Event. Review di Blog TOMTOMID Berhadiah

Event. Info Lomba atau GiveAway (GA)

Event. Review di Blog TOMTOMID Berhadiah
Event. Review di Blog TOMTOMID Berhadiah

TOMTOMID - Hari ini saya sangat senang sekali bisa membuat artikel ini dan menyelenggarakan event kecil-kecilan untuk yang pertama kalinya. Bertepatan dengan hari ulang tahun saya yang ke-25 ini, saya menyelenggarakan event dengan hadiah kecil-kecilan yang bernilai Rp. 25.000. Hadiah bisa berupa pulsa, paket data / kuota, dompet digital, menyesuaikan permintaan pemenangnya nanti, karena saya merupakan agen pulsa, terpenting nilainya sama Rp. 25.000. Atau bisa juga hadiahnya saya daftarkan menjadi agen pulsa, saya ajari step by step nya dan saya kasih saldo sebesar hadiah diatas (up tetap berlaku).

Maka dari itu supaya kalian tahu siapa pemenangnya, jangan-jangan kalian yang jadi pemenangnya yang bakal mendapatkan hadiah senilai Rp. 25.000, saya sarankan follow komentar untuk artikel ini.

Sedikit saya menceritakan tentang event yang saya adakan untuk yang pertama kalinya di blog ini. Awal mula saya kepikiran membuat event ini adalah karena teringat bahwa ternyata sebentar lagi saya ulang tahun. Melihat dari tahun-tahun yang lalu di hari ulang tahunku yang berkesan sama, biasa-biasa saja, ditahun ini saya berharap sekali bisa menjadi hari ulang tahun yang luar biasa. Namun saya belum kepikiran, belum punya bayangan sama sekali mau membuat event apa dan bagaimana dengan hadiah hanya segitu.

Saya teringat kemarin-kemarin saya pernah jalan-jalan ke beberapa blog cewek dan dari sana saya mendapatkan button Instagramnya, langsung saja saya tab lalu saya follow tanpa berlama-lama dan aku DM. Ciieeee.... DM-DMan sama ciwi-ciwi nih. Uhuii.... Alhamdulillah responnya positif semua, memang yaa blogger itu kebanyakan ramah-ramah sekali. Tidak seperti kontak saya, kebanyakan kontak di hp saya chat sekarang balasnya entah kapan, chat sekarang dilihat doang, arkhh.... butuh serangan es teh nih.

Baca : Jasa Pendaftaran Agen Pulsa Baru AEMITRA

Pertama, saya tanya kepada beberapa blogger via Instagram (yaa punyanya cuma itu kontaknya) kira-kira event apa yang pas yang akan saya adakan di hari ulang tahunku. Mulai dari kak Yani saya bertanya : "Kak, minta saran dong event yang pas buat ultah saya apa? Lomba buat artikel atau apa gitu yang bermanfaat? Mau aku adain di blog saya". Kak Yani : "Lomba buat komen unik aja! Pasti banyak yang mampir ke blog. Maaf, cuma saran". Satu saran sudah saya kantongi.

Untuk yang kedua, datang saran dari kak Ainun. Kak Ainun menyarankan buat bikin artikel tapi temanya yang tidak berat. Tanya mas Jo yang pernah ngadain event seperti ini di blognya yang berhadiah pulsa 20K, kalau tidak salah yang suruh jawab pertanyaan di artikel balonku ada lima malah tidak ada jawaban dari mas Jo chat saya.

Yang ketiga saya dapat saran dari kak Rini Uzegan buat mereview salah satu postingan saya yang menarik (emang postingan saya ada yang menarik ya?), di posting diblog masing-masing dan memberikan alasan kenapa mereview postingan itu (berat kali kayaknya).

Dari ketiga masukan teman-teman blogger diatas, saya masih kurang mendapatkan gambaran yang pas, karena sepertinya tidak sesuai dengan hadiahnya. Oh iya, kan ada salah satu blogger yang saya rasa bisa membantu saya. Akhirnya saya kontak dia via email dan alhamdulilah saya dapat pencerahan dari sana. Awalnya saya kurang yakin sih. Maksudnya kurang yakin tuh kurang yakin bakal dapat balasan cepet, dan kontaknya hanya via email, saya kira ia sibuk banget, ternyata engga, malah seperti CS yang siap melayani jika ada pertanyaan, padahal tengah malam loh. Maaf banget kak kalau saya mengganggu jam istirahatmu!

Jujur saja, saya bingung sekali jika harus mengirim pesan via email. Kasusnya seperti kemarin reply nya tidak bisa. Mau hapus draf saja bingung. Pas mau bales, kepencet kembali dan ada tulisan draf dibawahnya, saya buka lagi saya tab lama kok ga cek list? (berharap tinggal klik tong sampah seperti menghapus file di ponsel). Setelah kembali ternyata baru lihat ada satu folder draf, oh ternyata hapusnya dari sini toh? Yaa ampun, onengnya.

Baca : Review Blog Kafe MM - Penerus MWB (MyWapBlog)

Masukan dari teman-teman blogger saya aduin semuanya ke salah satu blogger (sensor) yang saya rasa sudah banyak sekali pengalamannya (tidak mau disebutkan namanya padahal sudah izin, tapi yaa sudah tidak mengapa). Awalnya saya menjelaskan kepada blogger tersebut bahwa saya mau mengadakan event dengan hadiah kecil-kecilan.

Saya bilang ke blogger tersebut : "Kalau misalnya saya membuat eventnya membuat artikel mereview blog TOMTOMID bagaimana kak? Dan artikelnya di post pada blog masing-masing." Blogger tersebut menjawab : "Jatuhnya ke lomba blog dong kak? Saya rasa itu terlalu berat dengan hadiah segitu kak. Sedangkan bagi peserta hadiah adalah yang utama. Kalau saran saya sih bikin event seperti kak Jo aja yang ringan-ringan dan hadiahnya juga pas. Kalau ga buat pertanyaan tentang blog kakak, dimana nanti yang ikutan bisa cek post lama, lumayan kak, view post lama kakak bertambah nanti". "Kan artikel di posting ke blog masing-masing kak? Saya rasa tidak ada yang dirugikan, malah trafik ke blog mereka". (mulai nih, ilmu ngeyelnya), saya tanya balik. Blogger : "Masalah trafik itu nomor dua, bahkan nomor sekian kak. Ini kan event pertama kakak, jadi untuk hadiah segitu mending yang ringan-ringan aja".

