4 Alasan Pentingnya Bersikap Terbuka Terhadap Pasangan

4 Alasan Pentingnya Bersikap Terbuka Terhadap Pasangan

Terbuka - TOMTOMID
Terbuka - TOMTOMID

TOMTOMID - Keza Felice - Salah satu penyebab hubungan berakhir di tengah jalan adalah sikap yang tidak mau terbuka terhadap pasangan. Adanya sikap saling tertutup dapat berpengaruh terhadap kepercayaan yang diberikan pasangan. Dan bisa jadi hal tersebut justru membuat pasanganmu merasa bahwa kamu tidak dapat bersikap jujur. Padahal, apa yang dia pikirkan belum tentu benar adanya. Oleh karenanya bersikap terbuka terhadap pasangan merupakan hal yang cukup penting untuk dilakukan, terlebih bila kalian sudah terikat dalam pernikahan.

Menjaga rumah tangga agar tetap aman dan terhindar dari berbagai permasalahan memang bukanlah hal yang gampang. Sekecil apa pun pasti ada saja permasalahan yang dapat mengguncang hidup seseorang, termasuk juga terhadapmu dan pasangan. Akan tetapi bila keseringan memendam permasalahan sendiri dan tidak mau mengkomunikasikan dengan pasanganmu hanya akan menjadikan hubungan kalian menjadi renggang. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan terlibat dengan pertengkaran besar.

Baca : 5 Alasan Pentingnya Menentukan Tujuan Hidup

4 Alasan Pentingnya Bersikap Terbuka Terhadap Pasangan

Tanda Terbuka - TOMTOMID
Tanda Terbuka - TOMTOMID

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa permasalahan yang dimiliki bisa segera terselesaikan tanpa melibatkan pasanganmu atau orang lain. Akan tetapi sebenarnya dalam menjalin hubungan tentu saja kamu harus bersikap terbuka dan saling percaya satu sama lain. Dengan begitulah pasanganmu akan lebih mudah memahamimu dan begitu juga yang akan terjadi sebaliknya. Kamu yang sudah berjanji akan selalu berbagi keluh kesah dan menerima dia apa adanya sebelum beranjak ke jenjang pernikahan harus bisa mengingat janji-janji tersebut.

Berikut beberapa alasan pentingnya bersikap terbuka dengan pasangan sendiri.

Baca : 4 Cara Menjadi Orang Optimis

1. Bisa Saling Memahami

Alasan pertama yang mengharuskanmu bersikap terbuka dengan pasangan yaitu agar kalian bisa lebih gampang memahami satu sama lain. pasanganmu akan tahu apa yang tengah kamu pikirkan dan rasakan, begitu pun sebaliknya. Kamu juga akan lebih bisa memahami bagaimana perasaannya dan tentu saja dia juga akan bersikap demikian terhadapmu. 

Menyampaikan perasaan atau keluhan yang dimiliki secara langsung akan menjadikan hubungan tetap terjaga dengan baik. Kalian akan terhindar dari kesalahpahaman dan tidak akan terjadi saling menunggu atau saling menyalahkan. Kalian bisa sama-sama belajar peka. Oleh karenanya biasakan bersikap terbuka dan tetap memberikan batasan wajar sehingga rumah tangga kalian bisa tetap harmonis.

Baca : Menjaga Komunikasi dalam Kehidupan Sosial Itu Penting

2. Memperkuat Hubungan

Bersikap terbuka dapat menjadikan hubungan kalian lebih kuat lagi. Mungkin sebelumnya kalian pernah saling marah, cepat bertengkar, atau sering berselih paham. Oleh karenanya kalian bisa memperbaikinya dengan belajar saling terbuka satu sama lain dan menyingkirkan ego untuk "hanya" ingin dimengerti.

