Cara Cek Nomor Axis dan XL-Axiata

Cara Cek Nomor Axis dan XL-Axiata

Cara Cek Nomor Axis dan XL-Axiata
Cara Cek Nomor Axis dan XL-Axiata

TOMTOMID - AXIS dan XL-Axiata merupakan salah satu perusahaan provider atau penyedia layanan jaringan besar yang ada di Indonesia, yang kualitas layanan jaringannnya sudah tidak diragukan lagi. AXIS memiliki umur yang jauh lebih muda daripada dengan kakaknya XL-Axiata. XL-Axiata lebih dulu jaya bersama provider atau penyedia layanan jaringan lainnya yang sudah lama dipercaya masyarakat kualitas jaringannya seperti Indosat dan Telkomsel.

AXIS menggunakan jaringan dari XL-Axiata, walaupun sebelumnya AXIS memiliki jaringan sendiri. Dari sini kita dapat kita simpulkan bahwa keduanya (AXIS dan XL-Axiata) telah melakukan kerjasama. Jika kalian perhatikan, dibagian sinyal ponsel kalian pengguna setia AXIS (termasuk saya), maka jaringan sinyalnya adalah XL-Axiata tidak lagi AXIS. Kalau saya boleh mengambil kesimpulan, bahwa yang memegang kendali utama adalah XL-Axiata, karena yang memiliki jaringannya. Itu sih hanya pendapat pribadi saya.

Tak usah berlama-lama, mari kita menuju ke pokok pembahasannya, yaitu tentang cara cek nomor AXIS dan XL-Axiata. Dibawah ini saya sudah merangkum beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk dapat mengetahui nomor AXIS dan XL-Axiata kalian yang lupa. Sudah saya urutkan dari yang menurut saya paling efektif untuk dilakukan. Bagi kalian yang sering lupa dengan nomor sendiri, cara yang pertama merupakan cara yang paling efektif yang dapat kalian lakukan untuk mengecek nomor kalian. Check this out!

Baca :

  1. Cara Mendapatkan Internet Gratis Telkomsel
  2. Cara Mendapatkan Coca Cola Gratis

Dengan Menggunakan Layanan Dial Up

Kode Dial Up Cek Nomor Axis dan XL-Axiata
Kode Dial Up Cek Nomor Axis dan XL-Axiata

Cara cek nomor kartu AXIS dan XL-Axiata ini bisa kalian lakukan apabila nomor AXIS dan XL-Axiata kalian tidak kalian simpan di daftar kontak ponsel kalian. Kenapa saya menaruh cara cek nomor AXIS dan XL-Axiata dengan menggunakan layanan dial up ini di posisi pertama? Karena dengan menggunakan layanan dial up ini, kita bisa melakukannya secara gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Asal ponsel kalian memiliki sinyal, cara ini dapat kalian lakukan dengan mudah, dengan cara mengetikan di papan dial up : *123*4444# lalu panggil. Dengan melakukan cara tersebut, maka akan memunculkan pop up dan kalian akan mendapatkan informasi berupa nomor ponsel AXIS dan XL-Axiata yang kalian gunakan. Contohnya seperti ini :

Cara Cek Nomor AXIS dengan Kode Dial Up

Pop Up Hasil Pengecekan Nomor Axis
Pop Up Hasil Pengecekan Nomor Axis

Dalam posisi di menu dial up ponsel kalian, ketikan kode diatas *123*4444# kemudian panggil untuk mengecek nomor AXIS kalian yang lupa. Maka seketika akan muncul pop up yang menampilkan nomor AXIS kalian. Jika kalian ketikan nomor 1. Cek Nomor di menu pilihan yang ada, kemudian kalian klik KIRIMKAN, maka tampilannya akan seperti ini :

Pop Up Cek Nomor

 

Cara Cek Nomor XL-Axiata dengan Kode Dial Up

Namanya 1 (satu) jaringan, pasti kode dial up nya sama dengan AXIS diatas untuk mengecek nomor XL-Axiata kalian. Yaitu di *123*4444#. Hanya saja dalam segi tampilan pop up yang ditampilkan memiliki sedikit perbedaan antara pop up AXIS dan pop up XL-Axiata. Lihat sedikit perbedaan tampilan pop up nya! Tidak ada perbedaan kan? Hehehe

Pop Up Hasil Pengecekan Nomor XL-Axiata
Pop Up Hasil Pengecekan Nomor XL-Axiata

Pop Up Cek Nomor
Pop Up Cek Nomor

Tidak hanya itu, dengan cara diatas kalian juga akan mengetahui bahwa nomor tersebut terdaftar dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan) siapa. Namun kalian hanya diperlihatkan 6 digit bagian awal dan 4 digit bagian akhir. Jika itu merupakan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) milik kalian, yang kalian gunakan untuk mendaftar kartu baru atau mendaftar ulang, maka kalian tahu bahwa NIK (Nomor Induk Kependudukan) tersebut milik kalian.