Yah, kurang lebih begitulah. Kalau saya tulis semua bisa kepanjangan, soalnya satu reply bisa satu paragraf. Hehehe

Terimakasih buat teman-teman blogger yang sudah memberikan sarannya, kak Yani, kak Ainun, kak Rini, dan teman-teman yang lain yang sudah memberikan inspirasi secara tidak langsung. Teruntuk blogger terakhir yang memberikan saran kepada saya sampai terselenggaranya event ini, makasih banget udah kasih kritik dan saran yang luar biasa. Suka kali saya kalau dikasih kritik dan saran seperti itu, seperti kakak dan adik. Sayang, aku punya 2 kakak kok tidak bisa seperti itu yaa? Sedih rasanya tidak bisa ngobrol panjang bareng, akrab, foto bareng, padahal ngarep banget.

Setelah lama dan beberapa pertimbangan, bagi teman-teman yang ingin mendapatkan hadiah dengan nilai Rp. 25.000, saya memutuskan untuk teman-teman :

Mereview sebagian saja (postingan, tampilan) atau keseluruhan secara singkat via kolom komentar artikel ini. 

Misal : Dalam segi tampilan kurang menarik mas, baiknya gini gini gini. Artikelnya kepanjangan mas, gambar artikelnya jelek mas (ini mah emang iya) hehehe, gaya penulisan kurang bagus, pilihan diksi dan kosa kata dalam artikel minim, dan lain-lain. Terserah menurut pendapat teman-teman seperti apa. Jangan sungkan-sungkan yaa! Saya tidak akan marah kok. Justru ini adalah salah satu tujuan saya (baca dibawah). Berikan kritik beserta sarannya yaa teman-teman!

Baca : Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa

Event akan saya buka hari ini Kamis, 8 April 2021 atau setelah artikel ini dipublikasikan dan akan saya tutup pada hari Kamis, 15 April 2021. Jadi masa event ini kurang lebih 1 Minggu. Pengumuman pemenang akan saya umumkan di kolom komentar artikel ini keesokan harinya setelah masa event selesai / ditutup pada Jum'at, 16 April 2021.

Note :

1. Pemenang saya pilih secara random / acak yang menurut saya paling bagus reviewnya

2. Keputusan saya memilih pemenang tidak dapat diganggu gugat

3. Bagi pemenangnya nanti, harap menghubungi saya. Karena saya menyesuaikan pemenang hadiahnya mau via apa, kontak saya lengkap di blog, tinggal klik atau saya akan menghubungi pemenang jika sempat dan tidak ada acara

4. Bagi teman-teman blogger yang belum beruntung bisa mengikuti event selanjutnya di lain waktu

Tujuan saya membuat event ini :

 1. Menjalin persahabatan dan persaudaraan sesama blogger, saling mengenal blogger satu dengan yang lainnya. Karena jujur saja, saya belum begitu banyak mengenal blogger diluar sana, yang saya rasa diluar sana banyak sekali blogger yang sudah pro dan saya sangat memerlukan bimbingan, kritik dan sarannya untuk menjadikan blog TOMTOMID ini menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.

2. Ingin tahu uneg-uneg teman-teman blogger seperti apa tentang blog ini. Pasti beda-beda dan seru untuk dibaca, terutama saya yang membaca.

3. Memberikan semangat bagi blogger pemula (seperti saya) supaya terus berkarya dan jangan putus semangat.

4. Sedikit berbagi

Terimakasih buat semuanya, buat saran dan masukannya sampai terselenggaranya event ini, terimakasih buat para pesrta yang sudah berpartisipasi ikut memeriahkan. Mudah-mudahan event seperti ini dapat saya selenggarakan setiap tahunnya dengan hadiah yang lebih besar lagi. Tidak menutup kemungkinan di hari yang menurut saya spesial, blog TOMTOMID akan membuat event, tidak harus event tahunan seperti ini. Tunggu saja informasi selanjutnya dari saya, pasti akan saya umumkan di blog ini dan bagi kalian yang belum beruntung jangan berkecil hati, kalian bisa ikutan kembali kok di event berikutnya di blog ini.

Terimakasih kepada semuanya dan,

Sampai jumpa di event selanjutnya.

Salam TOMTOMID

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

46 comments for "Event. Review di Blog TOMTOMID Berhadiah"

  1. Hmm... mampir dulu ah... kenalan dulu hehe... saya liat promonya di grup wa pa masbro 😁😁😁, jadi inget jaman di mwb... banyak event2 berhadiah... kalo sekarang sih jarang buka blog... oke deh sekian aja dulu untuk kali ini... maklum gk begitu bisa merangkai kata2.... selamat ultah dan semoga acaranya lancar jaya... tengkyuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas No wae, salam kenal yaa mas, saya Tom.Iya mas, pagi aku share ke grup wa DINASTY PA. Walaupun banyak dulu tapi saya malah entah kemana sibuk ngapain, padahal dulu sering banget BW, belum nyampe kali pikirannya dulu, ga reti hadiah tu apa buat apa. Emang sekarang sibuk apa mas e? Sebenernya aku rangkai kata2 uga maksa banget mas sampe bisa agak panjang gitu artikel ini. Makasih mas ucapannya yaa, aamiin semoga dilancarkan Yaa Allah. :) :) :)

      Delete
  2. Selamat ulang tahun Kak Joko 😁 semoga panjang umur dan sehat selalu 😁. Semangat selalu untuk blogging 💪🏻

    Ngomong-ngomong, menurutku, blog Kak Joko secara keseluruhan udah bagus. Diksinya juga udah oke, mudah dimengerti. Mungkin untuk fotonya aja bisa dicari yang lebih menarik, sisanya udah oke sih 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Peri atas ucapannya. Semangat deh pokoknya. 💪💪💪
      Yang pertama aku lihat emang fotonya kurang sesuai kak, ada yang ga nyambung sama isi tulisan, kurang menarik gitu.
      Ntar diperbaiki pelan-pelan kak, tapi lw ga langsung diperbaiki ketumpuk artikel baru kebanyakan ngedit uga bikin pusing. 😁😁😁
      Makasih yaa kak Peri udah meluangkan waktu untuk mampir sebentar dan ikut serta dalam event ini.
      Belum pada nongol nih, pada kemana yak? Masih lumayan lama waktunya, yang sabar aja, mungkin pada baru mempersiapkan. 🤲🤲🤲

      Delete
  3. Met ultah om Joko...Secara tampilan is OK. pakai Linkmaz kecepatannya bagus dan mudah loading dan saya pernah merasakan sendiri.

    Cuma warnanya sebenarnya kan bisa diubah menjadi agak lebih gimanaaaa gitchuu.. Warna bawaan dari mas Sugeng terlalu biasa dan kurang memikat. Standar dan nornal. Mungkin bisa diutak atik dikit mas dengan begitu bisa berbeda dari sesama pemakai linkmagz yang lain...Soalnya banyak yang nggak ngerubah warna, jadi kembarane banyak.

