Untukmu Pahlawanku di Duniaku yang Baru

Road to Kontes Blog Super Bercerita
Road to Kontes Blog Super Bercerita

TOMTOMID - SUPERBercerita. Secara umum pahlawan dapat diartikan orang yang dianggap berjasa, yang mau rela berkorban tanpa pamrih, tanpa mengharapkan imbalan dari siapapun. Karena dirinya memiliki maksud dan tujuannya sendiri yang mulia, yang membuat dirinya bangga, puas, dan lega. Dengan melakukan semua itu, sampai-sampai terkadang dirinya justru lupa akan nasib, masa depan, bahkan nyawanya sekalipun rela ia pertaruhkan untuk mewujudkan niat baik atau mulianya tersebut.

Pahlawan bermakna orang yang memikirkan atau mengedepankan kepentingan orang lain, nasib orang lain atau orang banyak, dibandingkan dengan memikirkan kepentingannya sendiri. Nah, setelah kita mengetahui arti dan makna dari pahlawan, mungkin cerita saya kali ini dapat menjadi bahan bacaan yang bermanfaat untuk kehidupan kita. Cerita ini bukanlah sekedar fiksi, tapi realita yang saya ambil dari kisah hidup yang belum lama ini saya jalani. Mudah-mudahan pembaca dapat menikmati.

Sosok pahlawan yang akan saya ceritakan pada artikel ini, justru usianya malah jauh lebih muda dari usia saya. Katanya dia lahiran tahun 2002. Namun postur tubuhnya yang besar dan tinggi (gemuk), membuat saya tak mengira bahwa dia malah adik saya (menurut usia). Panggil saja Hen namanya.

Semua itu berawal dari nganggur saya yang terlalu lama, sejak awal Corona atau Covid-19 (pandemi) dan hanya dirumah saja, bantu-bantu orang tua. Setelah bingung, pusing, banyak tagihan, banyak pengeluaran, banyak tuntutan hidup, biaya hidup, dan lain sebagainya. Saya mulai mencari loker (lowongan kerja) di beberapa situs, Facebook, Instagram, dan platform lain yang masih banyak lagi.

Bersama teman saya 1 dusun, kita mulai mencari dan merencanakan masa depan hidup kita, dengan mencari loker (lowongan kerja) yang menerima karyawan baru untuk bekerja dan syaratnya yang kiranya bisa kita penuhi. Tujuan utama kita adalah pabrik. Beberapa hari mencari loker (lowongan kerja), akhirnya kita menemukan beberapa loker (lowongan kerja) yang sesuai dengan kita. Mulai dari kriteria dan persyaratannya yang mudah dicari dan kita punya, serta yang dekat dengan daerah kita.

Sebelum menentukan pilihan mau gas menuju pabrik mana, karena ada beberapa yang sudah kita tandai. Ok, fiks kita memilih untuk fokus di satu pabrik saja. Alasannya karena kita sudah memasukkan surat lamaran ke salah satu pabrik, tapi selang beberapa jam saja, sudah ada notifikasi panggilan untuk tes dan interview besoknya.

Biaya (Modal Awal), Transportasi, dan Lian-lain

Ini belum ngomongin masalah biaya (modal awal) atau bisa dibilang uang jalan atau uang transportasi, perjuangan sekali. Saya mulai dari biaya. Saya sendiri untuk berangkat melamar pekerjaan dengan terpaksa meminjam pinjaman online (pinjol) dari Kredivo sebesar Rp. 500.000 dengan tempo 3 bulan. Angsuran setiap bulannya kurang lebih Rp. 185.000.

Itupun dapatnya tidak full, melainkan kena biaya admin 6% (Rp. 30.000). Jadi pencairan dana yang didapat hanya Rp. 470.000. Nah, kalau di kalkulator, intinya saya pinjam Rp. 500.000 misalnya, tapi kita mengembalikannya sekitar 600an ribu.

Yah, namanya kebutuhan, bagaimana lagi? Minta orang tua tidak punya dan tidak tega, hutang sudah ada banyak dimana-mana. Terpenting saya sudah bisa bekerja dan kemudian hari bisa menyelesaikan semuanya. Terpenting usaha kita jangan sampai mengecewakan. Soalnya sudah merepotkan banyak orang.