Cara diatas merupakan cara paling efektif yang dapat kalian lakukan, tentu saja gratis dan aman tidak akan menyedot pulsa kalian. Hati-hati jika kalian menggunakan kode dial selain diatas atau coba-coba mengacak kode dial, jika tidak mau pulsa kalian tersedot gara-gara kalian memanggil kode dial tertentu, misalnya berlangganan NSP dan lain sebagainya. Hati-hati juga jika kalian mendapatkan informasi kode dial di internet. Karena terkadang kode dial tersebut sudah berubah atau diubah oleh provider dan tidak memberikan informasi kepada pengguna mengenai itu.

Dengan Melihatnya di Kontak

Dengan Melihatnya di Kontak
Dengan Melihatnya di Kontak

Sangat simpel sekali untuk mengecek nomor AXIS atau XL-Axiata kalian dengan melihatnya di daftar kontak ponsel kalian. Tentu saja kalian sebelumnya sudah menyimpan nomor kalian di daftar kontak ponsel kalian. Lalu bagaimana jika kalian lupa nomor saya tersebut kalian beri nama siapa? Alternatifnya yaa pakai cara diatas. Dengan menggunakan layanan dial up.

Terkadang memang begitu. Nomor sendiri diberi nama siapa kadang suka lupa. Yah, namanya juga manusia, pasti merasakan yang namanya lupa dan khilaf. Saya kalau sudah lupa juga sering tidak ingat. Kalau seperti ini, lupanya kalian sudah kebangetan. Kalau saya menyimpan nomor saya sendiri seperti screenshot diatas. Menyimpannya di E-mail, membuat label dengan nama saya Joko Utomo untuk nomor saya sendiri, agar tidak lupa atau hilang. Tidak saya simpan pun 4 nomor saya (AXIS, Telkomsel ada 2, dan XL-Axiata) saya hafal semua. Nomor rekening, username dan password di beberapa situs banyak yang saya hafal daripada saya simpan dalam bentuk tulisan. Karena sangat rawan sekali jika username dan password disimpan dalam bentuk tulisan, teman atau seseorang yang menggunakan ponsel kita bisa tahu. Misalnya pada saat ponsel kita hilang (jangan sampai).

Gunakan Layanan Telepon (Memanggil)

Layanan ini dapat kalian gunakan jika kalian tidak memiliki minimum sejumlah pulsa untuk dapat melakukan panggilan ke sesama operator atau provider dan ke operator atau provider lain. Namun akhir-akhir ini saya mendapati kemudahan saat melakukan panggilan ke sesama operator atau provider dapat dilakukan secara gratis walaupun pulsa kalian Rp. 0 (tergantung paket yang digunakan).

Kenapa operator atau provider berani memberikan panggilan gratis kepada sesama operator atau provider? Jawabannya sudah jelas, bahwa minat masyarakat kita saat ini minim sekali yang masih menggunakan layanan panggilan (telepon), SMS (Short Message Service) juga begitu. Operator atau provider penyedia layanan jaringan tahu bahwa penjualan mereka meningkat di paket data atau pulsa untuk mendaftarkan paket data dengan lebih murah, serta penjualan lainnya yang paling banyak dibutuhkan masyarakat itu apa. Seperti paketan khusus game, diamond game, paketan musik, paketan video, dan yang lainnya. Yah, namanya juga bisnis. Harus bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dan mampu melihat peluang terbuka yang paling tinggi minat pasarnya itu apa.

Gunakan Layanan SMS (Short Message Service)

Menggunakan cara ini saya rasa sebenarnya kurang efektif. Justru malah membingungkan dan membuat kepala kita pusing. Bagaimana tidak? Kita mau cek nomor sendiri yang kita gunakan saja harus menggunakan layanan SMS (Short Message Service). Ya kalau nomor kita tersebut kalau ada pulsanya. Kalau tidak? Isi pulsa dulu? Lalu nomornya yang harus diisi pulsa berapa? Nah lho. Kan kita tujuannya mau mengetahui nomor kita tersebut berapa. Baru kita bisa beli pulsa atau paket data atau kebutuhan kalian apa.

Cara ini dapat kalian lakukan jika kalian memiliki pulsa minimal 1 SMS (Short Message Service), biasanya Rp.150 kalau belum ada perubahan dari pihak operator atau provider layanan jaringan. Baru kalian bisa menggunakan layanan ini. Kalian bisa menggunakan layanan SMS (Short Message Service) ke ponsel lain kalian atau biasanya ponsel sekarang menggunakan dual sim card, jadi kalian bisa pindah dulu kartunya ke ponsel tersebut dan melakukan SMS (Short Message Service) ke nomor yang ada di ponsel yang sama. Kurang efektif yaa? Terlalu lama.