    Kalau soal isi hemmm.. mungkin salah saya, tetapi saya belum melihat ciri khas mas Joko. Entahlah, tapi mungkin saya terlewat dalam hal ini..

    Itu saja sih komentar sayah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pak Anton atas ucapannya.
      Saya pas BW uga pernah liat pak Anton blog cewek emak2 pake linkmagz tapi diubah BG nya jadi merah muda ala2 wanita gitu. Dan juga blog mas Agus uga sama seperti ini ga ada yang dirubah kecuali menu navigasi gitu2 yang tidak masuk HTML, yang hanya settingan tata letak.
      Emang bener sih pak Anton, saya menemukan beberapa blog yang sama kayak saya saat BW. Namun lw saya harus kembali masuk ke html n salah lagi kodenya bikin saya ngedrop banget pak Anton, dari awal lagi settingannya. Soalnya lumayan banyak berbeda menu-menunya sama versi asli templatenya.
      Mungkin bisa saya eksperimenkan di blog khusus eksperimen kali yaa? Lw kelihatannya dah oke baru upload. Saya rasa minim kesalahan yaa pak Anton lw seperti itu?
      Jujur saja pak Anton, saya sendiri pun belum menemukan ciri khas saya, saat ini baru mencari dan memikirkan itu. Masih kuwalahan pak, konsisten buat 1 postingan aja masih maju mundur.
      Makasih pak Anton buat kritik dan sarannya. Udah aku kantongi nih, tinggal gas buat memperbaiki.

      Delete
    2. Maafkan daku yg sedang tersesat dimari. Ahah 😆

      Sbnernya LinkMagz ini gampang Mas Tom buat di ubah. Asalkan pengerjaannya sesuai dgan yg diinstruksikan sama Mas Sugeng.

      Mas Sugeng juga udah ngebuat settingan lebih mudah melalui menu tata letak. Jadi kita yg awam banget sama html bisa ngubah langsung di menu tata letak langsung termasuk menu navigasi dan kode iklan.

      Kalau caranya sudah seperti diatas. Semisal mau ganti warna template LinkMagz bisa unduh file .xml sesuai warna terus di upload langsung via tema.

      Cara ini nggk mengubah struktur yg sudah kita atur kok Mas Tom.. tapi langkah ini hanya bisa upload dari linkmagz ke linkmagz ya. Kalau beda template baru harus lewat edit html 😄.

      Mas Tom kalau edit selalu lewat menu Edit HTML atau menu tata letak mas?

      Delete
    3. Ya ampun. Saya cari pelan-pelan ternyata nyelip disini mas Bay. Emang yaa, angin susah dicari, tapi sangat sensitif untuk dirasakan. Hehehe Orang biasanya komentar tuh paling bawah kok ini carinya susah. Senengane ndesel-ndesel, ben anget yo mas Bay wkwk

      Masalahnya saya nemu template Linkmagz milik mas Sugeng ini dijalan mas, dirumahnya siapa gitu lupa saya. Jadi yaa cuma file xml nya aja aku dapat, selebihnya aku sendiri yang setting. Belum coba sih mas Bay edit templatenya, soalnya takut salah lagi. Paling cuma taruh iklan otomatis yang tak kunjung tampil di bagian head aja masuk HTML, lw ditamplate nya kan head nya diatas postingan atau featured post. Mungkin munculnya sama sih disana, settingannya dah ada di tata letak tapi kok saya dangkal aja milih yang susah ke HTML.

      Lw beda template terus di upload namanya renovasi total mas itu hehehe yaa di tata letak ada settingan templatenya sih dikit, tapi kayaknya bukan itu mas. Soalnya cuma nampilin nomor wa atau tidak, navigasi mau tampil tidak, gitu2.

      Saya selalu edit lewat tata letak mas. Seperti dulu template yang saya pake tata letaknya susah kali, mau nambah widget harus nak nik mata ini melolo biar jelas kode HTML nya, dah gitu bikin pusing pula lw ga jadi2.

      Makasih mas Bay infonya. Suatu saat dapat aku coba. Tapi kok sayang yaa lw mau ubah. Soalnya udah sayang duluan sama ini tampilannya. Seperti ga rela gitu lw diubah mas.

      Delete
    4. Iahh senangnya memang nyempil-nyempill kaya upil.. hahah

      Ouhh gtu. Baiqlahh.. hehehe.. :D yusshh semangat lagi nulisnya :D

      Mungkin kalau saran dari saya yah.. Banyakin paragraf baru aja, Nggak usah terlalu saklek sama aturan penulisan bahasa Indonesia.. Karena ini kegiatan membaca di layar HP. Jadi, lebih nyaman kalau tulisannya berjarak2 gtu.. semisal 5 baris udah bikin paragraf baru...

      Delete
    5. Iya mas Bay, aku usahakan sekitar 5-7 baris paragraf baru. Gara2 event kemarin uga nih dapat ilmu baru. Awalnya ada yang tebal 10 barisan, cuman belum sempat editnya. Hehehe iya mas, sekarang ga harus terpaku sama aturan penulisan BI itu. Wkwk

      Semangat uga buat mas Bay! 🤗🤗🤗

      Delete
  4. selamat ultah mas joko ya? jujur menurut tari , setiap orang memiliki ciri khas masing - masing terutama dalam hal menulis karena dengan ciri khas yang berbeda itulah orang akan lebih mengenal si penulis tersebut. intinya, mahu menulis curhatan , review, atau apapun itu tak mejadi masalah orang suka sama tulisanya atau tidak itu juga tak menjadi masalah .



    saya yang ngeblog sudah hampir 5 tahun pun sekarang ngeblognya ya cuma buat menghilangkan penat , bukan lagi kejar cuan dari google adsence. kalau kejar DA/ PA sih iya tapi lama dan alhamdullilah blog DA/ PA nya sedikit meningkat meski tak se - inten blog teman blogger lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Enda Tari atas ucapannya.
      Iya kak Tari, masing-masing orang punya cara dan gaya bahasanya sendiri2 dalam menulis, tapi sejujurnya, saya belum memiliki itu, karena biar bisa terkenal biasanya harus ada salah satu yang menonjol dalam diri seseorang yang berbeda dari yang lain, saya mah masih datar kak, saat ini baru mencari itu, mas Agus yang lihai dalam kata2 siapa tau bisa buat ngajarin saya resepnya hehehe
      Wah, kak tari udah lama uga yaa ngeblognya, saya uga udah lama kak, sejak Desember 2020 kemarin wkwk
      Lw kejar ads kata teman2 blogger jalannya kayak keong kak, blog yang udah terkenal menurut saya gajiannya / tahun, mungkin yang gede dari luar ads sih. Ilmu baru nih DA / PA, boleh dong kak materinya buat naikin DA / PA? Biar dapat tawaran kan lumayan. Hehehe Masa 1 terus ga ada peningkatan huhuhu
      Makasih yaa kak udah nyempetin mampir ke gubug kecil saya, maaf isinya cuma berapa biji heheh

