Daftar E-Wallet Indonesia Terbaik

Daftar E-Wallet Indonesia Terbaik
Daftar E-Wallet Indonesia Terbaik

TOMTOMID - E-Wallet (Electronic Wallet) merupakan dompet digital untuk menyimpan uang berbasis online. Fungsi atau kegunaan E-Wallet sangat beragam. Mulai dari transaksi online yang semakin mudah, membayar tagihan, membeli paket data atau pulsa, dan masih banyak lagi fitur yang telah diterapkan untuk mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari. Daftar E-Wallet Indonesia terbaik dan terpercaya sudah sangat merajalela. Dibandingkan menggunakan transfer bank atau ATM, E-Wallet mampu memberikan solusi untuk transaksi online yang jauh lebih mudah dan aman. Ada banyak E-Wallet yang sudah terbukti aman dan terpercaya di Indonesia. Namun saya disini hanya akan membahasnya beberapa saja.

Saya akan menjelaskan berdasarkan pengalaman saya, daftar E-Wallet Indonesia terbaik dan terpercaya yang sudah pernah atau masih saya gunakan sampai saat ini. Seperti DANA, GoPay, LinkAja, OVO, dan ShopeePay. E-Wallet lain mungkin akan menjadi pembahasan tambahan di artikel selanjutnya. Setidaknya saya harus mencari informasi lebih lanjut, agar saya dapat menjelaskan secara menyeluruh. Karena urusannya dengan uang. Jadi saya sangat berhati-hati sekali dalam memberikan pembaca informasi. Jangan sampai saya memberikan informasi yang kurang tepat atau bahkan menyesatkan pembaca (hoax).

Dibawah ini penjelasan singkat Daftar E-Wallet Indonesia Terbaik yang sudah pernah atau masih saya gunakan sampai saat ini. Simak penjelasan singkatnya!

Daftar E-Wallet Indonesia Terbaik

1. DANA

DANA merupakan bentuk uang baru dalam bentuk saldo yang lebih baik. Dengan DANA, kita menjadi lebih mudah melakukan transaksi online secara real time, tanpa harus takut. DANA dapat menjadi salah satu inovasi baru dalam hal pembayaran, dengan jaminan keamanan garansi uang kembali 100% jika transaksi gagal. Fiturnya pun terlengkap, dengan teknologi keamanan tercanggih kelas dunia, serta pengawasan sistem 24 jam.

Kenapa harus pakai DANA?

Sangat sederhana jawabannya : "Kalian mau apa kalau tidak punya dana? Sekarang ini itu harus pakai dana (uang atau saldo)".

Sedikit cerita. Kita sudah tahu lah yaa, kalau di Indonesia ini masih banyak sekali situs krincing. Kalian pasti paham maksud saya. Saking banyaknya, di desa tempat saya pun anak muda banyak yang mencari keuntungan di situs krincing tersebut. Yaa kalau untung sih. Kalau tidak untung yaa buntung. Nah, kalau buntung, biasanya pada chat : "Inpo-inpo? Atau : Inpo dana?". Kalau tidak yaa : "Inpo dana kenakalan?".

Mau bayar apapun jadi lebih mudah dengan sentuhan jari. Bersama DANA, kamu bisa melakukan transaksi apapun yang kamu mau secara praktis. Mulai dari pembayaran tagihan, transaksi menggunakan kode scan, hingga metode pembayaran e-commerce. Mulai sekarang, #GantiDompet dan nikmati metode pembayaran yang jauh lebih aman, cepat, ekonomis, higienis, dan praktis, dimana saja dan kapan saja bersama DANA. Yuk transaksi #BEBASDRAMA bersama DANA.

2. GoPay

GoPay adalah dompet digital serba bisa. GoPay merupakan peranakan dari perusahaan Gojek, yang bergerak dalam bidang teknologi keuangan (finance). Layanan utama GoPay adalah sama seperti DANA, yaitu sebagai dompet digital (e-wallet). Hingga saat ini, GoPay semakin berkembang dengan adanya fitur kartu kredit virtual (GoPayLater).

Ditambah, sekarang GoPay sudah bekerjasama dengan Bank Jago. Sebenarnya, antara GoPay atau e-wallet lain dengan Bank Jago atau bank lain yang sejenis, fungsi atau kegunaannya hampir sama, bidangnya sama, teknologi keuangan (finance). Hanya saya perbedaannya adalah sistem keuangan yang dipakai. Di artikel selanjutnya akan kita bahas tentang Bank Digital secara lengkap dan jelas. Yang mana sedikit berbeda dengan e-wallet.

Sama seperti DANA. GoPay memiliki fitur yang hampir sama dengan DANA. Ada beberapa fitur yang membuat mereka berdua terlihat berbeda. Misalnya, DANA tidak bisa seperti GoPay. Karena DANA merupakan aplikasi sendiri, sedangkan GoPay merupakan sistem yang masih numpang di aplikasi Gojek, walaupun statusnya GoPay merupakan e-wallet.. Jadi, GoPay bisa lebih leluasa memakai fitur yang masih terhubung dengan Gojek, tidak seperti DANA yang sudah memiliki sistem sendiri.

