Arti dan Makna di Balik Logo Blog TOMTOMID

Arti dan Makna di Balik Logo Blog TOMTOMID

Logo TOMTOMID 500x500
Logo TOMTOMID 500x500

TOMTOMID - Sejak berdirinya blog TOMTOMID sampai sekarang (6 bulanan), baru kali ini blog TOMTOMID menggunakan logo blog untuk menambah keprofesionalan sebagai seorang blogger (blogger pemula). Sebelumnya hanya menggunakan logo blog kosongan bawaan blogger (judul blog) untuk menuju ke halaman awal blog. Namun setelah saya pikir-pikir, sepertinya saya harus membuat logo blog, supaya blog saya lebih terlihat profesional. Walaupun belum seprofesional di bandingkan dengan senior blogger yang lain, yang sudah lama berkecimpung di dalamnya dan sudah menikmati hasilnya.

Sebelum saya memutuskan untuk membuat logo blog TOMTOMID ini, sebenarnya sudah lama saya memiliki niatan untuk belajar membuat logo blog sendiri. Sepertinya karena masukan komentar dalam event saya kemarin perihal edit mengedit gambar untuk artikel blog, karena gambar yang saya pakai terkesan kurang menarik (di lihat untuk pertama kali), yang mengakibatkan visitor blog ini sepi. Tidak sepi juga sih, tapi kurang rame, kurang banyak pengunjungnya.

Baca : Event. Review di Blog TOMTOMID Berhadiah

Mungkin karena malas atau skill saya yang pas-pasan dalam dunia editor terutama edit gambar atau foto menjadikan saya berfikir : "Yasudahlah. Terpenting artikel blog saya sudah di beri gambar dan di optimasi, serta tidak melanggar hak cipta". Jadi belum berusaha sudah pesimis terlebih dahulu, bahwa saya tidak bisa melakukkannya. Harusnya kan kita harus menanamkan nilai optimisme dalam diri kita kan yaa? Agar tetap semangat berjuang dalam melewati segala cobaan kehidupan.

 Logo Baru Semangat Baru

Dengan di buatnya logo baru untuk blog TOMTOMID ini, berharap supaya dapat membakar semangat saya untuk tetap mengembangkan blog, selalu menulis di blog untuk dipublikasikan, dengan menelurkan konten-konten yang berkualitas, bermanfaat serta tetap menjaga etika, nilai kesopanan, saling menghargai, serta tetap mematuhi peraturan yang berlaku. Baik dalam kehidupan bermasyarakat (sosial) atau dalam peraturan (kebijakan) Google.

Masing-masing logo memiliki arti dan makna tersendiri, kalian bisa kreasikan sendiri, yang sesuai dengan apa yang kalian buat. Jika kalian ingin melihat hasil dari logo TOMTOMID yang saya buat dalam beberapa ukuran, kalian bisa lihat dibawah ini :

Logo TOMTOMID 500x500 (versi asli)
Logo TOMTOMID 500x500 (versi asli)
 

Logo TOMTOMID 250x250
Logo TOMTOMID 250x250

Logo TOMTOMID 125x125
Logo TOMTOMID 125x125

Logo TOMTOMID 75x75
Logo TOMTOMID 75x75

Logo TOMTOMID 50x50
Logo TOMTOMID 50x50

Berikut ulasan singkat tentang Arti dan Makna di Balik Logo Blog TOMTOMID.

Baca : Teringat Mantan, Berdirilah Blog TOMTOMID

1. Pengambilan Warna Latar Belakang atau Background

Menyesuaikan template blog pada saat tidak dalam kondisi dark mode. Karena header dalam template yang saya pakai berwarna hitam dalam mode gelap ataupun mode terang. Saya hanya menyesuaikan saja dengan warna menu navigasi blog saya, supaya tetap terlihat dengan jelas dalam kedua mode tersebut.

