Poin-Poin Penting dari Event Kemarin

Poin-Poin Penting dari Event Kemarin

 

Poin-Poin Penting dari Event Kemarin
Poin-Poin Penting dari Event Kemarin

TOMTOMID - Kemarin saya baru saja menyelenggarakan event dan berhadiah kecil-kecilan. Tepatnya pada hari Kamis, 8 April 2021 pas dihari ulang tahun saya yang ke-25. Awalnya saya sangat takut membuat event tersebut. Takut gagal, tidak ada pesertanya, takut ada masalah, dan pikiran-pikiran negatif yang lain yang ada dalam otak saya yang sudah bercampur aduk seperti adonan. Namun akhirnya terjadi dan alhamdulillah lumayan meriah. Ada beberapa peserta dan setelah saya cek beliau-beliau adalah blogger senior saya. Wah, tentu suatu kebanggan tersendiri dong bagi saya. Blog baru kemarin sudah dikunjungi senior blogger.

Nah, event saya kemarin adalah tentang mereview blog TOMTOMID ini secara singkat via kolom komentar. Tujuan saya menentukan event mereview blog saya sendiri karena saya ingin tahu blog saya TOMTOMID ini kekurangannya dimana, kesalahannya dimana. Dengan harapan, dari kritik dan saran dari teman-teman blogger, blog pribadi yang saya garap ini bisa menjadi lebih baik, lebih baik, dan lebih baik lagi untuk kedepannya.

Jum'at, 16 April 2021 merupakan hari pengumuman pemenang event yang saya umumkan di dalam kolom komentar. Saya mengucapkan selamat kepada kak Rin sebagai pemenang event dan berhak atas hadiahnya, yaitu senilai dengan Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah). Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua teman-teman blogger yang sudah ikut berpartisipasi atau ikut memeriahkan event saya kemarin yang hadiahnya masih kecil-kecilan.

Baca : Teringat Mantan, Berdirilah Blog TOMTOMID

Dari event tersebut, saya sudah merangkum beberapa kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan dalam mengembangkan blog pribadi saya ini. Saya mendapatkan poin-poin penting yang harus saya perhatikan, yang harus saya lakukkan untuk memperbaiki blog ini. Langsung saja yuk, baca poin-poin penting yang saya dapat dari event kemarin yang saya adakan.

Tolong Dicatat
Tolong Dicatat

Poin-poin penting

  1. Mencari gambar yang bagus supaya lebih menarik
  2. Mengubah warna template atau tampilan
  3. Belum memiliki ciri khas
  4. Memperhatikan penulisan dalam setiap paragraf (jumlah baris)
  5. Sebagian pembahasan jarang dibahas bagi para blogger
  6. Penulisan jarang ada typo (kesalahan ketik)
  7. Saran penggunaan alternatif iklan (sudah saya terapkan atau ubah langsung)
  8. Mengubah atau menambahkan trademark (merk dagang) kreator template (sudah saya terapkan atau ubah langsung)
  9. Membuat blog duplikat dan di privat untuk mengubah warna template atau tampilan
  10. Rajin-rajin BW (blog walking)
  11. Rajin posting
  12. Mengutamakan membaca tulisan pemenang lomba atau challenge
  13. Mengoptimasi foto di postingan
  14. Menambahkan beberapa gambar dalam postingan (tidak hanya satu) 

Dari poin-poin diatas, yang belum saya lakukkan adalah poin nomor 1, 2, 3, 12. Alasan saya adalah cukup sederhana :

Tentang mencari gambar yang bagus supaya lebih menarik adalah salah satu poin yang menurut saya sulit saya lakukan walaupun hanya mencari beberapa biji saja. Saya malah tidak terlalu memikirkan akan hal ini. Terpenting sudah saya optimasi, sudah cukup bagi saya. Saya terlalu kagum kali sama blog sebelah yang gambar thumbnailnya keren-keren banget membuat saya minder duluan. Hehehe

Untuk menyiasati hal tersebut, saya tutupi kekurangan saya tersebut dengan konten artikel yang saya buat dengan matang, dengan sangat memperhatikan penulisan. Namun akan selalu saya coba perbaiki untuk mencari gambar yang bagus untuk thumbnail supaya menarik.

