Paskibraka Kenangan SMA

Paskibraka Kenangan SMA

Foto Joko Utomo Bareng PolWan Cantik Paskibraka Ponjong
Foto Joko Utomo Bareng PolWan Cantik Paskibraka Ponjong

 

TOMTOMID - Paskibraka merupakan kepanjangan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, dengan mengemban tugas utama mengibarkan bendera sang saka merah putih dalam upacara peringatan hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia. Sebenarnya pengibaran bendera merah putih pada hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia hanya dilaksanakan pada 3 tempat, yaitu di tingkat kabupaten atau kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.

Namun ditempat Kami dulu tingkat kecamatan juga memperingati hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia dengan membentuk Paskibraka, dan alhamdulillah sekolahan Kami SMA Muhammadiyah Ponjong bergabung dengan SMK Muhammadiyah 2 Ponjong, kabupaten Gunungkidul menjadi wakil dari tingkat kecamatan, yang dilaksanakan di lapangan kecamatan Ponjong untuk upacaranya.

Kenangan SMA : 10 Foto Kenangan Sekolah Terbaik Masa SMA

Sungguh tidak menyangka sekolahan Kami dulu bakal terpilih menjadi wakil dari tingkat kecamatan untuk pengibaran bendera pada hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia yang ke-70 pada tahun 2015. Yang tidak saya sangka lagi adalah ketika saya juga terpilih menjadi Paskibraka. Karena memang dulu terpilihnya karena kekurangan pasukan, sehingga hanya ditunjuk oleh pembina dari masing-masing sekolah tersebut.

Foto Selfie Joko Utomo Paskibraka
Foto Selfie Joko Utomo Paskibraka

 

Hampir semua siswa (kelas 10 sampai kelas 12) ikut andil dalam menjadi anggota Paskibraka. Hanya tersisa beberapa siswa saja yang tidak ikut menjadi Paskibraka. Karena Paskibraka memerlukan banyak orang untuk menjadi sebuah pasukan yang pas. Karena Paskibraka mengikuti hari kemerdekaan republik Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.

Dengan pengertian, formasi Paskibraka akan menjadi seperti ini :

  1. Depan : Pasukan 17 (pemandu atau pengiring) yang mewakili dari tanggal kemerdekaan republik Indonesia.
  2. Tengah : Pasukan 8 (pengibar bendera) yang mewakili dari bulan kemerdekaan republik Indonesia.
  3. Belakang : Pasukan 45 (pengawal atau pengaman) yang mewakili dari tahun kemerdekaan republik Indonesia.
Foto Selfie Joko Utomo Paskibraka Senyuman Tipis
Foto Selfie Joko Utomo Paskibraka Senyuman Tipis

 

Berikut penjelasan formasi khusus Paskibraka :

  1. Depan : Pasukan 17 berposisi di paling depan, yang bertugas  sebagai pemandu atau pengiring pada hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia.
  2. Tengah : Pasukan 8 berposisi di belakang pasukan 17, sebagai pasukan inti dan pembawa bendera merah putih pada hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia..
  3. Belakang : Pasukan 45 berposisi di belakang kelompok 8 (pasukan inti) sebagai pasukan pengawal atau pengaman pada hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia..

Tambahan : Masing-masing pasukan memiliki 1 (satu) komandan, yang dinamakan Komandan Peleton (Dan Ton).

 Berdirinya Blog TOMTOMID : Teringat Mantan, Berdirilah Blog TOMTOMID

Sekedar berbagi pengalaman saja, untuk pelatihan dari Paskibraka mungkin serasa seperti latihan untuk masuk kepolisian atau militer (berlebihan sekali). Bagaimana tidak? Selama 1 bulanan latihan full diatas panas teriknya matahari dan hampir setiap hari dengan seragam lengkap. Serasa bagaimana gitu yang biasanya memakai seragam biasa (pendek), pada saat itu pakai seragam lengan panjang, gerahnya minta ampun, padahal jika hari biasa sekolah pakai seragam lengan pendek saja sudah gerah sekali hawanya.