Setelah sudah oke, tibalah saatnya kita berangkat pada tanggal 17 Maret 2022, karena tanggal 18 Maret 2022 kita sudah mulai bekerja (training). Sebenarnya kita diterimanya pada tanggal 16 Maret 2022, besoknya sudah bisa mulai kerja. Namun kita minta izin 1 hari untuk mencari kost terlebih dahulu. Karena tidak mungkin kita mau pulang pergi. Jaraknya sangat jauh guys.

Pukul 12:30 kita berangkat menuju terminal Eromoko, untuk mencari bus jurusan Sukoharjo. Sekali berangkat tarifnya Rp. 20.000 per orang. Saya dan teman saya sudah 3x (tiga kali) bolak-balik untuk kepentingan melamar pekerjaan di pabrik tersebut. PT. Delta Merlin Dunia Tekstil 5 nama pabriknya.

Setelah mendapatkan bus, kita berangkat. Setelah beberapa jam perjalanan, kita sampai di Sukoharjo sekitar pukul 17:00. Langsung order go ride dengan abang Gojek. Sampailah kita di kostan Mbak Galuh, kost Mulyo Laras, dijemput sama tetangganya. Kostan yang pertama kita datangi sudah penuh, kita memutuskan untuk pindah kesitu. Setelah kostan sudah dapat, dan hari menunjukkan mulai gelap, masuk lah kita ke kostan dan istirahat.

Masalahnya disini muncul kembali. "Nanti kita ke pabrik mau nebeng siapa?" Disinilah pahlawan yang baru kita kenal di kostan, yang sangat super duper baiknya, mau mengantarkan kita berdua kalau jam kerja kita tidak bentrok. Kita disini mulai tenang, tapi juga memikirkan, "Masa iya sih, setiap hari harus merepotkan orang seperti ini? Berangkat diantar, pulang dijemput. Seperti abang tukang ojek saja".

Untungnya masih ada orang baik seperti dia, dan saya menemukannya. Dia saya anggap sebagai sosok pahlawan di duniaku yang baru (dunia kerja). Tanpa dia, kita akan menghabiskan banyak biaya, tanpa dia kita juga tidak tau harus bagaimana kalau apa-apa tidak ada. Saya sangat terbantu sekali dengan sosok pahlawan seperti dia. Panjang umur dan sehat selalu pahlawanku. Selalu berbuat baik kepada siapa saja, selalu tebarkan kebaikan, mudah-mudahan kebaikan yang jauh lebih baik akan menghampirimu juga dan terimakasih untuk semuanya. Tulisan ini saya persembahkan untukmu.

Harapan dan Kado untuk Pahlawanku

Saya sangat berharap sekali supaya pahlawanku menjadi diri sendiri dan pribadi yang baik, yang selalu berbuat baik kepada siapapun. Terkhusus, ini harapan untuk saya pribadi dan orang lain yang membaca cerita saya ini. Walaupun yang kita bantu tidak memberikan respon baik atau timbal balik yang positif, percayalah bahwa kebaikan yang Kita lakukan pasti akan ada hikmah dan kebaikan yang akan kita dapatkan suatu saat nanti. Allah sudah mengatur mana yang terbaik untuk hambanya, terkadang tidak langsung diberikan pada saat itu juga. Karena Allah Maha Tahu mana yang terbaik untuk hambanya pada saat ini.

Saya juga sangat berharap sekali apabila saya pribadi boleh meminta kado, maka saya memilih kadonnya sebuah ponsel yang spesifikasinya lumayan tinggi, terutama masalah penyimpanan. Karena saya bekerja sebagai freelance yang selalu online. Ponsel saya saat ini, spesifikasi, kapasitas penyimpananya kurang mumpuni. Itupun tidak terlepas dari cicilan atau angsuran.

Bisa juga kadonya sebuah laptop kalau boleh saya minta. Soalnya laptop saya sudah jadul dan juga sering eror. Mau mengerjakan sesuatu, banyak sekali halangan, rintangan, yang membentang, yang menjadi masalah dan menjadi beban pikiran yang saya dapatkan dengan laptop jadul saya. Apabila kado yang saya minta dikabulkan, dan sebagian harganya saya diminta untuk cicil atau membayar angsuran, saya juga bersedia. Saya sangat bersemangat sekali untuk berkembang di era dunia digital ini, khususnya sebagai Blogger dan YouTuber. Itu adalah harapan dan mimpi terbesar saya.