Menghubungi Operator atau Provider

Untuk cara cek nomor AXIS atau XL-Axiata selanjutnya adalah dengan menghubungi operator atau provider penyedia layanan jaringan. Pengalaman saya, cara ini memang sudah terbukti berhasil, tapi kurang efektif lagi. Kurang efektifnya adalah kita harus telepon operator dengan biaya Rp. 800 saja per panggilan. Masing-masing operator atau provider penyedia layanan jaringan mungkin memiliki biaya yang berbeda. Memang cuma Rp. 800 saja. Jika panggilan terputus, maka kita harus siapkan pulsa cadangannya. Kalau tidak ada pulsanya dan kita sedang buru-buru bagaimana? Kasusnya malah seperti cara cek nomor AXIS atau XL-Axiata menggunakan layanan SMS (Short Message Service).

Belum ditambah kita harus antre atau menunggu. Biasanya customer service atau call center nya penuh dan disuruh menunggu 1 menit. Jika kalian beruntung, selanjutnya giliran kalian. Kalau belum beruntung yaa kalian harus sabar menunggu beberapa menit sesuai dengan nomor antreannya. Bagi saya, menunggu adalah sesuatu yang membosankan. Nomor call center AXIS nya adalah 838 dan 817 untuk pengguna XL-Axiata. Cara ini kurang efektif menurut saya, tapi dapat kalian coba.

Dengan Mengakses Situs Resmi

Apakah kalian termasuk seperti saya yang sangat sayang dengan kuota untuk mengunduh aplikasi AXISNet dan myXL? Untuk memanipulasinya, kalian bisa cek nomor AXIS dan XL-Axiata kalian melalui situs resmi dari masing-masing operator atau provider penyedia layanan jaringan tersebut. Cara ini dapat kalian lakukan untuk mengecek nomor AXIS dan nomor XL-Axiata kalian yang lupa.

Sebelum itu, kalian harus memiliki akun AXIS dan XL-Axiata terlebih dahulu. Apabila kalian belum memiliki akun, maka kalian dapat melakukan registrasi terlebih dahulu secara gratis. Selanjutnya, kalian login dengan menggunakan ID dan password yang telah kalian buat. Selain kalian dapat mengecek nomor kalian yang lupa, kalian juga dapat menjelajahi berbagai macam informasi menarik dan penawaran pulsa serta paket data yang telah disediakan oleh masing-masing operator atau provider penyedia layanan jaringan. Dengan demikian, kalian tidak akan melewatkan berbagai penawaran menarik dari AXIS dan XL-Axiata yang telah disediakan untuk pengguna setianya.

Unduh dan Login Aplikasi

Jika kalian termasuk orang yang simpel dan tidak ingin ribet serta tidak sayang kuota, kalian dapat mengunduh aplikasi dari masing-masing provider tersebut untuk mempermudah kalian melakukkan cek nomor kalian yang lupa. Operator atau provider penyedia layanan jaringan AXIS, kini hadir dengan aplikasi mobile yang bernama AXISNet, dan untuk operator atau provider penyedia layanan jaringan XL-Axiata bernama myXL. Kalian dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengunduhnya di Play Store bagi yang menggunakan smartphone yang ber OS (Operasi System) Android dan App Store untuk pengguna smartphone yang ber OS (Operasi System) iOS.

Cara Cek Nomor AXIS via Aplikasi AXISNET

Cara Cek Nomor AXIS via Aplikasi AXISNET
Cara Cek Nomor AXIS via Aplikasi AXISNET

Setelah kalian login aplikasi AXISNet, kalian tab menu MyAXIS > AXIS Setting > Profil Saya, maka kalian akan melihat nomor AXIS kalian berapa.

Cara Cek Nomor XL-Axiata via Aplikasi myXL

Cara Cek Nomor XL-Axiata via Aplikasi myXL
Cara Cek Nomor XL-Axiata via Aplikasi myXL

Berbeda sedikit dengan AXIS, pada saat pertama kalian login aplikasi my XL, kalian sudah dapat melihat nomor kalian. Tentu ini jauh lebih simpel dan mudah dilakukan. Berbagai manfaat dan macam-macam fitur layanan yang menggiurkan dengan menggunakan aplikasi AXISNet dan myXL ini. Diantaranya adalah kalian dapat menggunakan layanan ini untuk mengetahui berapa nomor yang kalian gunakan.