      Delete
  5. Selamat ulang tahun ya Mas. Semoga di umur yg skrang semakin sukses yaaa.. 😊

    Klo buat isi, udah mantab bgd. Klo tampilan jg nyaman, dr ponsel pun udah nyaman. Tp aku ngerasa tamplate nya kurang ada trademarkny Mas. Apa karna aku liat bbrapa blog lain pake tamplate ini jg yg sama ya? Hehehe..

    Semangat terus ngeblognya mas Joko 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Thessa, senior saya nih, makasih yaa kak atas ucapannya. Aamiin yaa Allah, semoga dimudahkan segala urusan, untuk kak Thessa uga yaa, semoga makin sukses dan sehat selalu.
      Maksud kak Thessa trademark template atau treadmark blog kak? Lw treadmark blog ada kak di bagian footer yang TOMTOMID. Tapi lw treadmark template ga ada, ini templatenya mas Sugeng kak yang LinkMagz. Emang sih kak kebanyakan pas aku BW pada ada keduanya, misal template by goyabi, by soratemplate, dll.
      Harus semangat kak, terpenting konsistennya buat artikel, harus ada target update biar blog fresh.
      Makasih kak Thessa udah berkenan mampir mari. Hehehe

      Delete
    2. Maksudnya trademark itu sesuatu yg membuat tampilannya khas mas. Eh apa istilahnya bukan trademark ya klo itu? Hehehe.. maaf klo malah jd bikin bingung.
      Jd krna tamplate ini lumayan banyak yg make, mungkin bs ada yg diganti agar terlihat 'berbeda' dan 'khas' dibanding yg lain. Bisa dr warna sperti yg dibilang mas anton, atau tulisan di header blog nya dibikin lbh 'berkarakter'. Tp itu hanya pandangan receh aku yaa. Hehehe.. 😁

      Delete
    3. Oh, maksud kk kayak pak Anton sama mas Didin yaa kak? Ciri khas tampilan template masih standar, maksudnya gitu. Di saya masih belum ada perubahan dari yang aslinya kak.

      Saya nangkapnya treadmark itu merek dagang (mendadak translate ke google karena tidak tau artinya) wkwk

      Jadi kan saya komen seperti itu kak. Maaf udah salah mengartikan saya kak. Hehehe

      Iya nih kak, saya belum memiliki ciri khas dari segi tampilan masih pasaran banget saya rasa.

      Ini baru mau proses pengeditan. Tapi belum waktu dekat ini kak. Saran dari temen-temen aku tampung dulu soalnya. Jadi ga langsung eksekusi kak, bertahap. Supaya saya bisa memprioritaskan yang mana yang harus aku perbaiki terlebih dahulu. Gitu kak.

      Mudah-mudahan tidak pusing ketemu coding. Walaupun sempet belajar coding dikit sih kak. Hehehe

      Delete
  6. Tandain dulu ah. Baca seriusnya nanti sja..

    Pengen ikutan soalnya. Siapa tahu menang.. Wkwk 😆😆😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap2 mas Zae, monggo. Maaf yaa mas, tadi ada sedikit kesalahan teknis. Wkwk
      Dibaca2 dulu gpp mas e, ditinjau, dijelajahi, siapa tau nemu sesuatu. Uupss. Tak dukung mas Zae buat jadi pemenangnya. Lw yang lain kalah hehehe

      Delete
  7. 1st of all selamat menjalani babak baru di usia ke 25 mas Tomo. Semoga nggak sampe ngalamin yang namanya quarter life crisis 😊

    Menurut saya overall tampilan dan cara mas Tomo bercerita sudah Ok. Keep up the good work 👏👏

    Sekedar input, untuk menulis di media online seperti blog, yang saya pernah baca tuh, ada baiknya kita membatasi jumlah baris dalam 1 paragraf.

    Kalau bisa maksimal 5 baris dalam 1 paragraf. Tujuannya supaya tulisan kita lebih user friendly & readable.

    Oya sebelum lupa, coba mas Tomo rechek tulisan mas Tomo ini deh, tadi saya lihat ada beberapa paragraf yang jaraknya jauh banget sama paragraf berikutnya.

    Secara visual kelihatan seperti dirimu tekan enter 10x, dan it doesn't look good.

    Last but not least, tetap semangat berkarya lewat blog ya. Ditunggu tulisan2 berikutnya. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Prima atas ucapannya. Lw yang namanya quarter life crisis itu sudah menjadi santapan nusantara setiap harinya mas. Ngundi nasib disini berharap bisa menjadi lebih baik mulai dari hobi.

      Iya mas, memang ada di beberapa artikel saya yang 2 in 1 paragraf. Yang harusnya jadi 2 paragraf ada yang aku jadiin 1, dengan alasan masih 1 pembahasan yang sama dan saya rasa memang betul, pembaca jadi lebih jenuh dengan tulisan yang tidak memperhatikan hal seperti itu, terlihat panjang banget ah males baca ah, gitu kesan pembaca.

      Oke mas, makasih atas masukkannya, akan saya perbaiki, akan saya cek 1/1.

      Soal ada jarak dalam beberapa tulsan sekitar 5 enter (tak ada lah mas 10 enter) itu saya rasa semua artikel mas, soalnya saya buat artikelnya 500 kata lebih semua. Itu merupakan iklan artikel adsense yang belum tampil mas, per artikel ada 2 iklan artikel tengah, blog saya sedang ditinjai adsense udah beberapa hari coba daftarin padahal, biasanya 1 mingguan udah ada email gagal. Hufft

      Makasih mas, tetap semangat uga buat mas Prima, makasih udah mau berkenan hadir di rumah kecil saya. Ntar aku BW ke blog mas Prima, kemarin saya baca 1 artikel asik banget dibaca menurut saya, gaya bahasa mas kayak gimana gitu.

      Oke mas, sekedar bocoran lw ga hari ini besok ada update artikel tentang "penat" tema dari grup sebelah 1M1C mas.

      Ditunggu yaa mas!