2. Lingkaran dengan Warna Putihnya

Arti lingkaran : Isi konten blog TOMTOMID merangkul semua kalangan. Jika isi konten blog TOMTOMID belum memenuhi persyaratan yang ditujukan untuk semua kalangan, maka itu adalah menjadi harapan saya serta menjadi PR (Pekerjaan Rumah) saya untuk membuat konten yang bisa di baca dalam semua kalangan (anak-anak, muda, dewasa, serta orang tua).

Arti warna putih lingkaran : Harapan blog TOMTOMID ini memberikan konten artikel yang baik atau positif, seperti arti umum warna putih, yaitu bersih dan suci.

3. Arti Warna Huruf atau Karakter dalam Lingkaran

Pengambilan warna putih untuk huruf atau karakter sebenarnya penjelasannya sama seperti di atas (nomor 1), menyesuaikan template blog supaya tetap terlihat dalam dua mode (gelap atau terang).

Di dalam lingkaran terdapat huruf atau karakter TTID, dengan T keduanya terbalik 180 derajat. Kemarin sempat menjadi bahan perolok-olokan, karena berkesan 18+, horor bagi anak-anak dibawah umur, karena ada yang bilang dengan membalas story WhatsApp (SW) dengan balasan TI**D (sensor) setelah logo blog jadi, dan saya jadikan story WhatsApp (SW).

Walaupun sebenarnya pengartiannya tidak seperti itu. Arti yang sebenarnya adalah singkatan atau lebih tepatnya perpendekan dari kata TOMTOMID. Yang saya ambil huruf depannya saja dari kata TOMTOM. Hanya saja, kebetulan karakternya, kata dan saya dalam mengambil keputusan untuk logo blog saya berkesan horor. Memang sidikit ada niatan seperti itu dan kebetulan pas. Hehehe

4. Simbol Pena Bulu Burung yang di Masukkan Wadah

Merupakan sebuah tamparan bagi saya sebagai pemilik blog TOMTOMID untuk selalu belajar, belajar, dan belajar menulis serta memberikan manfaat kepada sesama dengan menyuguhkan konten-konten yang berkualitas. Saya memilih simbol itu karena zaman dahulu sebelum adanya alat tulis seperti sekarang ini, yang sudah banyak di jual di pasaran, masih memakai bulu burung atau sejenisnya salah satunya, yang dicelupkan ke tinta untuk mulai menulis, serta untuk mengganti titik di huruf "I" (i) kapital, supaya tidak di kira itu huruf "l" (L atau el) kecil bagi yang melihat atau membacanya.

5. Kata TOMTOMID

TOMTOMID merupakan judul blog ini. Sengaja saja taruh dibawah logo (lingkaran) untuk memperjelas bahwa logo ini milik blog TOMTOMID, hasil design atau karya dari blog TOMTOMID. Jadi, bagi siapapun yang menggunakan hasil karya saya (disebarluaskan atau di upload ulang untuk komersial), harap mencantumkan link blog TOMTOMID tempat kalian mendownload gambar atau logo! Url : https://tomtomid.blogspot.com/ sebagai bentuk menghargai konten kreatornya (kepada siapapun).

Baca : Ocehan Blog TOMTOMID Yang Diterima Google AdSense

Sedikit Permasalahan

Ada sedikit masalah dalam saya menggunakan logo blog saya dalam template tersebut. Yaitu masalah ukuran logo blog yang terlihat sangat kecil. Sudah saya akali dengan merubah ukuran atau pixel bagian header supaya terlihat lebih besar dan jelas, tapi tetap saja masih terlihat kecil dan tidak jelas (blur). Seperti sudah di setting oleh kreator template blognya, yaitu Mas Sugeng, sama dengan ikon media sosial di bagian pojok kanan atas, yang ukurannya sama seperti logo blog di bagian pojok kiri atas.

Mungkin saya salah dalam mengedit CSS dalam edit HTML blognya. Karena pusing duluan jika harus berhadapan dengan coding. Kalau bukan spesialisnya susah ternyata yaa? Kalau kita mau belajar pasti akan bisa, minimal tahu sedikit dalam dunia coding. Yasudahlah, biarkan seperti itu saja. Terpenting logo blog TOMTOMID sudah terpasang di blog, itu sudah membuat hati senang.

