1 Tahun Bersama TOMTOMID

1 Tahun Bersama TOMTOMID

1 Tahun Bersama TOMTOMID
1 Tahun Bersama TOMTOMID

TOMTOMID - 1 Tahun Bersama TOMTOMID. Itulah judul postingan hari ini. Yang ternyata saya (Joko Utomo) sebagai pemilik dan pengembang blog TOMTOMID ini malah lupa dengan 1 tahunnya TOMTOMID. Terasa begitu cepat sekali dalam mengembangkan blog kesayangan saya ini. Padahal dalam kurun waktu 1 tahun saya menjadi seorang Blogger, sudah dapat apa saja dari blog? Belum dapat apa-apa. Paling hanya job-job kecil menulis (backlink) atau content placement (penempatan konten). Itupun fee atau bayarannya masih ada beberapa yang nyangkut di awan, belum bisa ditarik dan digunakan, karena saya harus mematuhi persyaratan withdraw atau penarikan.

Terimakasih buat teman dunia maya saya, yang barusan mengingatkan saya dengan DM pertama saya di Instagram yang ngajak untuk kerjasama tukaran backlink, yang katanya boleh. Padahal saya sendiri sudah lupa, kok dia malah ingat yaa? Mungkin cewek dengan cowok itu berbeda dalam hal cara menyikapi kata-kata yang sudah terlanjur terucap. Cowok biasanya lebih condong ke yasudahlah, jadinya lupa kalau tidak di bicarakan atau diingatkan kembali. Saya minta maaf yaa dek kalau mas lupa akan kerjasama kita dulu yang sempat tertunda, tapi akhirnya kesampean juga hari ini kita kerjasama.

Baca : Arti dan Makna Dibalik Logo Blog TOMTOMID

Oh iya, rasa-rasanya kurang kalau saya tidak membahas sedikit tentang dia yang mengingatkan saya akan kerjasama yang saya ajukan via DM Instagramnya. Blog Diary Harumpuspita merupakan blog yang mengulas tentang review buku, platform, kuliner, dan gaya hidup. Blog ini pemiliknya cewek guys. Kontak Instagramnya ada kok di blognya. Follow, sharing pengetahuan boleh, macam-macam ndak boleh. Jangan lupa juga follow Instagram saya Joko Utomo. Catatannya sama seperti diatas. Bagi teman-teman yang sedang mencari informasi yang bermanfaat seputar review buku, platform, kuliner, dan gaya hidup, monggo gas ken langsung menuju ke blognya.

Dua Kebahagiaan Sekaligus

Mendapatkan Kerjasama Berupa Backlink

Seperti yang sudah saya ceritakan sedikit diatas. Kebahagiaan ini datangnya secara tiba-tiba. Tidak ada tanda-tanda, kode, atau apa. Padahal sesekali kita DM-DMan di Instagram sekedar ngobrol lumayan panjang, berbagi informasi, berbagi cerita, sharing pengetahuan, saling menyemangati, pokoknya seru banget deh. Tiba-tiba pukul 19:57 ada DM masuk dari dia. Mengucap salam sambil menyapa dan mengirimkan link artikel backlink, kemudian dibawahnya "Done ya. Wkwk". Maksudnya apa nih (tanya dalam hati)? Ternyata soal kerjasama backlink yang saya ajukan dulu dipublikasikan tepat dihari jadinya TOMTOMID, Minggu 12 Desember 2021 kemarin.

Pengingat Tak Terduga

Selain mendapatkan kerjasama berupa backlink, kebahagiaan saya yang kedua adalah secara tidak langsung saya diingatkan dengan hasil kerjasama berupa backlink tersebut bahwa kemarin Minggu, 12 Desember 2021 merupakan 1 tahun saya bersama TOMTOMID. Gimana ceritanya saya sampai lupa akan hal ini? Mikirin apa sih kamu Tom? Mikirin banyak, bercabang kayak akar serabut, semrawut pikirannya. Dua kebahagiaan ini saya dapatkan bersamaan pada saat itu juga. Maka dari itu, artikel ini saya buat karena hutang kerjasama backlink saya dan sekaligus menceritakan pengalaman saya dalam 1 tahun bersama TOMTOMID.

Masa iya, tidak ada sesuatu yang spesial dalam peringatan hari jadi blog TOMTOMID yang ke 1? Kalau tidak lupa, jauh-jauh hari sebenarnya saya sudah mempersiapkan event berhadiah, tapi belum selesai saya garap. Jadi yaa saya minta maaf dan sangat menyesal tidak membuat event berhadiah tersebut di hari jadi blog TOMTOMID yang ke 1 ini. Mungkin event tersebut akan saya garap, saya selesaikan terlebih dahulu, dan saya adakan di lain kesempatan yang menurut saya pas waktunya. Oh iya, sampai lupa. Terimakasih buat yang sudah menjadi pengingat tak terduga.

Baca : Alasan Mulai Ngeblog

Pencapaian 1 Tahun Bersama TOMTOMID

Mendapatkan Kerjasama Backlink, Job Menulis, Content Placement, Lomba Blog

Kerjasama backlink atau content placement yang saya maksud adalah selama 1 tahun saya mengembangkan blog TOMTOMID. Saya mendapatkan kerjasama tersebut dari beberapa situs yang pernah saya coba. Antara lain, RajaBacklink, MediaBacklink, Sribulancer, Sosiago, Skill Academy. Dibawah ini saya sebutkan yang berhubungan dengan blog dan mendapatkan penghasilan (fee atau bayaran) dari sana.