      Delete
  8. Pertama-tama salam kenal dulu ya mas, btw tos dulu kita sama bulan lahirnya april hehehe.

    Mau review sedikit blog mas tomo sama ikut meramaikan.

    Theme: 7/10
    Content: 8/10
    Ads Placement: 5/10
    Gaya Tulisan: 8.5/10

    Sama terakhir sih saya setuju sama komen nya mas Anton soal warna theme mas 😊


    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Didin. Iya mas, salam kenal balik yaa mas. Wahh, samaan nih mas. Udah lewat apa belum mas? Lw belum ditunggu event nya seperti ini, pasti saya ikut hehehe

      Toss.... Mas
      Ciss....

      Alhamdulillah. Makasih mas atas ikut sertanya memeriahkan. 🤗🤗🤗

      Singkat, padat jelas. Jadi keinget sama pelajaran bahasa Indonesia dulu ciri-ciri pengumuman. Wkwk 🤝🤝🤝

      Lw saya pribadi, nilai yang paling rendah menurut saya malah gaya bahasa saya kayak kurang gimana gitu. Soalnya saya baca di blog temen-temen tuh keren-keren mas. Kadang iri malah pengen gaya bahasanya seperti mereka. Namun sepertinya saya harus menyukai gaya bahasa sendiri dan dikembangkan lagi jadi lebih baik. Seperti yang pak Anton bilang "ciri khas". Mungkin bisa aku jadiin ini untuk "ciri khas" saya.

      Lw boleh, dijabarkan sedikit dari keempat poin diatas mas! Jadi saya bisa tahu mana yang harus saya perbaiki detail nya.

      Masalah ads placement ini saya baru coba beberapa hari yang lalu mas. Jadi nilai segitu saya rasa pas, mungkin malah bisa kurang karena terlalu berlebihan atau gimana.

      Terakhir nih, saya harus sangat berhati-hati soal tampilan. Saya ga mau kayak yang sudah-sudah berantakan lagi. Pelan-pelan nanti diperbaiki mas. Supaya bisa jadi "ciri khas" pula. Lw bisa. 😁😁😁

      Makasih buat mas Didin yang udah meluangkan waktunya berkunjung dan memberikan kritik dan sarannya, serta ikut berpartisipasi dalam memeriahkan event kecil-kecilan pertama saya. 🤝🤝🤝

      Tunggu kedatangan saya dirumah mas Didin yaa. Ntar saya BW balik. Kita ngopi-ngopi gpp kan mas? Di Kafe MM nya pak Anton mungkin bisa gratis. 😁😁😁

      Delete
  9. Ekhem2..

    Ini sedikit review dri sya tentang blog ini..

    Tampilan bagus, template oke (walau pasaran karena banyak yg pakai), navigasi yess..

    Terus untuk konten atau isi, jga tak kalah keren. Soalnya ada beberapa artikel yg topiknya jarang dibahas oleh orang2 atau para blogger..

    Selain itu dri segi penulisan jga bagus dan enak dibaca. Malah hampir jarang ada yg typo, kalau menurut pengamatan sya..

    Sedang kalau untuk kekurangannya sih cuma satu: tolong kalau bsa kalau pske/ pasang iklan, jangan pake yllix. Soalnya nggak rekomended menurut sebagian besar para blogger..

    Terus diatas kan katanya blog ini sedang menunggu review dri google adsense. Nah saran sya sih mending dicopot dulu. Soalnya bisa memengaruhi diterima atu tidaknya kelak..

    Itu sja dri sya. Kurang lebihnya mohon maaf.. 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banyak postif nya.
      Kebetulan mas, yang negatifnya ini mau saya copot (ylliX), soalnya sayang saya taruh di blog utama, mungkin aku pasang aja di blog 1 nya. Utama harus pake adsense.
      Bener mas, walaupun katanya bisa bersanding dengan iklan adsense. Namun saya kira uga copot aja sih. Makasih mas udah diingetin.

      Jujur saja mas, saya sangat berhati-hati sekali dalam penulisan, saya sangat memperhatikan. Misal salah kurang ada koma, titik, spasi, pasti langsung saya perbaiki. soalnya sebelum post aku pratinjau dulu, nah setelah post uga aku baca lagi ada kesalahan ga, yang kira-kira ga pantes diperbaiki. Jadi yaa alhamdulillah saya cek semua sepertinya udah ga ada yang typo, mungkin ada atau kelewat yaa ga tau mas.Sama satu lagi mas, saya jarang sekali memakai banyak kata yang disingkat. Pasti saya ambil bakunya, misal "ga", cara penulisan saya yaa saya tulis "tidak", "yg" saya tetep tulis "yang", ga mengikuti kebiasaan ngobrol orang tapi mengikuti bakunya, karena setau saya google ngertinya / patokannya bahasa baku, lw kita mengetikan keywoard, sangat minim yang disingkat bisa muncul sesuai yang kita harapkan, justru yang muncul malah yang asing. Tapi lw cuma komen gini saya singkat sebagian gpp, soalnya ini bukan kontennya, ini obrolan biasanya. Tapi tetep biar bisa di pahami dan enak dibaca lawan bicara kita, saya tetep memperhatikan penulisan mas. Hehehe Sangat mendetail yaa mas. Wkwk

      Keren2 mas, kritik dan sarannya, makasih mas Zae Abjal

      Delete
    2. 1 lagi mas, maap nyelip. Saya masih kesusahan pasang kode adsensenya sambil nunggu di tinjau. Bener2 bingung saya. Settingnya lumayan susah.

      Delete
  10. Oh ya lupa ada tambahan dikit..

    Dan yg menarik dri blog ini adalah di setiap postingannya, hampir selalu ramai komentar. Itu berarti blog ini sudah punya fans basenya tersendiri. Dan itu jga menandakan kalau blog ini spt nya selalu ramai visitor atau pengunjung..

    Wah salut sya. Kalah deh sya sama panjenengan.. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Zae bisa saja, mas e udah lama ngeblog pasti lebih ramai dong. Ntar aku cek kesana deh lw kesibukan udah selesai mas.

      Jujur mas, saya merasakan ada reaksi seperti itu setelah gabung sama Kafe MM nya pak Anton, dan izin mereview Kafe MM beliau, ternyata efeknya luar biasa mas, dan manjur sekali. Saya gabung udah ada 1 bulan belum kayaknya mas.