Saya lihat sih, kalau logo sudah berbeda antara GoPay dengan Gojek. Namun GoPay masih numpang sistem di Gojek. GoPay masih menjadi anak asuh dari Gojek yang belum mandiri. Tenang! Info terbaru, saya melihat ada aplikasi GoPay Versi Perdana di Play Store. Yang download juga sudah 500K lebih download, dan rating lumayan bagus, yaitu bintang 4.4. Ukuran aplikasi GoPay Versi Perdana hanyalah 23 MB saja. Kalian mau coba? Cuma kecil lho ukurannya, pasti tidak terlalu berat juga. Jangan-jangan kalian malah sudah punya.

3. LinkAja

LinkAja merupakan layanan yang bergerak dalam bidang keuangan, dompet digital (e-wallet) dari Telkomsel dan sekutunya, yaitu anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dengan kehadiran banyak e-wallet di Indonesia, LinkAja juga ikut mengambil bagian menjadi e-wallet untuk menggantikan bank konvensional. Salah satu kelebihan e-wallet seperti LinkAja dan e-wallet yang lain dibandingkan dengan bank konvensional yang telah ada, e-wallet lebih fleksibel digunakan dan tanpa adanya bunga. Sehingga banyak orang yang lebih memilih menggunakan e-wallet yang jauh lebih fleksibel. Namun masih banyak juga orang yang memakai bank konvensional untuk kepentingan tertentu, yang mana e-wallet dirasa susah digunakan untuk golongan orang tertentu.

4. OVO

OVO adalah sebuah layanan keuangan digital (e-wallet), yang memiliki fitur layaknya e-wallet yang lain pada umumnya. Seperti melakukan transaksi online, membayar tagihan, membeli paket data atau pulsa, dan lain sebagainya. OVO merupakan anak perusahaan dari Taralite, dan Grab sebagai indukannya. Gunakan OVO sekarang, agar kalian mendapatkan manfaatnya segera. OVO merupakan aplikasi smart dengan memanfaatkan poin yang dapat dikumpulkan di banyak tempat. Bergabung dengan rOVOlution in PayMent, Points, dan Priority.

5. ShopeePay

ShopeePay merupakan dompet digital (e-wallet) dari Shopee yang bergerak pada bidang keuangan, yang fungsi utamanya adalah untuk pembayaran. Pembayaran untuk transaksi online kalian di Shopee menjadi lebih mudah dengan ShopeePay. Sama seperti halnya dengan GoPay. ShopeePay atau Shopee juga memiliki fitur layanan ShopeePayLater. Yang mana kalian dapat melakukan transaksi secara online di Shopee gratis menggunakan jenis pembayaran ShopeePayLater. Karena ShopeePayLater sejatinya seperti kartu kredit. Kalian bisa transaksi apapun terlebih dahulu dan bayarnya bisa nanti.

Jika kalian menggunakan fitur layanan ini, saya harapkan kalian bijak dalam menggunakan. Jangan sampai tagihan kalian membengkak dan pada saat jatuh tempo untuk membayarnya kalian bisa melunasinya. Jadi, jika kalian bijak dalam menggunakan fitur layanan ShopeePayLater, kalian tidak akan beralasan lagi kalau kalian belum bisa melunasi tagihan kalian. Saran saya pribadi sih, mending kalian jangan menggunakan fitur ini. Sesuaikan saja dengan kemampuan keuangan kalian jika memiliki keinginan untuk memiliki suatu barang. Jangan sampai kalian terlena akan keinginan kalian, dan justru itu akan memberatkan kalian di kemudian.

Kesimpulan :

  1. DANA memiliki sistem sendiri
  2. GoPay sistem masih gabung dengan Gojek
  3. LinkAja dari Telkomsel, tapi sudah memakai sistem sendiri
  4. OVO dari Taralite, induk Grab, tapi sudah memakai sistem sendiri
  5. ShopeePay sistem masih gabung dengan Shopee.
Keterangan : Artikel ini berdasarkan sekarang atau setelah dipublikasikan. Nanti pasti akan ada informasi update terkini, yang mungkin akan menjadi bahan artikel selanjutnya jika informasinya cukup untuk saya jadikan 1 artikel.

Dengan adanya metode pembayaran generasi terbaru, membuat kita mudah, praktis, dan aman dalam bertransaksi secara online. Saat ini banyak sekali pelaku bisnis dengan memanfaatkan ponsel pribadinya untuk menjalankan bisnis apa yang mereka mau. Karena memang sangat mudah, real time, dan tidak ribet seperti dulu lagi. Walaupun sudah menggunakan sistem keamanan yang lebih kuat dan aman, tapi kita juga harus selalu waspada akan adanya penipuan, yang juga memanfaatkan dunia online sebagai jalannya. Tetap waspada dan hati-hati! Jika terdapat indikasi penipuan, diharapkan dapat segera lapor ke pihak terkait!

Diatas merupakan penjelasan singkat dari Daftar E-Wallet Indonesia Terbaik. Untuk penjelasan yang lebih spesifik, di artikel selanjutnya saya akan menjelaskan secara menyeluruh. Diatas hanyalah gambaran singkatnya saja. Jadi jangan sampai kalian ketinggalan informasi dari blog ini. Ikuti blog saya, supaya kalian mendapatkan informasi yang lengkap dari 1 sumber blog saya. Kalian bisa gunakan artikel dari blog saya untuk keperluan referensi atau informasi tambahan, sebelum kalian memutuskan untuk menarik kesimpulan.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

No comments for "Daftar E-Wallet Indonesia Terbaik"