Jaga Pola Hidup Sehat Dengan Tips Ini

Jaga Pola Hidup Sehat Dengan Tips Ini

Jaga Pola Hidup Sehat Dengan Tips Ini
Jaga Pola Hidup Sehat Dengan Tips Ini

TOMTOMID - Kesehatan dianggap sebagai sesuatu yang amat mahal. Bagaimana tidak? Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan layanan kesehatan dan membeli obat-obatan tidaklah murah. Belum lagi jika perlu melakukan operasi, atau terapi. Organ-organ tubuh yang telah terlanjur rusak tentu akan membutuhkan perawatan intensif, bahkan transplasi yang tak hanya membutuhkan biaya besar saja, tetapi juga ketersediaan organ di rumah sakit yang tentu tidak selalu ada.

Untuk mencegah beragam penyakit kronis yang tidak diinginkan, kita bisa menerapkan pola hidup sehat. Terdengar sederhana, tetapi membutuhkan tekad kuat dan kedisiplinan tinggi untuk bisa terbiasa menerapkan pola hidup yang sehat. Apalagi bagi orang-orang yang sangat sibuk bekerja, tentu tidaklah mudah disiplin dalam memperhatikan pola hidup yang sehat.

Jaga Pola Hidup Sehat Dengan Tips Ini

Mulai Dari Pola Makan

Mulai Dari Pola Makan
Mulai Dari Pola Makan

Bagi para workaholic pada umumnya, makanan yang disantap sehari-hari cenderung kategori makanan yang tidak sehat, bahkan sering pula menyantap fastfood. Bukan tidak boleh sama sekali, makanan yang tidak sehat harus dikurangi. Makanan menjadi kunci utama dalam menjamin kesehatan tubuh seseorang.

Utamakan makanan tinggi serat, mineral, dan vitamin yang berfungsi untuk mengatur metabolisme, menjaga fungsi organ, serta mencegah penyakit. Hindari terlalu sering makan makanan yang digoreng dan mengandung gula maupun lemak jenuh. Makanan-makanan tersebut bisa memicu diabetes, kolesterol dan penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, kita juga harus menjaga waktu makan. Biasakan untuk tidak telat bahkan melewatkan jam makan. 

Biasakan Bergerak Lebih Banyak

Biasakan Bergerak Lebih Banyak
Biasakan Bergerak Lebih Banyak

Bergerak di sini tidaklah harus diartikan sebagai olahraga berat seperti olahraga kardio. Kita tidak selalu harus berangkat ke gym atau lari pagi setiap hari. Aktivitas fisik sederhana seperti naik turun tangga, perbanyak jalan kaki, hingga bersepeda merupakan aktivitas-aktivitas sederhana yang bisa membantu tubuh tetap bergerak.

Dengan demikian, lemak jenuh yang mengandung kolesterol dan menyebabkan potensi obesitas dapat disingkirkan. Kita hanya perlu terbiasa disiplin untuk beraktivitas fisik atau bergerak. Hal ini perlu dilakukan dengan pertimbangan antara kalori yang masuk harus seimbang dengan kalori yang keluar atau dibutuhkan tubuh.

Pola Tidur yang Teratur

Pola Tidur yang Teratur
Pola Tidur yang Teratur

Ketika seseorang tidur, berbagai organ dalam tubuhnya akan turut beristirahat setelah seharian bekerja keras. Apabila seseorang mempunyai jam tidur yang buruk, maka organ-organ dalam tubuh juga turut terkena imbasnya karena harus bekerja ekstra pada waktu yang seharusnya digunakan beristirahat.

Apabila Anda mengalami kesulitan tidur atau insomnia, Anda bisa melakukan olahraga kecil sebelum tidur sehingga tubuh bisa lebih rileks dan mudah untuk terlelap. Jika Anda terpaksa insomnia akibat tumpukan pekerjaan, lakukan penjadwalan ulang supaya pekerjaan Anda tetap dapat terselesaikan tanpa harus mengurangi jam tidur terlalu banyak.

Lakukan Medical Check Up Rutin

Lakukan Medical Check Up Rutin
Lakukan Medical Check Up Rutin

Meskipun tidak merasakan gejala penyakit yang mengganggu, kita tetap perlu melakukan medical check up menyeluruh secara rutin. Mengapa demikian? Ada beberapa penyakit, seperti kanker misalnya, yang terlambat diketahui dan terlanjur mencapai stadium akut yang berbahaya. Lebih baik untuk mengenali kondisi kesehatan Anda secara rutin. Medical check up tersebut bisa dilakukan rutin setiap setahun sebanyak 1 hingga 2 kali.

Demikian beberapa cara ampuh untuk tetap dapat menerapkan pola hidup sehat meskipun setiap hari Anda sibuk bekerja. Yang paling diperlukan selain langkah-langkah di atas adalah tekad dan niat yang kuat. Di samping itu, kita juga perlu kedisiplinan tinggi dan kesadaran penuh untuk bertanggung jawab atas kesehatan tubuh diri sendiri.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

No comments for "Jaga Pola Hidup Sehat Dengan Tips Ini"