3 Tips Mengatasi Dunia Klithih dari Berbagai Kalangan

3 Tips Mengatasi Dunia Klitih Dari Berbagai Kalangan

Mengikuti Kegiatan Bela Diri
Mengikuti Kegiatan Bela Diri

TOMTOMID - Klithih (Keliling Golek Getih) merupakan sebuah fenomena kejahatan di jalanan (kriminal di jalanan) yang kebanyakan dilakukan oleh anak remaja pelajar di daerah DIY. Istilah klithih yang digunakan masyarakat DIY dan sekitarnya, awalnya adalah keliling keluar rumah dengan tanpa adanya tujuan untuk menghilangkan kepenatan.

Namun ternyata istilah klithih ini di salah gunakan oleh anak remaja pelajar, yang mengubah mindset atau pemikiran seseorang yang awalnya arti dari klitih adalah baik, diubah menjadi buruk. Artinya, awal istilah klithih adalah untuk keliling keluar rumah dengan tujuan agar tidak penat, tapi justru malah diubah oleh pelaku klithih yang sekarang ini menjadi sebuah kejahatan di jalanan (kriminal di jalanan).

Sehingga, arti klithih sekarang adalah melakukan kejahatan di jalanan (kriminal di jalanan) keliling keluar rumah dengan tanpa tujuan yang jelas.

Berbeda dengan istilah begal yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat. Jika begal melakukan sebuah kejahatan jalanan (kriminal di jalanan) dengan memiliki tujuan yang jelas, yaitu merampas harta benda korban dengan menodong memakai senjata tajam, tapi tidak dengan klithih. Klitih justru cenderung hanya akan mencari korban, setelah korban tak berdaya, para pelaku klithih tersebut meninggalkan korban tanpa merampas harta benda korban. Sungguh sebuah kejahatan di jalanan (kriminal di jalanan) yang sangat mengerikan.

Jika kita bisa cermati, bahwa arti klithih sekarang yang dilakukan oleh kebanyakan pelajar anak remaja, dapat ditimbulkan dalam beberapa faktor. Antara lain, mengisi waktu luang, mengkonsumsi pil atau obat-obatan, mencari sensasi, uji nyali atau uji keberanian, kegabutan (gak ada buat) atau kebingungan karena tidak memiliki kegiatan, dan lain sebagainya, yang membuat mereka para pelaku klithih akan melampiaskan semua itu dengan mencari korban. Bisa dikatakan, ini adalah pencucian otak dengan memanfaatkan berbagai faktor diatas.

Kamu sudah pernah atau hampir merasakan menjadi korban perklithihan? Yuk kita simak tips dibawah ini bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini beberapa Tips Mengatasi Dunia Klitih dari Berbagai Kalangan :

Tips Mengatasi Dunia Klitih Dari Berbagai Kalangan

1. Terapkan Hukuman

Terapkan Hukuman
Terapkan Hukuman

Pada saat saya sekolah, kepala sekolah yang dapat mengambil tindakan secara tegas melalui prinsip yang berlaku. Siswa maupun siswi yang ketahuan melakukan aksi klitih, akan ditindak tegas oleh pimpinan sekolah yang berwenang pastinya. Tepatnya jika kalian melakukan aksi klitih tersebut hari ini, maka kamu akan dikeluarkan atau yang sering dikatakan di drop out pada hari ini juga. Ternyata para orang tua juga tidak pernah merasakan kejanggalan pada anaknya ketika terlibat mengikuti aksi di jalan seperti klitih. Dengan otomatis, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi para klitih.

2. Mengikuti Kegiatan Bela Diri

Mengikuti Kegiatan Bela Diri
Mengikuti Kegiatan Bela Diri

Saat kalian ingin melawan atau menghindari para pelaku klitih tersebut, cara ini merupakan salah satu hal yang terpenting saat melawan para klitih yang tidak luput dari mereka sering membawa senjata tajam. Cara tersebut adalah mengikuti kegiatan bela diri seperti karate, silat, muay thai, dan lain sebagainya. Perlu diketahui juga, kegiatan bela diri ini tidak hanya bisa menjaga keselamatan kita melainkan menjaga mental dan aspek spiritual kita. Bagi kalian yang menyukai melakukan kegiatan ekstrim, kegiatan inilah yang cocok bagi kamu.

3. Mencari Jaringan Dengan Pihak Kepolisian

Mencari Jaringan dengan Pihak Kepolisian
Mencari Jaringan dengan Pihak Kepolisian

Ketika kalian berada di usia atau umur kurang dari 18 tahun, dan sudah merasakan yang namanya klitih, harus segera membuat dan melaporkan kejadian yang menimpa kamu kepada pihak yang berwenang seperti kepolisian. Apalagi jika kalian sudah mempunyai jaringan sekaligus link seperti saudara dekat ada yang bekerja sebagai polisi. Mungkin dengan ini kalian lebih mudah untuk mencari link dari pihak kepolisian, bahkan kamu bisa mengusulkan pendapat ini ke sekolah kamu. Pendapat tersebut termasuk mengusulkan dari pihak sekolah mencari link pihak kepolisian. 

Kesimpulan

Selalu berhati-hati di manapun kita menginjak bumi. Karena suatu kejahatan, terkadang kita tidak bisa memprediksi, bersiap siaga, untuk menghalau suatu kejahatan tersebut. Kemana-mana janganlah sendiri sebaiknya membawa teman jika ingin keluar rumah ke suatu tempat yang sejatinya belum kita ketahui bagaimana keadaan di tempat tersebut dan bagaimana orang-orangnya yang tinggal di daerah sana. Minimal kita mempersiapkan beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan menerapkan tips diatas, jika kita mendapatkan suatu kejahatan tidak akan terlalu parah. Tetap waspada dimana pun kita berada!

Itulah pembahasan tentang 3 Tips Mengatasi Dunia Klithih dari Berbagai Kalangan. Mudah-mudahan kita terhindar dari berbagai macam kejahatan. Dan kita dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari orang lain yang sudah menjadi korban, atau hikmah (pelajaran) kita sendiri supaya kedepannya lebih berhati-hati lagi. Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

Tidak ada komentar untuk "3 Tips Mengatasi Dunia Klithih dari Berbagai Kalangan"