7 Cara Menghemat Pengeluaran Ala Anak Kost

7 Cara Menghemat Pengeluaran Ala Anak Kost

7 Cara Menghemat Pengeluaran Ala Anak Kost
7 Cara Menghemat Pengeluaran Ala Anak Kost

TOMTOMID - Bahan Bakar Minyak atau BBM dinyatakan naik periode 3 September 2022 saat harga minyak turun. Pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga BBM penugasan, subsidi hingga non subsidi yang sudah berlaku sejak dua hari yang lalu. Hal tersebut menyebabkan sederet harga lainnya ikut naik karena mengingat sektor transportasi mejadi sektor yang terdampak paling cepat dengan adanya kenaikan harga BBM. Berkaitan dengan tarif, hal ini juga turut dirasakan tentunya dengan anak kost atau yang sedang dalam perantauan. 

Bagi seorang mahasiswa yang jauh dari keluarga, mengatur uang bulanan adalah hal yang biasa dengan berbagai cara hemat pun dilakukan termasuk dalam hal berkendara. Berkendara atau menggunakan transportasi umum tentunya menjadi hal yang dipikirkan juga oleh anak kost. Kenaikan harga BBM juga berdampak pada pengeluaran bulanan anak kost. Misalnya saat kita ingin berangkat ke kampus atau ke suatu tempat untuk kepentingan kuliah, mahasiswa yang tidak membawa motor pasti menggunakan ojek online atau transportasi umum. Tarif transportasi umum juga ikut naik seperti angkot naik Rp. 2000, truk 25% naik, bahkan ongkir belanja online hingga ojek online juga ikut naik.

Dibawah ini sudah saya rangkum beberapa hal yang bisa dilakukan untuk anak kost agar tetap bisa berhemat ditengah gempurah harga BBM yang naik. Teman-teman wajib banget baca ini! Check this out!

Cara Menghemat Pengeluaran Ala Anak Kost

1. Membuat Catatan Pengeluaran

Catatan pengeluaran dibutuhkan agar kita mengetahui seberapa besar pengeluaran sehari-hari kita dengan menyesuaikan pendapatan atau uang kita. Dengan mencatat pengeluaran setiap harinya, kita bisa membandingkan mana yang perlu untuk dikurangi atau dihindari atau sangat dibutuhkan.

2. Masak Sendiri

Dengan memasak sendiri tentu akan lebih menghemat uang bulanan. Seperti membawa magic com dari rumah. Untuk lauk, bisa belanja di tukang sayur. Masakan yang sudah jadi jangan mudah untuk dibuang, biasakan untuk mencicipi rasanya dahulu atau sering-sering menghangatkan makanan agar bisa tahan lama. Beli lauk wajib seperti serundeng, abon atau kering tempe yang bisa tahan lama dan bisa menjadi lauk saat situasi mendesak.

3. Mencari Kost yang Terjangkau dengan Fasilitas yang Memadai

Banyak kost yang tidak seimbang dengan harga. Hal tersebut akan membuat pengeluaran menjadi lebih banyak. Walaupun sedikit, tapi jika dikeluarkan secara berkala akan lebih cepat habis. Cari kost dengan fasilitas yang seimbang dengan harga terjangkau. Jika bisa, yang sudah include dengan air dan listrik serta terdapat fasilitas dapur dan wifi. Jika lebih dari itu dengan harga terjangkau, lebih baik.

4. Membawa Bekal

Saat kuliah, jika memang dirasa akan memakan waktu yang lama, alangkah baiknya jika membawa bekal sendiri. Seperti minum di tumbler dan makanan seadanya. Hal tersebut akan menahan keluarnya uang untuk membeli makanan di luar. Biasanya harga makanan di kampus lebih mahal daripada di luar. Tidak Cuma saat ngampus, bisa juga membawa bekal saat ada kerja kelompok di caffee atau angkringan yang memperbolehkan membawa makanan dari rumah.

5. Mencuci Pakaian Sendiri

Hindari menggunakan laundry secara sering jika ingin menghemat. Alangkah baiknya jika menggunakan uang kalian untuk membeli detergen dan mencuci sendiri. Karena itu lebih menghemat daripada harus keluar uang untuk laundry. Hitung-hitung olahraga badan. Kecuali jika kost sudah memberi fasilitas mesin cuci dan gratis, kalian bisa menggunakannya. Jangan lupa untuk tidak boros detergen.

6. Beli Barang Saat Promo

Hal ini merupakan hal yang paling penting. Saat ingin berbelanja kebutuhan rumah tangga seperti sabun mandi, sampo, sabun cuci dan sebagainya usahakan saat promo besar-besaran. Biasanya di supermarket sering mengadakan promo tiap bulannya. Jangan lupa saat hendak berbelanja, catat apa saja yang ingin dibeli untuk menghindari membeli barang lainnya yang tidak terlalu penting.

7. Biasakan Menabung

Biasakan menabung walau sedikit! Jangan letakkan semua uang di dompet. Sendiri kan uang untuk kepentingan urgent atau lainnya agar uang tidak cepat habis. Simpan ditempat yang aman atau tabung di bank. Namun jika menghindari biaya admin, simpan ditempat yang aman di kostan.

Jadi itu tadi merupakan 7 Cara Menghemat Pengeluaran Ala Anak Kost yang bisa diterapkan oleh semua anak dalam perantauan yang mana di sisi lain memang BBM memengaruhi banyaknya harga pasaran dan kendaraan umum yang naik. Sebaiknya hemat dalam membelanjakan uang terlebih saat memang kita belum memiliki penghasilan sendiri. Walaupun jika sudah, lebih baik hemat untuk kebaikan kita masing-masing. 

Menurut teman-teman, bagaimana dari konten yang disajikan di dalam blog TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri ini? Sudah cukup lengkap atau sesuai dengan artikel yang teman-teman cari? Jangan lupa tulis komentar teman-teman dibawah dan jangan lupa untuk selalu untuk mengikuti perkembangan blog TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri, dan akun media sosial.

Semoga bermanfaat, dan

Terimakasih.

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

2 comments for "7 Cara Menghemat Pengeluaran Ala Anak Kost"

  1. awal awalnya menjadi anak kost memang berat, terlebih jika gak terbiasa nyuci sendiri, tapi karena ada mentor langsung dari Ayah meski jauh dari rumah, Lama-lama jadi terbiasa juga. Bahkan dengan tidak laundry, bisa hemat 200 ribu per bulan..

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

TOMTOMID - Personal Bloger Wonogiri