Bukankah video di YouTube bisa langsung boom viewers videonya jika thumbnailnya menarik? Seperti wanita yang semi terbuka pakaiannya atau menonjolkan bentuk tubuh yang padahal sebenarnya sudah menonjol. Aneh.

Kalau tentang warna template sepertinya saya tidak akan merubahnya. Karena pertama kali saya melihat template ini sudah sangat srek sekali dan aku tidak mau terpusingkan dengan tampilan seperti dulu lagi. Bermain koding itu memang asik, tapi kalau soal tampilan lebih asik lagi. Jadi pengen seperti ini, itu, akhirnya kebanyakan keinginan buat tampilan saja. Saya akan terfokus dahulu membuat konten. Soal tampilan mungkin nanti jika mau ternak blog sekalian kali yaa. Hehehe

Mengenai ciri khas saya tidak terlalu memikirkan. Terpenting saya rajin update postingan saja, lama-lama juga akan muncul sendiri ciri khas atau karakter saya. Seperti yang di bilang kak Rin pemenang event kemarin tuh.

Alasan saya belum membaca artikel pemenang lomba atau challenge adalah saya kesulitan menemukan situs sebagai pemenang lomba atau challenge tersebut. Dan butuh waktu buat mengitari dunia maya ini. Maka dari itu, saya lebih senang berkunjung ke blog yang kiranya menarik buat aku baca dan aku tinggalkan komentar disana. Karena dengan membaca tulisan yang aku sukai, beberapa kali konten tercipta dari situs yang aku suka kunjungi.

Komentar
Komentar


Nah, jika diatas saya sudah mendapatkan poin-poin penting dalam event kemarin, dibawah ini saya akan menuliskan saran yang diberikan secara singkat dari masing-masing peserta atau teman-teman blogger yang ikut memeriahkan event saya kemarin. Untuk review lengkapnya tentang blog TOMTOMID ini dari masing-masing teman-teman blogger, kalian bisa cek langsung di kolom komentar artikel event kemarin! Atau kalian bisa :

 
Daftar peserta urut berdasarkan komentar dan saran singkatnya : 

1. No wae

  • Lebih ke bercerita tentang masa lalu kita sering ngumpul di MWB (MyWapBlog) (bernostalgia)

2. Lia Peri Kecil

  • Foto kurang menarik

Dari awal saran yang ini saya yakin pasti ada kak. Hehehe Karena saya susah cari gambarnya yang sesuai, apa lagi bebas copyright. Makanya aku kasih gambar seadanya, supaya tidak no image jika tidak ada gambarnya. Sebenarnya hanya sedikit pemanis saja sih awalnya, tapi setelah tahu ternyata penting juga.

3. Pak Anton Ardyanto (pemilik Kafe MM)

  • Mengubah warna tampilan atau template
  • Belum menemukan ciri khas

Ini juga saya yakin pasti ada. Untuk sekarang baru dalam proses pemburuan ciri khas pak Anton. Hehehe

4. Enda Tari

  • Lebih condong ke bercerita atau curhat. Terimakasih sudah ikut memeriahkan kak.

5. Bintun Nahl

  • Lebih ke berkenalan dan bercerita. Salam kenal kak Bintun, terimakasih sudah mampir.

6. Thessa R

  • Kurang memiliki ciri khas atau "trademark" (kata kak Thessa)

Sedikit ada miss komunikasi soal saya mengartikan kata "trademark" dengan kak Thessa. Kak Thessa mengartikan "trademark" sebagai ciri khas, tapi setelah saya buka google translate, ciri khas itu "characteristic" persamaan katanya. Semuanya saya google translate dulu, soalnya saya tidak tahu artinya. Hahaha

7. Prima

  •  Membatasi jumlah baris dalam 1 paragraf

Ini akan saya perhatikan sekali kak Prima, soalnya saya coba baca sendiri via PC atau ponsel memang terkesan tebal sekali dan bacanya juga bikin mood hilang.

Baca : Penat. Hal Yang Membuat Saya Penat dan Cara Mengatasinya

8. Dindin

  • Lebih ke penilaian singkat secara keseluruhan
  • Mengubah warna tampilan atau template

9. Zae Abjal

  • Pembahasan yang jarang di bahas para blogger.