Itulah artikel tentang Arti dan Makna di Balik Logo Blog TOMTOMID. Semoga dapat kalian jadikan referensi untuk membuat logo blog kalian supaya terlihat lebih profesional bagi kalian yang blognya belum memiliki logo. Untuk cara pembuatan logo blog, dan cara resize atau merubah ukuran gambarnya, mungkin bisa saya buatkan artikel untuk postingan selanjutnya. Dengan logo blog baru harus menambahkan semangat baru untuk tetap menulis di blog dengan konten yang berkualitas dari artikel sebelumnya yang sudah dipublikasikan di blog kita.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

18 comments for "Arti dan Makna di Balik Logo Blog TOMTOMID"

  1. Setelah membaca artikel mas tom, saya jadi kepengen juga buat yang serupa, banyak yang bertanya memang tentang logo saya ini, kalau dilihat seperti logo di youtube atau dompet dhuafa sih, tapi sebenarnya bukan itu..

    Next time, saya akan mencobanya untuk tulis di blog diary saya hehe

    oia, betewe keren logonya mas, logo yang menggambarkan kalau memang suka nulis, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Rahmatullah. Selamat datang kembali diblog saya TOMTOMID mas.

      Kalau menurut saya sih seperti yang mas bilang diatas. Seperti logo YouTube dan kebanyakan warna hijau digunakan untuk donasi2 begitu. Hanya saja diedit sedikit dikasih segitiga kecil dibawahnya untuk membedakan mungkin.

      Saran saya untuk membuat logo itu harus benar-benar ada arti dan maknanya mas untuk sesuatu yang kita buat. Misalnya bikin toko apa ingin membuat logo untuk toko mas, harus mewakili dari apa yang ada dalam toko mas atau sejarahnya bagaimana untuk dijadikan ide mas.

      Silakan berkreasi mas. Tambah-tambah konten blog lumayan. Hehe tambah keyword uga untuk blog kita. Karena sering menyebutkan nama blog kita dalam artikel (menurut saya). 🤗🤗🤗

      Sebenarnya itu logo sangat simpel sekali mas. Terpenting untuk saya adalah masing-masing goresan didalam logo ada arti dan maknanya yang menggambarkan isi dalam blog saya TOMTOMID.

      Saya suka menulis sejak awal sungguh-sungguh ngeblog ngembangin blog TOMTOMID ini mas. Mulai konsisten membuat konten di blog TOMTOMID ini.

      Sebelumnya pernah ngeblog tapi masih asal-asalan. Ada banyak (ga banyak sih) beberapa blog yang saya bangun terbengkalai begitu saja. Bahkan ada yang terbuang sia-sia karena sudah membeli domain dan hosting. 😁😁😁

      Delete
  2. Maknanya keren bang, logonya juga... Saya juga jd kepikiran buat logo yang ala2 kayak gitu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih bang. Padahal sebenarnya cuma sekali jadi ga mikir lama harus gini design nya enggak, penting menggambarkan blog kita aja gitu.

      Silakan buat gan, yang lebih keren dari itu. Saya rasa logo blog saya TOMTOMID sangat sederhana sekali. Abang bisa kreasikan sendiri dari bisa memainkan warnanya, bentuk-bentuknya, dll. Saya itu menggunakan canva gan.

      Monggo, langsung bikin aja bang! Hehehe

      Delete
  3. Bisa memikirkan makna seperti itu. Keren mas
    Aku aja tak memikirkan sedalam itu, tapi logo bulu memang sangat cocok untuk seorang bloger. Aku juga pakai itu di blog penadiri karena awalan blognya adalah pena
    Hehehe
    Semangat nulis mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Ainur. Padahal itu kemarin bikinnya spontan mas. Bikin logo sekalian bikin arti dan maknanya. Setelah baca lagi saya uga bingung, kok kemarin bisa mikir sampe situ.