Bersikap terbuka dengan pasangan sangat mudah, misalnya dengan berbagi cerita bagaimana keseharianmu di kantor, pekerjaanmu, atau membicarakan hobi serta agenda yang ingin dilakukan bersama. Apabila kalian bisa terbuka dan saling berbagi isi hati seperti ini, hubungan yang dimiliki pasti akan langgeng.

3. Meminimalisir Pertengkaran 

Dengan bersikap terbuka akan meminimalisir terjadinya pertengkaran di dalam hubungan yang dimiliki. Dengan saling terbuka dan memahami akan menjadikan komunikasi yang dibangun bisa berjalan dengan baik. Tidak akan ada tuduhan-tuduhan yang dapat mengakibatkan percekcokkan. Hal ini karena kalian bisa saling berbicara dari hati ke hati dan tidak menutup-nutupi apa pun yang dirasakan.

Baca : Sikap Orang Tua yang Membuat Anak Trauma

4. Menghindari Kesalahan Berkomunikasi 

Alasan pentingnya bersikap terbuka yang selanjutnya yaitu agar kalian bisa terhindar dari kesalahan berkomunikasi. Sebab biasanya adanya konflik dalam hubungan itu disebabkan oleh kurangnya sikap terbuka satu sama lain. Seringnya bungkam dan tidak mau berbicara hanya untuk memendam permasalahan sendirian biasanya akan menyebabkan kesalahpahaman. Alhasil, hubungan kalian akan menjadi berjarak. Oleh karenanya penting bagimu untuk berdiskusi dengan pasangan apa pun permasalahan yang dimiliki. Dengan beginilah hubungan kalian akan terhindar dari miss komunikasi.

Itulah beberapa alasan pentingnya bersikap terbuka terhadap pasangan. Jangan sampai ikatan suci yang kalian miliki tersakiti oleh kesalahan yang sepele. Menjaga akan lebih sulit daripada membangun. Oleh karenanya kamu harus menjaga sikap terbuka ini yaa!

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

6 comments for "4 Alasan Pentingnya Bersikap Terbuka Terhadap Pasangan"

  1. Bersikap terbuka, apalagi sambil buka-bukaan emang terbaik. Segala yg dipendam emang ga sehat, harus disalurkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mas Arif nih bisa aja buat istilah yang menjurus ke 2 pemikiran.

      1. Emang bener kita itu harus buka-bukaan perihal keluh kesah kita ke teman, sahabat, atau keluarga buat mencari titik terang permasalahan kita. Kalau dipendam emang ga sehat. Harus dikeluarkan biar lega dapat solusi. 🤣🤣🤣 Sudah menjurus saya aing. 🙈🙈🙈

      2. Yaa emang sengaja dibuat berfikir begituan mungkin bagi yang baca. Aku benci pikiranku. 😂😂😂🙈🙈🙈

      Makasih mas, udah mampir. 🥰🥰🥰

      Delete

  2. Bener banget tuh harus saling terbuka tak hanya pada pasangan tapi juga terbuka juga pada keluarga khususnya ibu begitu pula ibu juga harus terbuka pula pada anak . Intinya mah , harus saling mengisi harus saling menguatkan , dan tentu harus saling menggigatkan jika salah satu melakukan kesalahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Tari. Sebenarnya itu bisa uga bersifat umum (kepada siapapun). Apa yang kak Tari sampaikan emang benar begitu seperti yang saya rasakan. Umum yaa, bukan hanya ke satu pihak.

      Delete
  3. setujuhh banget kalau komunikasi adalah kunci yang baik dari sebuah hubungan
    baik cerita suka atau duka paling nggak kudu diomongin, biar semua tahu
    kalau ada masalah sama sama dicari solusinya bareng bareng juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. He'em kak Ainun. Daripada ngomongin dibelakang atau menggerutu sendiri kan lebih baik bilang sekalian baik-baik. Toh maksud kita baik, mencari solusi dari permasalahan, mudah-mudahan tanggapannya baik pula. Terkadang keberanian, sungkan yang menjadi beban.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

TOMTOMID - Personal Bloger Wonogiri