Foto Selfi Joko Utomo Paskibraka Minim Senyum
Foto Selfi Joko Utomo Paskibraka Minim Senyum

 

Ditambah memakai sepatu pantofel untuk yang pertama kalinya pada saat hari H-nya terasa sangat beda dengan biasanya yang memakai sepatu biasa. Pada saat latihan masih diperbolehkan memakai sepatu biasa. Namun pada saat mendekati hari H dan pada hari H-nya diwajibkan untuk memakai sepatu pantofel. Pada saat itu karena saya tidak punya, pinjam kesana kemari tidak bertemu juga, akhirnya saya pinjam kepada ustadz saya yang kebetulan dulu saya tinggal di asrama.

Google AdSense : Ocehan Blog TOMTOMID Yang Diterima Google AdSense

Saya kira pengalaman dan beberapa foto Paskibra kemarin tidak akan ada manfaatnya. Namun ternyata saat ini bisa saya jadikan kenangan sekaligus konten pribadi di blog saya TOMTOMID ini. Sampai saat ini saya flash back foto yang saya jadikan foto sampul dari artikel ini justru malah sangatlah berkesan sekali. Dulu tidak peduli sama sekali dengan foto-foto lama seperti ini, tapi saya lihat kembali kok merasa wah sekali bisa foto bareng bersama PolWan (Polisi Wanita) cantik. Untuk nama sepertinya menjadi identitas pribadi seseorang yaa. Jadi tidak saya sebutkan untuk nama PolWan (Polisi Wanita) nya.

Foto Selfi Joko Utomo Paskibraka Minim Senyum
Foto Selfi Joko Utomo Paskibraka Biasa

 

Setelah melewati perjuangan latihan yang panjang dengan penuh pengorbanan yang sangat menguras banyak sekali tenaga, waktu dan pikiran Kami. Akhirnya setelah terlaksana dan selesai upacara hari proklamasi kemerdekaan republik Indonesia, Kami sangat puas sekali dengan hasil yang Kami lakukan bersama berjalan dengan baik, lancar dan tanpa ada halangan suatu apapun dan hati Kami merasa sangat plog, karena mengemban tugas negara walaupun hanya tingkat kecamatan saja.

Apalagi mendapatkan pujian dari pembina yang katanya nilai dari Paskibraka Kami adalah 98 dari 100 dan merupakan Paskibraka terbaik dari Paskibraka sebelumnya pada saat itu. Tentu ini membuat hati kita sangat senang sekali mendapatkan pujian positif dari pembina Kami. Tugas negara Kami telah selesai dengan baik dan sangat memuaskan dengan banyak pujian dari pembina, guru-guru sekolahan Kami dan pihak lain. Sebagai akhiran kita melakukkan foto bersama untuk merayakan hari keberhasilan Kami menjadi Paskibraka. Namun sayang, foto bersama Kami ada di kameraman sekolahan Kami dan tidak dikirim ke masing-masing dari siswa.

Backlink : Pengalaman Mendapatkan Kerjasama Backlink

Sebagai bukti bahwa artikel diatas yang sudah saya tulis dengan panjang lebar, saya akan memberikan bukti berupa foto piagam penghargaan saya dari sekolahan karena Kami telah mengikuti Paskibraka yang ke-70 tingkat kecamatan (Ponjong), kabupaten Gunungkidul. Mungkin piagam penghargaannya tidak seberapa nilainya dibandingkan dengan kenangan masa latihan bersama dulu bersama teman-teman SMA dan SMK yang 1 (satu) perjuangan bersama saya. Berikut foto piagam penghargaan Paskibraka saya :

Piagam Penghargaan Paskibraka Joko Utomo
Piagam Penghargaan Paskibraka Joko Utomo

Mungkin hanya itu kenangan lama yang masih saya ingat sampai saat ini dan sangat berkesan bagi Kami. Karena kenangan itu merupakan kenangan 1 (satu) kali dalam seumur hidup Kami (lebih tepatnya saya, bagi adik-adik kelas masih ada kemungkinan bisa terpilih kembali) yang tidak akan bisa Kami ulang lagi. Sekiranya ada kesalahan dalam tulisan saya mohon kritik dan sarannya supaya saya dapat memperbaikinya! Karena memang saya baru pertama dan terakhir kalinya mengikuti Paskibraka. Terimakasih sudah membaca pengalaman saya.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

No comments for "Paskibraka Kenangan SMA"