3 Alasan Pentingnya Menjaga Komunikasi dalam Kehidupan Sosial

3 Alasan Pentingnya Menjaga Komunikasi dalam Kehidupan Sosial 

Komunikasi - TOMTOMID
Komunikasi - TOMTOMID

TOMTOMID - Keza Felice - Komunikasi menjadi hal yang penting dan sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Biasanya hal tersebut dapat merujuk pada bagaimana setiap orang saling berinteraksi, berbagi pikiran dan pandangan dengan orang lain. Oleh karenanya, sangat penting bagi kita semua untuk menjaga komunikasi dalam kehidupan sosial. Dengan begitu apa yang akan kita ungkapkan dapat diterima dengan baik oleh orang lain yang ada dalam lingkungan sekitar.

Adanya pertikaian atau permusuhan dalam lingkungan yang kita tinggali biasanya dipicu oleh adanya miskomunikasi. Di mana komunikasi yang dibangun antar sesama masih kurang baik sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman. Proses komunikasi yang kurang baik memang sangat berpengaruh terhadap kehidupan seseorang. Hanya karena salah berbicara atau kesalahan dalam menelaah perkataan yang dilontarkan, kita bisa menjadi orang yang dianggap salah. Oleh sebab itulah kita perlu memahami bagaimana cara menjaga komunikasi dalam lingkungan agar tidak muncul permasalahan yang tidak diinginkan.

Baca : Bersikaplah Terbuka Terhadap Pasangan

3 Alasan Pentingnya Menjaga Komunikasi dalam Kehidupan Sosial

Melalui komunikasi seseorang bisa lebih mudah mengetahui peluang yang dapat dimanfaatkan. Selain itu juga akan membantu untuk menjauhkan diri dari berbagai hal yang mengancam kehidupan. Bahkan melalui komunikasi seseorang juga akan lebih gampang mengembangkan pengetahuan yang dimiliki, menerima sesuatu hal baru, atau menjalin hubungan baik antar sesama. Oleh sebab itulah, sebagai makhluk sosial kita sangat perlu menjaga komunikasi dengan baik.

Berikut beberapa alasan yang dapat kamu jadikan referensi mengapa menjaga komunikasi dalam kehidupan sosial seperti ini sangatlah penting.

Baca : Orang Tua, Jangan Buat Anak Kita Trauma

1. Komunikasi Diperlukan untuk Setiap Pekerjaan

Komunikasi jelas diperlukan untuk setiap pekerjaan. Bukan hanya berguna untuk menjadi penghubung antara satu orang dengan yang lainnya, komunikasi juga memiliki peran penting dalam sebuah perencanaan, informasi, maupun koordinasi. Tentunya kamu juga membutuhkan pekerjaan kan untuk mendapatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan hidup? Oleh karenanya, komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan untuk mencapai suatu tujuan yang telah kamu miliki dalam dunia kerja.

Apabila kamu dan rekan kerja atau atasan ternyata tidak mampu membangun komunikasi dengan baik, pastinya berbagai hal yang kamu lakukan pun akan tampak salah atau kurang tepat. Hal tersebutlah yang justru akan menghambat kesuksesanmu dan mengakibatkan kesalahpahaman. Karena itulah komunikasi yang efektif menjadi sesuatu yang turut bertanggung jawab untuk membantu setiap orang dalam mengubah hidupnya.

Baca : 5 Alasan Pentingnya Menentukan Tujuan Hidup

2. Pesan Akan Tersampaikan dengan Baik

Pentingnya komunikasi dalam kehidupan sosial memang jarang sekali disadari. Meskipun hal ini terkesan sepele, tetapi kenyataannya tanpa adanya komunikasi yang baik akan menyebabkan munculnya kesalahpahaman yang bahkan dapat menjerumuskan pada tindak pidana. Setiap perkataan yang diucapkan hendaknya memang berupa kalimat yang positif dan tidak megandung unsur dorongan untuk menghakimi, mencela, atau merendahkan, dan hal-hal negatif lainnya.

Komunikasi yang baik dapat membantu terwujudnya pertukaran pendapat dan pikiran dengan benar, sehingga tidak terjadi kebingungan antara satu sama lain. Apabila sebuah hal tidak dapat dikomunikasikan atau dibicarakan dengan baik, maka tak heran bila akhirnya orang lain sulit memahami. Dan bila hal tersebut dibiarkan maka dapat memunculkan suatu permasalahan. Sedangkan sebaliknya, jika kamu mampu melakukan komunikasi dan interaksi yang baik kepada orang lain, mereka akan lebih mudah menerima setiap yang kamu berikan dengan respon yang baik. Hal tersebut juga akan mendukungmu untuk memiliki banyak teman dalam lingkungan sekitar.

Baca : 4 Cara Menjadi Orang Optimis

3. Memperkuat Hubungan

Komunikasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk mempererat hubungan yang dimiliki. Hal tersebut meliputi antar keluarga, tetangga, rekan kerja, dan kehidupan sosial lainnya. Tanpa adanya interaksi dan komunikasi yang baik, segala hubungan yang kamu miliki akan terasa tidak bermakna. Bahkan dalam dunia kerja pun kamu akan merasakan dampak negatifnya, seperti tidak memiliki banyak teman, atau dicap kurang baik oleh atasan.

Meskipun kamu merupakan orang yang baik, tapi tanpa adanya komunikasi yang baik dan efektif, tentu saja orang lain akan menilaimu dengan pandangan yang buruk. Padahal jika kamu berhasil menjaga dan membangunnya dengan baik, setiap hal yang akan kamu lakukan pasti akan terasa lebih gampang. Termasuk ketika kamu sedang menjalankan wawancara kerja, ketika kumpul dalam sebuah kelompok tertentu, atau ketika mengikuti acara besar dalam lingkungan.

Sekarang kamu sudah mengerti kan bagaimana peranan penting menjaga komunikasi dalam kehidupan sosial? Meskipun terkesan sepele, tetapi beberapa hal tersebut tidak dapat disepelekan begitu saja. Kita semua memang perlu menjalin dan menjaga komunikasi dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman. Dengan begitu kita akan lebih mudah untuk berbaur dengan lingkungan, mendapatkan apa yang diinginkan dan lebih gampang mencapai kesuksesan yang diimpikan.

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

2 comments for "3 Alasan Pentingnya Menjaga Komunikasi dalam Kehidupan Sosial"

  1. penting banget sebuah komunikasi apalagi dalam dunia kerja, gimana komunikasi yang baik dengan atasan, dengan relasi, dengan temen kerja yang berkarakter berbeda-beda, semua ada aturannya menurutku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak Ainun. Harus bisa saling mengerti satu sama lain dan memahami karakteristik masing-masing pribadi. Jika ada yang tidak enak, mending dikomunikasikan ke yang bersangkutan untuk mencari titik terang yang aman dan nyaman. 🤗🤗🤗

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

Regards,

TOMTOMID