gaji google gimana? Malah dibiarkan? Wkwk

      Delete
    4. kenyataannya sekarang gaji kantor masih lebih gede daripada gaji dari google adsense kak wkwkw
      aku uda dari 2017 loh belom bisa gajian. Kalo ngandelin dari blog beneran ga bisa makan aku kak wkwkwk
      tapi emang kembali ke masing-masing orang kak. Tujuan ngeblognya buat apa. Kalo buat maksimasi profit dari blog ya emang musti usaha gedein si blognya biar traffic tinggi. hehe

      kalo aku kan emang ngeblog buat hobi aja hehe tapi hobi bonus bayaran yang meski seuprit hehe

      Delete
    5. Ho'oh. Bawah saya udah kayak karyawan kantor kak gajinya. Liat tuh!

      Soalnya kebanyakan cuma buat tulis2 aja kak, ga dimaksimalkan. Jarang kayaknya yang sangat memaksimalkan blog sampai gajinya puluhan bahkan ratusan juta.

      Bener kak, setelah diterima ngejarnya traffic. N itu kayaknya ada ilmu tersendiri loh yang ga bisa semua orang biasa bisa pelajari.

      Alhamdulillah masih kak, dapat. Daripada sama sekali ga dapat. Hehehe

      Delete
    6. betul kak Tom! Semangat gedein blognya biar bisa cash out puluhan juta sebulan 💪💪💪

      Delete
    7. Aamiin aamiin kak. Butuh berapa tahun yaa? Hehehe

      btw, akun ads cuma bisa 1 kan yaa 1 identitas kak?

      Delete
  6. Ciyeee.. Selamat Mas TOM..
    Semoga bikin semakin semangat ngeblognya...

    Saya tuh adsense dari tahun 2017 kalau nggak salah. awal sehari bisa ngedapetin 500-2000 rupiah (lumayan).. kalau sekarang sekitar 2 ribu-15 ribu perhari ( nggak tentu sih tapi lebih lumayan).. di fokusin terus aja ya.. jangan menyerahh.. hehe

    Saya dari awal smpe skrang udah 5 kali payout.. 😅 terakhir april kemarin pas banget mau lebaran.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Bay. Iya, ini jadi tambah semangat mas. Saya baru kemarin Desember 2020 mas, sampai sekarang. Barusan saya tengok udah ada Rp. 1.11 😂😂😂

      Soalnya iklan saya dibatasi, mungkin kebijakan baru, soalnya traffic saya masih ditinjau untuk 30 hari kedepan atau bisa lebih bisa cepat pula. Baru semangat cari traffic nih, cari aman dulu.

      Mau aku fokusin mas, udah ada rencana lagi mau gimana.

      Tetap semangat pokoknya. 💪💪💪

      Delete
  7. Takniah mas , buat perjuangan agar mendapatkan cuan dari blog. 👍👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh kak Tari. Tapi aku tak tanya dulu, takniah apa yaa? 😁😁😁

      Sedikit demi sedikit kak. 👍👍👍

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Haduh. Bukannya ngenyek kak. Emang udah sifat Tom lw belum tau begitu ketawa. Kan malu saya dikira kuper. Gitu.

      Delete
  8. Asik, udah diterima AdSense, nih, selamat Mas Tom. 👍 Semoga rencananya ke depan buat ningkatin traffic blog lancar jaya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Ristra.

      Makasih yaa kak. Aamiin kak. Nulis2 lagi pokoknya. Dapat hobi baru. Baru kemarin karena sangat terobsesi sama ads. Wkwk

      Delete
  9. Selamat Mas Tom blognya udah di monetasi ... Semangat nulisnya Mas Tom 👍😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak, makasih. Masih belum sepenuhnya diterima, masih tahap peninjauan traffic selama 30 hari, bisa kurang bisa lebih.

      Harus mbak, untuk sekarang PR saya konsisten nulis sama mikirin traffic biar naik. Yang lain bisa pelan-pelan saja.

      🤗🤗🤗

      Delete
  10. finally selamat mas tom untuk perjuangan manisnya selama ini
    duluuu udah lama banget, aku iseng ngajukan adsense, ehhh ditolak hahaha, terus nggak aku coba lagi
    katanya infonya juga sama kayak kak tom gini, ada kesalahan dan minta untuk diperbaiki dulu.
    lahh aku sendiri bingung, perasaan nggak ada yang salah dengan template atau penataan blogku waktu itu
    terus sampe sekarang belum dicoba daftar lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak. Coba lagi aja kak Ainun! Kan tinggal daftarin, dan menunggu. Lw udah keterima kan traffic kita ga mubah, ada cuan yang masuk walaupun hanya berapa rupiah tapi kan itu tetap cuan yang selama ini kita harapkan. Saran aja sih kak.