      Jadi blogger itu bukan mencari kalah atau menang mas, tapi fulusnya barang kali mas Zae malah udah mencicipi. Terpenting itu. Hehehe

      Bukan cuma itu mas, lebih tepatnya lw menurut saya blogger itu konten2nya karya, dan masing2 blogger memilikinya dengan ciri khas nya sendiri2. Namanya karya ada yang boom ada yang ndak itu wajar mas, tak heran deh pokoknya. Kadang yang kita rasa paling bagus tapi responnya dikit, tapi yang kita bikin asal2an malah ramai. Kadang bingung sendiri deh saya mas. Hehehe

      Salut uga saya sama mas e.
      Sukses buat kita semua mas.

      Delete
    2. Bentar, Kafe MM itu dlm bentuk apa? Kafe beneran atau hanya sebuah nama blog sja?

      Mohon infonya donk. Soalnya mau otw jga ke sana.. 😁

      Delete
    3. Wkwk Kafe MM itu sejenis forum / komunitas mas yang mewadahi bagi para blogger. Mas bisa baca artikel saya yang Review Kafe MM - Penerus MWB (MyWapBlog).

      Intinya mas tuh bisa promoin artikel mas supaya diintip kawan blogger lain dengan naruh link artikel disana. Jadi kan lumayan mas, bisa saling kenal sesama blogger.

      Fiturnya uga banyak mas udah aku sebutin semua di review saya tentang Kafe MM. Antara lain, mas bisa memperkenalkan diri beserta alamat blog mas, mas bisa tanya2 apapun disana dengan tread. Ada mading, lomba / giveaway, memotret, serius, intip, santai, bilik pustaka, bilik film / sinetron, ada job pula. Masing2 ada ruangannya sendiri mas. Bagi yang suka nulis di blog coba deh mas kesana, siapa tahu bisa nambah wawasan, pengetahuan, n rating blog kita sendiri.

      Monggo saya tunggu disana mas. Hehehe

      Delete
  11. Halo Tomo, apa kabar ? Akhirnya saya mampir juga kesini yah. 😁 Selamat Ulang tahun yah, setelah baca tulisan ini akhirnya saya tau usianya Tomo, soalnya kemaren-kemaren saya kira masih anak SMA hihihi..

    Dan soal saran kemaren itu, kayaknya emang sayanya belum tau kalo hadiahnya ringan-ringan saja, makanya saran saya seperti itu (mau ngeles) hehehe. Tapi sebenernya kalo dibandingkan penyelenggaraan giveaway dari para blogger beberapa tahun lalu. Tema nya banyak juga yang seperti itu dengan hadiah yang bisa dibilang sama ringannya, seperti kaos, acesories, pulsa, totebag, buku saku, gantungan kunci bahkan sapu tangan dan semacamnya. Apalagi kalo giveawaynya diadakan di dalam komunitas, yang ikutan tetep banyak karena tujuan atau motivasi mereka ikutan itu basicnya memang untuk belajar menulis (sekalipun blogger pro), jadi meskipun menang atau enggak, GA nya tetep bakalan rame. 😁😂

    Soal tampilan blog, saya rasa sudah bagus, simple dan bisa pake dark mode juga. Kayaknya udah SEO Friendly. Oh ya, templatenya beli kan yah? soalnya dibawah udah mencantumkan COPYRIGHT Tomo, gak ada lagi link Si Creator Templatenya.

    Kalo Tomo pengen ngotak ngatik tampilan blog, bagusnya dibikin blog duplikat trus di privat. Di blog itu kita bisa ngedit html template lebih leluasa tanpa merusak template awal, salah gak pa pa, bisa dihapus dan diotak atik lagi. Bisa sekalian buat belajar juga.

    Dan tentang tulisan, karena berhubung Tomo sepertinya baru dalam dunia perblogeran, rajin-rajin bewe ke blog yang Tomo sukai tulisannnya dan rajin-rajin posting juga, lama-lama nanti muncul sendiri ciri khasnya. Dan tips pentingnya, utamakan membaca tulisan-tulisan yang memenangkan lomba, atau tulisan-tulisan yang memenangkan challenge biar bisa lebih cepet ngeboost skill menulisnya. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Rin.
      Makasih sekali buat ucapannya kak.

      Walah, di postingan sebelumnya saya pernah bahas ini kak, tentang diri saya dari 2013 - 2020 sepertinya kemarin, sedikit sekali ada perubahan. Lw ga salah di artikel yang Tolak Ukur Kedewasaan Seseorang Bukan dari Usia. Sebelumnya makasih loh kak, saya udah dikira lebih muda 5 tahun hehehe

      Aduh.. malunya kemarin belum sempat izin lw kak Rin mau aku masukin konten ini namanya. Maafin yaa kak Rin!

      Iya kak, saya sempet baca uga yang seperti itu, kebanyakan yang saya tau sih buku. Lw saya pribadi lebih memilih hadiah pulsa karena kirimnya gampang n gratis kak. Lw barang ribet, minta alamat, kena ongkir, dll.

      Kemarin itu saya bener2 buntu mbak, sama sekali tidak tau tentang event, pembuatan event seperti ini. Saya belajar dari GA nya mas Jo itu tapi sedikit aku rubah versi saya. Alhamdulillah sih kak, sambutannya lumayan banget. Saya cek 1/1 kok blogger pro semua nih yang datang kebetulan. Wah, makasih banget kan kak, pasti kan kata2 blogger yang udah senior itu per kata / kalimat mengandung arti yang mendalam walaupun kata2nya hanya sederhana. Sangat bangga sekali, ada kesenangan tersendiri deh pokoknya.

      Oh, no.1 kesalahan saya yang saya perbuat nih sepertinya. Kayaknya kemarin saya ceritanya ke kak Rin soal template yaa? Saya menyalahi aturan nih kak. Saya belum tau soal ini kak. Kirain copyright itu hanya kontennya aja. Berarti nanti saya langsung edit nih footernya.

      Saya ada beberapa blog kak Rin yang pernah gagal. Dulu saya hanya memikirkan tampilan ganti template ini template itu ga memikirkan konten. Blog kemarin bisa buat saya eksperiment edit buat save coding asli templatennya yang sekarang. Pernah belajar coding dikit mudah2an ga lupa.

      Untuk yang terakhir udah aku lakuin kak Rin. Aku intipin dulu isinya tentang apa saat BW. Kira2 suka, saya baca2 n ninggalin jejak disana. Buat rajin posting ini yang agak susah kak, aku target 1 minggu 1 post, kadang lebih alhamdulillah karena udah aku draf tinggal dikit selesaiin. Tips yang jitu nih lw mau boom langsung gas ke tulisan number 1 lomba. Pokok selalu belajar, belajar n belajar kak.