Saya akan mempersembahkan kado khusus untuk pahlawanku jika saya memenangkan Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kemarin saya sempat bertanya kepadanya tentang kado apa yang ia harapkan, siapa tahu kado tersebut dapat dikabulkan oleh Aplikasi Super. Ternyata ia memilih kadonya adalah uang tunai. Karena ia sempat bercerita bahwa setelah lebaran ini, ia akan mengakhiri masa lajangnya.

Nah, pada saat saya bertanya kepada kak Jeje, ternyata kadonya tidak bisa berupa uang tunai, harus berbentuk barang. Saya konfirmasi lagi kepada pahlawanku katanya terserah saya saja. Yah, saya berharap kadonya yang bermanfaat buat dia, dan sesuai dengan cerita dia, bahwa dia dalam waktu dekat ini akan menikah. Semoga dilancarkan pahlawanku. Aamiin.

Tahu tidak sih? Bahwa saya menulis cerita ini karena mendapatkan DM dari tim Aplikasi Super? DM nya seperti ini :

DM dari tim Aplikasi Super
DM dari tim Aplikasi Super


Lumayan kan? Pada saat krisis ekonomi seperti saat ini, apalagi kita sebagai anak kost baru dan bawa uangnya hanya ngepres yang bikin kepala ngelu (pusing). 

Nah, bagi teman-teman Blogger nih, yang suka nulis mungkin belum tahu dengan informasi ini. Bahwasanya Aplikasi Super akan menyelenggarakan event "Road to Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan" pada periode 4 April - 5 Juni 2002 nanti. Bagi teman-teman yang akan ikutan, saya persilakan. Tunggu saja tanggal mainnya dan teman-teman bisa langsung mendaftar.

Tema : #KadoUntukPahlawan

Keterangan : Membuat artikel dengan mengangkat kisah atau tema sosok pahlawan, inspiratif, yang ada disekitar kita. Blogger dengan karya tulisannya yang terbaik akan mendapatkan hadiah. Begitu juga dengan sosok pahlawan yang diangkat dalam karya tulisan tersebut juga akan mendapatkan kado dari tim Aplikasi Super.

Kerangka Tulisan :

  1. Arti dan makna pahlawan secara pribadi
  2. Cerita atau kisah nyata disekitar kita, orang yang kita anggap sebagai sosok pahlawan
  3. Harapan serta kado yang akan teman-teman persembahkan kepada pahlawan pilihan teman-teman

Syarat, Mekanisme dan Teknis Penulisan :

  1. Lakukan pendaftaran di : bit.ly/formsuperbercerita untuk menjadi peserta (wajib)
  2. Usia blog atau website minimal 2 bulan (wajib)
  3. Isi artikel juga membahas seputar Road to Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan dengan memberikan backlink do follow ke : https://superapp.id dan https://tinyurl.com/SUPERBERCERITA (wajib)
  4. Follow Instagram @aplikasisuper dan intisari artikel di posting di feed Instagram (IG) penulis dengan mention dan tag @aplikasisuper (wajib)
  5. Submit artikel yang sudah jadi ke : bit.ly/submitsuperbercerita (wajib)
  6. Membuat profil singkat sebagai penulis (Blogger) dengan format Microsoft Word, dengan menyertakan nama blog dan judul artikel yang diikutsertakan kemudian kirim ke email : robertus@nusantara.technology. Profil akan diterbitkan di Aplikasi Super (wajib).
  7. Contoh profil singkat Blogger akan seperti ini : TOMTOMID - Untukmu Pahlawanku di Duniaku yang Baru
  8. Selengkapnya, cek di website resmi dari Aplikasi Super (https://superapp.id/blog/kontes-blog/kontes-blog-kadountukpahlawan/)

Buruan persiapkan dengan membuat karya tulisan teman-teman dengan sebaik-baiknya. Pumpung masih ada banyak waktu dan event belum dibuka. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya, membuat karya tulisan paling baik. Siapa tahu karya tulisan teman-teman terpilih sebagai karya tulisan terbaik kan lumayan dapat hadiah.

Eiits.. tapi jangan nulis karena ada maunya yaa! Buatlah tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya. Karena dengan karya tulisan teman-teman yang bermanfaat, secara tidak sadar teman-teman telah menjadi pahlawan bagi mereka yang membaca karya tulisan teman-teman.

Semangat menulis.

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

No comments for "Untukmu Pahlawanku di Duniaku yang Baru"