Namun sayang, untuk dapat menikmati layanan yang simpel dan anti ribet dari aplikasi AXISNet dan myXL. Sebelum kalian lupa, pada saat ingat, kalian harus login terlebih dahulu untuk dapat menggunakan layanannya. Setelah kalian login, kalian dapat menggunakan aplikasi tersebut dan menikmati semua fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

Dengan Mengirimkan Permohonan via E-mail

Cara lain yang paling lama kita mengecek nomor AXIS atau XL-Axiata adalah dengan mengirimkan permohonan via E-mail. Kalian dapat mengirimkan pesan E-mail ke cs@axisnet.id untuk pengguna AXIS, dan ke customerservice@xl.co.id untuk pengguna XL-Axiata untuk dapat mengetahui nomor kalian yang lupa pada hari dan jam kerja. Jangan mengirimkan permohonan via E-mail pada saat diluar jam kerja! Biasanya kalian akan mendapatkan balasan pada keesokan harinya pada saat jam kerja. Cara ini dapat kalian gunakan untuk mengecek nomor kalian yang lupa apabila kondisinya tidak terlalu urgent (darurat).

Baca :

  1. Diamond Gratis Mobile Legends
  2. Cara Bermain Remi Higgs Domino Island
  3. Cara Mendapatkan Rp Higgs Domino Island Gratis
  4. Cara Menukarkan Rp Higgs Domino Island dengan Pulsa

Ada beberapa cara diatas yang bisa kalian terapkan untuk kartu lain. Misalnya dengan melihatnya di kontak yang sudah kalian simpan, menggunakan layanan telepon (memanggil), SMS (Short Message Service), menghubungi operator masing-masing provider, mengakses situs resmi masing-masing operator atau provider penyedia layanan jaringan, mengunduh dan menggunakan aplikasi dari masing-masing operator atau provider penyedia layanan jaringan.

Itulah artikel yang cukup panjang tentang cara cek nomor AXIS dan XL-Axiata sekaligus cara cek nomor untuk kartu lainnya (Indosat, Smartfren, Telkomsel, 3 atau Tri (Three). Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian yang lupa dengan nomor ponselnya, atau kebingungan mencari informasi tentang cara cek nomor ponsel kalian. Dalam beberapa cara diatas, artikel ini sebagian dapat diterapkan juga untuk operator atau provider penyedia layanan jaringan lainnya.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

15 comments for "Cara Cek Nomor Axis dan XL-Axiata"

  1. Jaman2 masih sekolah, pake kartu Axis jadi pilihan, karena masih banyak gratisannya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas. Selain banyak gratisannya, harga peket nya pun (sms, telpon, internet) terjangkau bagi anak sekolahan. Paling ngeri sama si merah karena dari dulu paketannya mahal-mahal. Wkwk

      Delete
  2. Request kode dial paket internet xl yang murah bang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pengalaman saya, XL memang paketnya agak mahal gan. Tapi bisa cek2 aplikasi ada penawaran, diskon, dll dengan harga murah. Saya kemarin cek aplikasi 10 GB 24K. Kalau ga, pake tsel juga banyak bonus n penawaran gan. Tsel ada internet gratis. Ikuti aja program daily check-in telkomsel! Ada 2 misi. Yaitu misi berturut-turut dan misi kolektif harian. Coba aja! Artikelnya ada kok gan di blog ini.

      Ntar kalau nemu kode dial up nya saya share di blog gan. Untuk sementara saya tampung dulu yaa gan requestnya. Hehehe

      Delete
  3. Terimakasih min sudah mengulas cara cek nomor XL-Axiata dengan kode dial up, auto bookmark d browser ane, solanya ane suka lupa dengan nomor XL sendiri... Jossss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan, makasih udah berkunjung. Seneng rasanya tulisan saya kalau bermanfaat bagi orang lain. Jangan lupa ngopi, ntar kepala pusing lagi. Wkwk #lalingopi

      Delete
  4. oalah jadi gitu caranya kemaren cari cara pusing banget mau vaksin lupannomer untung nemu carabya besok bisa vaksin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas e, simpel banget sebenarnya. Wah, saya datanya belum ada mas, belum dapat panggilan vaksin, mungkin baru proses antrean namanya. Hehehe

      Delete
  5. Kartu Axis andalan banget dipake waktu sekolah dulu...wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Kartu yang paling mengerti uang saku anak sekolahan. Sampai sekarang pun masih juga.

      Delete
  6. Replies
    1. Di aplikasi banyak gan. Gratis video, games, paketan. Ada misi tapi.

      Delete
  7. Karena gak mungkin ngapalin semua kode dial up. Jadinya kalau gak hapal dann maue cnomor sendiri, ya pake aplikasid operatornya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma itu aja kodenya kak. Ga banyak kok. Kalau aplikasi kan sebelumnya harus login dulu, verifikasi. Kalau belum login gimana? Kan harus masukin nomor dulu buat kirim kode verifikasinya. Wkwk

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

Regards,

TOMTOMID