      Makasih atas saran n kritinya kak Rin, tak lupa tips n triknya uga makasih banget. Tunggu saya melipir ke blog kak Rin. Hehehe

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Wahh, selamat ulang tahun ke 25 mas joko. Semoga sukses dalam segala hal dan doa yang terbaik ya mas. Dan terima kasih udah ngepost ini, aku mau deng pas Agustus di ultah nanti ikutan bikin GA. Hehehe

    Kalau dari aku tampilannya bagus, natural gitu terus ada mode darknya juga. Tulisannya mudah dimengerti, aku ngerasa meskipun katanya upload sekali seminggu tapi tulisannya dipikirkan matang-matang (kek masak aja, asalkan jangan gosong mas, hahaha) gak kutemukan typo sepertinya. Kalau aku setuju mengenai foto atau gambarnya lebih dibikin menarik lagi, yang penting mesti dioptimasi gambarnya kek dikasih nama yg sesuai, edit Tag alt, resize gambar, dan sebagainya. Nah gambar tsb juga ditambahkan beberapa di artikel jadi kesannya gak alone aja dia sendirian, wkwkwk.

    Yang aku salut nih, selain itu mas Joko kalau bw atau balasin komentar orang gak pernah singkat, panjang dan diceritakan. Kalau kek gitu bw nya senang, kadang ada yg suka bw tapi komentarnya sekedarnya aja tapi kalau mas seperti benaran dibaca deh artikelnya.

    Akhirnya berkunjung juga ke blog mas tom, eh tapi mas Joko sekarang Tom. Ya gak apalah. Selamat berpuasa mas😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Ulfah atas ucapannya. Aamiin. Begitu uga sebaliknya kak Ulfah, pokok yang terbaik deh buat kk.
      Wahh.. Ceritanya terinspirasi nih kak? Wkwk Monggo kak buat GA! Pasti aku ikut memeriahkan kak. Penting di undang aja biar aku tau. Hehehe Soalnya kadang jarang BW n telat jika di blog lain ada lomba or GW, seringnya datang pas acara udah selesai.

      Makasih kak Ul, emang saya bikin artikelnya ga bisa 1 hari jadi kak. Aku bikin kerangkanya dulu 2 sampai 3 draf artikel n setiap minggu aku jadwalkan salah satu harus selesai buat dipublikasikan. Jadi bikinnya barengan kak sama artikel lain walaupun belum jadi. Tapi lw ikut jadi uga biasanya saya post besoknya, ga dihari yang sama. Ga gosong kak, tapi terlalu matang / kematangan.
      Alhamdulillah, lw soal penulisan saya sangat hati2 banget jangan sampe typo kak. Pokok aku baca berulang kali sampai saya tak menemukan typo.
      Lw soal gambar setuju banget kak saya, emang ga ada menarik2nya menurut saya pribadi. Namun tetap saya sesuaikan dengan artikelnya gambarnya, n nama aku sesuaikan dengan judul, caption uga, aku pilih besar, teks alternatif, gt aku sesuaikan.
      Menarik nih kak, aku baru ngeh sekarang. Emang iya, jujur aja aku kasih gambar tuh sebenarnya supaya terlihat ada gambarnya aja artikel saya kak, ga no image gt kan kesannya kurang gimana. Ternyata bener uga kak, gambarnya kasihan sendirian, mungkin kedepannya nanti akan saya lebih perhatikan kak. Makasih udah diingetin.

      Aduh.. malunya. Yaa namanya blogger baru kemarin kak, cari perhatian dikit pemirsa boleh kan kak? Hehehe Tapi ini jujur kak, saya suka komen lw apa yang aku baca sesuai kak, bahkan rela nulis panjang sampe kayak 1 artikel, sebenernya yang seperti ini uga mau aku masukin konten sih, kapan2 izin deh kak.
      Ga tau yaa kak, saya suka aja gitu koment2 ngobrol2, walaupun sebenernya saya lw live ga berani.Satu lagi kak, lw boleh dicek, waktu replynya kayak bales WA yang baru masuk. Wkwk Itu karena hampir 24 jam aku di depan monitor kak, lw saya kemana dikit pasti aku udah keinget gimana2 tentang ini.
      Sebenernya saya komen panjang uga cuma pencitraan kali kak, serasa author biar mengira saya bacanya serius banget padahal ga terlalu, kadang aku cuma baca judulnya aja, aku komen panjang, isinya belum baca. Yah, yang penting sih bagi saya ga spam kak, sesuai dengan yang dibahas lw komen, gitu.

      Jadi bongkar2an kebiasaan lama nih. Hehehe

      Tom aja kak Ulfah! Soalnya banyak orang yang suka pake nama, sebutan, gelar baru dibanding nama aslinya. Tapi terserah kak Ulfah sih enaknya panggilnya apa. Penting jangan sayang yaa kak Ulfah. Wkwk (ini mah Tom nya yang ngarep) Hehehe

      Selamat berpuasa kak, selamat berpuasa semua bagi yang menjalankan ibadah puasa.

      Delete
  14. yeayyy akhirnya tayang juga tulisan ini ya hehehe
    baideweii, selamat ulang tahun, panjang umur, sukses terus sama karirnya, ngeblognya juga lancar jaya dan makin berkibar pokoknya
    kalau menurut aku, pemilihan template sudah minimalis ya, mungkin karena aku sendiri seneng yang model minimalis juga.
    Udah pas ini. Mungkin seperti pak Anton juga, coba utak atik warna bawaan dari template yang sekarang. Mungkin di hari ulang taun ini pengen nampilin blognya dengan "ciri baru" gitu

    soal bahasa blog, malah udah beragam pemilihan kata-katanya, bagus. tergantung konten isinya juga sepertinya, mau dibawa seriusss bener apa ada guyon atau bercandanya
    overall oke kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget loh kak. Makasih atas semua do'anya. Lw berkibar kesannya kok kayak langsung boom, mungkin aku perbaiki dikit demi sedikit supaya bisa boom. Namun lw bisa langsung boom yaa alhamdulilah kak. Hehehe

      Ini berkat temen-temen blogger yang udah banyak bantu saya dalam bikin event ini.
      Sekaligus saya izin yaa kak, menyantumkan kak Ainun dalam konten saya.

      Siap kak, pengennya sih ada yang baru. Setelah selesai event ini baru saya eksekusi deh 1/1 yang mana yang akan aku prioritaskan.

      Ada kalanya kita penat kak, jadi aku buat beberapa artikel yang sedikit santai buat ngobrol2 gitu.