Berikut job yang pernah saya dapatkan selama 1 tahun bersama TOMTOMID.

  1. RajaBacklink (membuat artikel backlink)
  2. MediaBacklink (membuat artikel backlink)
  3. Sribulancer (membuat 10 artikel)
  4. MediaBacklink (membuat artikel backlink)
  5. Sosiago (content placement atau penempatan konten atau publish)
  6. Juara 12 lomba blog Skill Academy

Dari Artikel yang Telah Publish

  1. Belajar menjadi musisi (menciptakan lagu)
  2. Sedikit memahami SEO (Search Engine Optimization) dan penerapannya pada blog
  3. Blog TOMTOMID diterima Google AdSense
  4. Mendapatkan kerjasama backlink atau content placement
  5. Banyak yang memasukkan kode invite Higgs Domino Island

Dalam 1 tahun bersama TOMTOMID, ternyata perkembangannya baru itu saja. Mungkin teman-teman Blogger dapat belajar dari pengalaman saya ini, mana yang tepat dipakai untuk ngeblog, mana yang tidak. Saya yakin, pasti masih ada banyak sekali kesalahan yang saya lakukan, yang saya ketahui namun belum saya perbaiki atau masih banyak lagi kesalahan yang belum saya ketahui sama sekali, sehingga dalam 1 tahun ini perkembangannya belum cukup terlihat. Maka dari itu sampai saat ini saya masih terus belajar untuk mengungkap rahasia dibalik suksesnya menjadi seorang Blogger.

Oh iya, dalam saya ngeblog selama ini, pasti saya mersakan yang namanya suka dan duka menjadi seorang Blogger. Tentu banyak sekali wawasan, ilmu pengetahuan, dan pelajaran yang saya dapatkan selama 1 tahun saya berkecimpung di dunia perbloggeran. Tanpa kekonsistenan yang nyata dalam saya ngeblog selama 1 tahun yang belum mendapatkan apa-apa, harapan kecil saya belum terwujud atau tercipta, maka pasti saya sudah mengakhirinya karena saya sudah hampir putus asa. Namun itu tidak saya lakukan, karena tujuan utama saya adalah menjadi seorang Blogger sepenuhnya.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

2 comments for "1 Tahun Bersama TOMTOMID"

  1. Wuah, semangat ya Mas. Terus berjuang di dunia perbloggingan. Ibaratnya nih ya, blogger ini merupakan freelancer yang nggak kelihatan orang lain kalau kita ini kerja. Hihi .. tau-taunya udah berpenghasilan. Semangat menekuninya dan jangan berpuas diri. Btw, mau tanya nih. Ada nggak pertimbangan lain saat membeli domain? Kadang-kadang kan yang perlu diwaspadai itu ketika perpanjangannya. Takut khilaf kelewatan. Hihi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat dek, terus berjuang, raih cita-cita dari SMA yang ingin menjadi seorang Blogger sepenuhnya. Hehehe

      Itu dari sisi lain dek. Sisi lainnya bisa lain-lain. Wkwk Bisa dikira nanti pelihara tuyul lagi, padahal kita pelihara blog. Hehehe

      Menurut mas sih ini pertimbangan membeli domain :
      1. Lihat kondisi kantong. Jika dalam 1 tahun kita yakin bisa menghasilkan cuan dari blog kita, mungkin bisa pakai cara ini, membeli domain yang murah dulu dan kita maksimalkan mencari job apabila kita belum memiliki dana untuk membeli domain yang kita mau.
      2. Perhatikan kualitas artikel kita, apakah kualitas artikel kita sudah mampu bersaing di mesin pencari atau belum, maksudnya SEO (Search Engine Optimization).
      3. Membeli domain apabila artikel yang kita buat di blog sudah mencukupi. Sayang waktunya kalau baru buat blog langsung dibelikan domain. Yah, mungkin sekitar 3 bulanan setelah blog dibuat dan diisi artikel berkualitas dan cukup, baru dibelikan domain. Dirasa 1 bulan atau berapa hari yang kita tentukan cukup, silakan belikan domain.
      4. Dari awal sebelum membeli domain, harusnya dipikirkan matang-matang mau pakai domain apa. Jangan seperti saya, sudah beli domain tapi nyesel karena biaya perpanjangan nya yang fantastis menurut saya. Makanya saya pengen ganti domain untuk saya gunakan seterusnya kalau bisa. Gunakan domain yang familiar.
      5. Ganti domain serasa membuat blog dari awal lagi, mulai dari nol, karena DA/PA direset. Padahal banyak job yang biasanya melihat dari DA/PA blog kita. Karena itu menunjukan kekonsistensian kita dalam ngeblog.
      6. Tidak mau ribet dengan membeli domain ditempat yang berbeda. Beda tempat pembelian, pasti beda pula setting nya.
      7. Mungkin ada yang ingin menambahkan?

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

Regards,

TOMTOMID