      Kemarin kalau logo jelek dalam segi design, arti dan maknanya, ada rencana mau bikin logo baru lagi. Padahal baru jadi. Namun setelah baca lagi arti dan maknanya kok sayang yaa lw sampai ganti logonya. Berharapnya 1 logo itu pertama dan terakhir. Lw memang mau bikin lagi, pengennya bikin baru untuk blog baru, tidak ganti.

      Oke mas, semangat ngeblog yuk. Jangan patah semangat. 🥰🥰🥰

      Delete
  4. Yang unik di dalam logo blog ini adalah ada gambar pena bulu dan botol tinta.
    Kalau saya pakai logo yang super sederhana ha..ha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo gan Tikno. Sepertinya baru pertama kali berkunjung ke blog saya yaa? Saya ucapkan selamat datang di blog saya TOMTOMID yang sangat sederhana ini gan.

      Itu cuma menggambarkan seorang blogger aja gan, yang kesehariannya menulis artikel. Btw, makasih gan, makasih udah menyempatkan mampir di mari.

      Logo yang super sederhana itu maksudnya yang agan buat PP itu? Seperti ball iPhone? Tidak apa-apa sederhana gan. Penting punya arti dan makna yang bagus mungkin dalam pembuatan logo agan.

      Good luck gan! 🤗🤗🤗

      Delete
    2. Iya baru pertama kali.
      Logo di blog saya hanya gambar lingkaran hitam (super sederhana).

      Delete
    3. Oke gan Tikno. Salam kenal dari saya yaa gan. Hehehe

      Wahh.. super simpel sekali yaa gan. 😁😁😁 Kalau boleh tahu arti dan maknanya apa tuh? Pasti ada dong?

      Delete
    4. Entahlah, cuma suka aja. Mungkin karena saya suka sesuatu yang minimalis dan simpel.

      Delete
    5. Tak apa gan. Penting hasil karya sendiri. Mungkin suatu saat akan ada keinginan yang kuat untuk membuat logo dengan arti dan maknanya yang mendalam.

      Semangat gan!

      Delete
  5. Keren logonya, filosofi nya juga bagus banget. Kelihatan kalau bang Joko ini benar2 niat buat ngeblog. Semoga menjadi blogger yang bermanfaat bagi orang lain ya.

    Kalau sudah ada logo ini, mau di pasang dimana ka? Gak di pake favicon ?
    Lucu juga soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih kak Yulia. Eh, kak apa dek yaa? Soalnya sering salah panggil saya. Wkwk Aamiin. 🤲🤲🤲 Mudah-mudahan kk uga jadi blogger yang bermanfaat pula bagi orang lain.

      Kemarin mau aku terapin full di blog kak. Udah aku upload di favicon, cuman kok munculnya masih favicon lama foto saya. Entah ada kesalahannya dimana kak. 😑😑😑

      Delete
  6. keren logonya tapi kenpa bukan element bulu ayam nya di jadikan huruf i aja. Cuman saran. selebihnya oke sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Fikal. Kemarin udah saya coba gan, kalau taruh tempat buat ganti huruf "i" itu kan bulunya agak condong ke kanan, jadi agak ada space gitu dan kelihatan gimana gitu malah. Kalau posisi tetap huruf "i" nya hilang, ada space juga. Jadi bulu nya aku jadiin titik "i" nya saja. Kurang lebih begitu gan. Mungkin nanti akan ada logo baru seperti logo2 brand yang keren dan simpel. Itu kemarin kepikiran, eksekusi langsung jadi gan. Untuk sekarang penting ada logo dulu, daripada kosong kan. Tapi kalau mau ganti juga itu arti dan maknanya sayang kali udah buat sedetail mungkin. Hehehe

      Delete
    2. ouh gtu yah. okelah, semangat ngeblog nya dan mari saling support :)

      Delete
    3. Oke mas, semangat. 💪💪💪 Siap2 mas, saling support. 😁😁😁

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

Regards,

TOMTOMID