      Delete
  11. Selamat kak, sudah di monetize AdSense nya. Hihi
    Perjuangan mendapatkan pundi pundi dimulai, gass poll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak. Ini baru permulaan. Ini perjuangan yang sesungguhnya dimulai dari sekarang.

      Makasih udah berkunjung kak!

      Delete
  12. Wah selamat kak.
    baca ceritanya seakan baca pengalamanku sendiri.
    sempat pernah juga mendapatkan problem seperti itu kak. mulai dari ditolak berkali-kali (karena masih belum jalan 3 bulan blognya), iklan dibatasi dan lain sebagainya.
    perihal pendapatan, rasanya traffick memang sangat berpengaruh. apa dayaku yang cuma mentok diangka 100 perharinya.
    2000 rupiah itu sudah lumayan tinggi penghasilanku dari google. tapi tak apa, tetap semangat menulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ternyata pengalaman kita sama yaa kak Ainun. Btw, saya mau tanya nih kak Ainun. Pada saat iklan dibatasi itu, apa yang kak Ainun lakukkan sampai Google AdSense kita benar-benar terhubung full di blog kita? Berapa lama punya kk kemarin peninjauan trafficnya? Soalnya ini sudah masuk minggu terakhir dalam peninjauan (+- 30 hari), takut ada yang salah sehingga blog saya gagal diterima. Sampai sekarang saya belum mendapatkan email apa-apa dari Google.

      Kemarin saya buka blog via ponsel sudah muncul iklannya kak, full, sama penempatannya di tempat saya meletakkan iklan. Saya kira sudah benar-benar diterima. Selang beberapa jam saya buka di pc iklan tidak muncul kak, dan saya minta tolong temen blogger saya buat ngunjungin blog saya, apakah iklan saya sudah tampil apa belum seperti pas saya lihat iklan di blog saya via ponsel.

      Ehh.. katanya belum kak, walaupun sudah di refresh berkali-kali. Apa ini hanya percobaan dari Google apa gimana yaa kak? Tapi penghasilan selama peninjauan itu sudah ada kak, 2 rupiahan wkwk

      Traffik kk sama kayak punya aku, kalau di rata-rata kak. Kalau per hari saya bisa BW biasanya 100 lebih maksimal 150 kak, kalau jarang paling 50an, kadang dibawahnya, 20 per hari pernah kak karena memang agak lama sih ga aktif (1 mingguan).

      2K itu perharinya kak? Wahh, udah lumayan tuh kak angka segitu. Kalau saya baru 3x dapat penghasilannya selama peninjauan. Itupun di bagi 3 kak total penghasilan saya diatas yang 2 rupiahan. Miris banget yak? Apa memang begitu kak?

      Semangat nulis kak, ini semangatnya tinggi kembali. Pertama dapat email blog sudah siap, kedua kemarin buka blog iklan sudah muncul. Mudah-mudahan ini pertanda baik untuk saya kak. Aamiin.

      Makasih kak Ainun sudah menyempatkan waktu berkenan mampir ke gubuk kecil online saya dan berkomentar, yang mana komentarnya menurut saya informatif. Jarang loh, blogger yang terus terang walaupun hanya sekedar traffic dan penghasilan.

      Delete
    2. Wahh.. maap kak! Ternyata saya salah panggil atau sebut nama. Seharusnya kak Ainur bukan kak Ainun. Maap kak! Beneran saya hanya berfokus sama komentar kk. Namanya saya hanya sekilas baca.

      Maap yaa kak Ainun! Orangnya ada diatas kak Ainur, komen juga di postingan ini. Wkwk

      Delete
  13. Punya saya baru keterima kemaren mas, nunggu seminggu dulu baru bisa dipasang ni... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat mas. Udah diterima sepenuhnya apa masih pratinjau traffic seperti saya? Kalah bersaing nih saya mas. Hehehe

      Delete
    2. sudah full, tapi belum bisa saya pasang karena ada kesalahan sedikit dari akun adsense saya.. hehe

      Delete
    3. Berarti iklan langsung tampil yaa mas? Kesalahan apa tuh mas?

      Delete
  14. Keren sangat akhirnya bisa diterima Adsense 😄. Ini motivasi dan improve u/ blog aku kedepannya semoga bisa diterima juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kk ketemu kapan tuh yak? 😂

      Makasih kak udah mampir mari. Lw udah umur 6 bulan coba daftarin kak, blog kk! Lw pengen cepet yaa 3 bulan coba aja, siapa tau keterima kak.

      Ini mau lanjut kesena dulu yaa kak. Gantian. 😁😁😁

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

TOMTOMID - Personal Bloger Wonogiri