      Makasih kak Ainun. Udah mampir ke gubuk kecil saya. Sukses uga buat kak Ainun. Pokok selalu belajar, jangan patah semangat. Emang semangat itu keras yaa bisa patah? Hehehe

      Delete
  15. Have a belated bday ya Joko.. semoga quater life membawa kebijaksanaan dan keberkahan hidup. Aamin YRA

    Ikutan yaaa..
    Kesan pertama tentang blog ini adalah pemiliknya yg supel. Meski baru, sudah rajin dan aktif blogwalking dan ga segan menyapa teman blogger lain
    Alhasil blognya cepet ramee hehehe..

    Kalau dari segi konten, saya rasa sudah keren tinggal cari ciri khas yang sekali bc juga ohh ini Joko Banget (eh, padahal saya pun sampai sekarang ga punya ciri khas rasanya 😆🤭).

    Dari template saya setuju sama KK Ainun, coba oprek lagi biar beda sama blog lain pengguna template serupa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak Annisa. Aamiin. Semoga kebaikan uga selalu menyertai kk. Aamiin

      Lw soal supel mah itu karena ada maunya kak Nisa hehehe Mungkin ini aja kak, aku kasih ciri khas di bagian komentarnya yang panjang-panjang dimana2 N semua artikelnya yang diatas 500 kata semua hehehe mungkin bisa itu kak

      Kk yang udah duluan terjun ke dalam dunia blogging mana mungkin belum punya ciri khas kak. Biasanya orang lain yang bilang ke pemilik blog bahwa ciri khas pemilik blog ini tuh ini gitu hehehe

      Dari template emang masih standart bawaan pabrik nya kak. Tinggal nunggu waktu aja kok kak ntar dioprek. Untuk sekarang saya belum berani. Tapi saya rasa warna ini enak banget dipandang, terang tidak terlalu terang banget, ke mata uga ga bikin sakit mata karena kelamaan berada di blog ini. Gelap tidak gelap banget, tetep keliatan dengan jelas kontennya.

      Kekurangannya emang banyak yang serupa ga bisa jadi ciri khas lw ga diubah. Mungkin aku bisa kasih ciri khas di tempat lain, misal di widget sidebar, menu navigasi atau lainnya. Hehehe

      Delete
  16. Wahh.. sepertinya sudah sampai di penghujung acara nih. Waktunya saya mengumumkan pemenang event sesuai dengan yang sudah saya jadwalkan di artikel eventnya. Langsung saja, saya memutuskan pemenang event saya kemarin adalah :

    kak Rin (Rini Uzegan)

    Selamat kepada kak Rin menjadi pemenang event saya dan berhak atas hadiahnya yang bernilai Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah). Wahh.. yang kemarin kasih saran pas saya mau bikin acara event tersebut alhamdulillah jadi pemenangnya. Hadiah bisa diminta sekarang atau terserah kapan dan saya menyesuaikan kak Rin mau via apa hadiahnya, yang penting bernilai sama Rp. 25.000.

    Saya memilih pemenang tentu saja dengan alasan yang kuat. Yang membuat saya memilih kak Rin menjadi pemenangnya adalah karena :

    Alasan :
    1. Secara tidak langsung atau sadar mungkin kak Rin bertanya tentang copyright, maka secara spontan saya sadar setelah saya baca, mendapatkan pertanyaan dari kak Rin. Saya juga mengakui kesalahan saya, sehingga saya langsung menambahkan link kreator (pembuat) templatenya di bagian footer blog saya. Karena template tersebut saya dapat dari download di salah satu blog yang membagikannya bukan dari beli langsung ke kreator (pembuat) templatenya.
    2. Secara tidak langsung, kak Rin memberikan tips & trik kepada saya cara mengubah warna template atau tampilan. Yahh.. walaupun sebenarnya maksudnya sama dengan balasan komentar saya ke pak Anton. Tapi kan kalimatnya lebih bagus kak Rin. Jadi saya juga belajar dari cara kak Rin memberikan masukan dengan kalimat yang menurut saya wow banget lah.
    3. Dalam cara menemukan "ciri khas", kak Rin menyarankan supaya Rajin BW (blog walking), rajin posting, dan mengutamakan membaca tulisan pemenang lomba atau challenge. Dari saran kak Rin ini, saya juga sangat merasakan itu, secara perlahan semuanya akan terbentuk dengan sendirinya.

    Ngomong-ngomong mungkin itu saja alasan saya memilih kak Rin sebagai pemenang eventnya.

    Nah, sekalian dengan pengumuman pemenang ini, saya sekalian minta izin kepada teman-teman semua untuk komentar kritik & sarannya dalam event kemarin akan saya buat konten dan sekarang kebetulan sudah jadi kontennya. Sebelum saya membuat tulisan ini, saya sudah merancangnya beberapa hari yang lalu. Mohon kiranya teman-teman blogger semua untuk mengizinkan saya untuk memasukan komentar kalian masing-masing kedalam konten saya.

    Mungkin itu saja yang saya sampaikan disini. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada kak Rin. Next bisa saya kontak, kayaknya saya sudah ada kontak IG nya waktu tanya-tanya dulu.

    Bagi teman-teman blogger yang lain tetap semangat berkarya, tetap semangat menulis dan mengembangkan blognya masing-masing.

    Sampai jumpa di event saya berikutnya, semoga lebih meriah dari ini dan hadiahnya pun lebih besar lagi. Aamiin. :) :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. gak nyangka bisa menang. 😁 Padahal komentar temen-temen lain bagus semua.

      Terima kasih hadiahnya ya Tomo 😊

      Delete
    2. Iya kak Rin, komen temen-temen bagus semua kok, sampai-sampai akan aku masukin ke konten saya, sudah aku rangkum komentar temen-temen kak Rin.

      Btw, buat kak Rin sendiri boleh kan (izin)? Sekalian yang nongol disini nih hihihi

      Delete
    3. Oke kak Rin. Makasih sebelumnya. Hehehe

      Delete
  17. Jangan2 Mas Jo dengan Artikel Balonku Ada Lima adalah aku yaa Mas 😅😅
    Mohon maaf sebelumnya, kalo Mas Joko ada chat ke aku. Sebab, aku udah lama ga buka Instagram. Lagi (sok) sibuk ngurusin yang lain 😅😅🙏
    Ini otw login ke Instagram dulu deh heheheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emm.. kurang tau yaa mas, soalnya kurang ngeh saya mas. Sepertinya iya sih, ini ada notif Avatar nya sama mas 😂😂😂

      Iya mas Jo, gpp. Alhamdulillah event udah berjalan lancar kok, n pesertanya uga lumayan mas walaupun hadiahnya masih kecil-kecilan. (Padahal di komentar artikel satunya saya panggil mas Jo mas Dodo). 😂😂😂

      Oke mas, ntar aku bales lagi DM nya yaa.. wkwk

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

Regards,

TOMTOMID