Bermain Karambolku Jaman Dulu

Bermain Karambolku Jaman Dulu

Karambol
Karambol

TOMTOMID - Sebelum rame adanya permainan ponsel seperti Mobile Legend, Free Fire, PUBG, Higgs Domino, dan lain sebagainya, maka permainan saya jaman dulu salah satunya adalah bermain karambol. Sebenarnya masih banyak sekali permainan jaman dulu (tradisional) ditempat saya yang pernah saya mainkan. Namun saya akan bahas satu per satu dulu untuk flash back, mengenang kenangan lama atau bernostalgia dengan permainan tradisional yang mungkin saat ini pelan-pelan terlupakan tergerus dengan jaman, salah satunya adalah karambol yang akan kita bahas kembali di postingan ini.

Sedikit berbeda pembahasan kita kali ini dengan pembahasan karambol sebelumnya. Jika artikel sebelumnya adalah membahas tentang Main Karambol dengan Kartu Remi ala Tempat Kami, maka di pembahasan kali ini juga akan membahas tentang karambol tapi tidak dengan kartu remi, tapi tetap ala tempat kami. Bagi kalian yang belum membaca artikel saya sebelumnya tentang karambol, kalian bisa search di pencarian blog saya, bisa juga langsung klik di bagian sedang tren (trending) blog saya kalau belum berubah. Untuk memudahkan kalian mencari artikelnya klik link dibawah ini :

Artikel Terkait : Main Karambol denan Kartu Remi ala Tempat Kami

Saya merupakan anak desa yang permainan masa kecil saya tidak seperti anak kota. Dimana anak-anak kota biasanya permainannya serba mewah dan wah. Seperti PS, Nin Tendo, Console Game, dan lain sebagainya. Namun kalau permainan masa kecil saya sangatlah sederhana, terpenting sudah bisa membuat hati bahagia dan tertawa. Seperti bermain karambol pada artikel yang kita bahas ini. Permainan yang lain biasanya kartu remi, gaple atau domino, gambaran yang di beli dipasar biasanya, karet, kartu koa (ceki) entah apalah namanya saya lupa, dulu bisa karena terbiasa main kartu ini, tapi sekarang lupa sama sekali, dan masih banyak lagi.

Biji Karambol di Tata di Tumpuk
Biji Karambol di Tata di Tumpuk

Masuk ke pembahasan utama kita. Disini saya akan membahas cara bermain karambolku jaman dulu ala tempat kami tanpa kartu remi. Sebenarnya hampir sama cara bermain, pelanggaran, peraturan yang telah ditetapkan seperti artikel sebelumnya. Hanya saja berbeda dibagian penataan biji karambolnya. Jika diartikel sebelumnya penataan biji karambol dibuat melingkar dan tersebar berbentuk lingkaran dengan king dibagian tengah-tengah lingkaran, maka permainan karambol yang saya bahas ini ditata dengan cara ditumpuk dengan bagian king paling atas ditaruh ditengah-tengah dua tumpukan biji karambol tersebut. Penataan biji karambol bisa diurutkan dari angka 1 sampai 9 atau kebalikannya.

Tutorial : Cara Menukarkan Rp Higgs Domino dengan Pulsa

Nah, kalau di permainan karambol bahasan saya kali ini peraturannya sedikit berbeda. Jika pemain karambolnya 4, maka dibagilah tim untuk bisa memenangkan pertandingan (tim 1 dua pemain, tim 2 dua pemain juga). Terserah, bisa memilih sendiri atau hom pim pah. Terpenting terbentuklah 2 tim. Karena biji karambol kan ada 2 warna atau jenis (biasanya). Jadi 1 tim memasukkan biji karambol sesuai warna yang dipilih atau ditentukan. Seperti bermain catur itu ada 2 warna, hitam dan putih (biasanya). Namun kalau catur hanya untuk 2 orang saja pemainnya.

Biji Karambol
Biji Karambol

 

Cara Bermain Karambol Tanpa Kartu Remi ala Tempat Kami :

  1.  Masing-masing tim harus memasukkan 8 biji karambol yang dipilih atau ditentukan
  2. Tim yang sudah memasukkan kedelapan biji karambol setelah itu harus memburu king untuk dimasukkan
  3. Setelah king masuk, harus memburu dan memasukkan biji karambol terakhirnya apa. Disitulah kita mengetahui siapa pemenangnya. Jadi tim siapa yang cepat memasukkan biji karambolnya, dialah pemenangnya.

Tentu itu tidaklah mudah dilakukan atau dibayangkan (cuma dibayangkan yaa tidak jalan dong bang). Masing-masing pemain harus memiliki skil keakuratan menyentil yang bagus untuk memasukkan biji karambolnya ke lubang. Masing-masing pemain pasti memiliki skil dan keakuratan yang berbeda. Maka dari itu, siapa yang nub atau nob istilahnya jaman sekarang (maksudnya mungkin new, newbie yang artinya pemula) dia akan kena marah timnya karena ia berjuang mati-matian sendiri untuk bisa menang.

Mungkin kalian suka : Arti dan Makna di Balik Logo Blog TOMTOMID

Mengeluarkan Biji Karambol
Mengeluarkan Biji Karambol

Peraturan Bermain Karambol Tanpa Kartu Remi ala Tempat Kami :

  1. Harus mengeluarkan biji karambol terlebih dahulu dari lingkaran sebelum memasukkan biji karambol.
  2. Jika dalam beberapa putaran belum mengeluarkan biji karambol tapi sudah memasukkan biji karambol diluar lingkaran, maka itu dihitung hutang dan biji karambol kembali dimasukkan ke tengah lingkaran ditumpuk paling atas kembali.
  3. Yang memasukkan biji karambol menyentil lagi.
  4. Jika waktu mulai pertandingan belum mengeluarkan biji karambol tapi sekali sentilan masuk, maka itu tidak dihitung hutang, karena biji karambol masih berada didalam lingkaran. Jadi kalau dilogika maka dia menyentil mengeluarkan biji karambol dan memasukkan kedalam lubang sekaligus. Maka dia berhak menyentil lagi untuk menghargai skilnya yang luar biasa.

Mungkin hanya itu kali yaa bahasan saya pada artikel kali ini. Sudah agak lupa dengan permainan karambol yang model ini, karena sudah belasan tahun tidak main karambol lagi yang model ini, jadi samar-samar-samar ingatannya, yang ingat saja saya tulis. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan, orang lupa beneran. Hehehe Nanti jika saya ingat dengan permainan karambol ini detailnya seperti apa, artikel ini akan saya update atau edit jika ada kesalahan. Main karambol yuk sama saya, berani tidak? Yah, tidak berani, cemen kali. Wkwk

Semoga bermanfaat. Menghibur juga tidak yaa? Memberi informasi lah iya.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

No comments for "Bermain Karambolku Jaman Dulu"