Mungkin ini bisa saya buatkan lagi artikelnya mas, soalnya saya targetnya keyword yang masih sedikit. Kalau sudah banyak yang bahas kan otomatis keyword semakin banyak pula, bersaingnya juga susah, karena biasanya keyword sudah dikuasai oleh blog-blog besar.

  • Penulisan jarang ada typo 
  • Menyarankan supaya tidak memakai pengiklan ylliX

10. Rin

  • Memperhatikan penyantuman copyright
  • Menghargai karya kreator template, minimal dengan mencantumkan link (blog) yang menuju ke kreator
  • Membuat blog duplikat untuk belajar mengubah warna template atau tampilan
  • Rajin BW (blog walking)
  • Rajin posting
  • Mengutamakan membaca tulisan pemenang lomba atau challenge

11. Ulfah Aulia

  • Foto kurang menarik 
  • Menambahkan beberapa foto dalam postingan (tidak hanya satu)

Ngomong-ngomong, soal BW (blog walking) atau balasan komentar saya yang panjang dan diceritakan, mungkin bisa saya jadikan salah satu nominasi dalam mencari ciri khas saya di luar rumah maya saya kak Ulfah.

12. Ainun

  • Pemilihan template simple atau minimalis
  • Mengubah warna template atau tampilan

13. Annisa Rizki Sakih

  • Belum menemukan ciri khas
  • Mengubah warna template atau tampilan

Supel, kata kak Annisa. Mungkin dari komentar kak Annisa yang katanya saya supel bisa saya jadikan salah satu ciri khas saya diluar rumah maya saya kak. Udah dua nominasi nih yang saya dapat.

Itulah sedikit artikel tentang poin-poin penting yang saya dapat dari event saya kemarin. Somoga dapat menjadikan pembenahan dalam saya mengembangkan blog ini dan menjadi pengetahuan bagi kita semua.

Terimakasih semuanya.

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

12 comments for "Poin-Poin Penting dari Event Kemarin"

  1. Ihh kok aku nggak ikutan.. wkwkwk
    Ini kali pertama aku komen disini?? Apa dlu udh pernah ya?? Heheh. 😅 well, kita ulangi lagi saja..

    Salam Kenal Mas Joko.. nami kulo Bayu.. hehe 😁

    Btw selamat buat Mba Rin yang sudah menang..

    Oh iya,, kalau saya cari gambar dlu kebanyakan dari pixabay,com.. disana banyak banget gambar bagus yg free use no attribution required... monggo bisa di coba Mas Joko.. heheh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah, mas Bayu ketinggalan informasi yaa? Padahal udah aku share loh mas hehehe

      Dulu udah pernah mas Bay, aku inget sekali doang, tapi agak lama dikit lupa uga saya.

      Oke mas Bay alias angin wkwk nami kulo Joko hahah Tom aja mas Bay, agak gimana gitu soalnya.

      Itu saya semua uga dari sana sana mas. Tapi kurang menemukan yang pas, yang sesuai dengan isi konten saya.

      Keyword nya mungkin salah kali yaa mas? Hehehe

      Delete
    2. Iyah udah share ya padahal di forum.. hehe. Aku nggk ngeh ternyata.

      Ouhhh mungkin juga yah.. ada mngkin settingan bahasa di pixabaynya masih bahasa inggris?? Coba di ganti 'id' biasanya pilihannya banyak..

      Atau bisa juga di unsplash,com Mas Tom.. hehe.

      Delete
    3. Wkwk iya tuh mas, males saya harus translate dulu apa yang aku cari baru ke pixabay. Ga akan ketemu lw search nya ID. Emang bisa diganti ID mas? Aku cari2 ga ada kayaknya? 🙄🙄🙄

      Wahh.. ini nih, referensi baru situsnya. Siap mas, ntar aku coba deh disana. Makasih infonya mas Bay.

      Delete
    4. Bisa kok.. pas buka pixabay,com. Nah bisa buka menu dipojok kanan atas terus pilih language deh Mas Tom. 😁 nah ganti Indonesia deh.. nnti pencariannya bisa pke bahasa Indonesia juga. Hehe

      Delete
    5. Boleh nih mas. Baru tau saya. Kelihatan banget amatiran nih mas saya. 😬😬😬

      Makasih infonya mas Bay! 😁😁😁

      Delete
  2. Saya setuju mas soal gambar ditiap postingan artikel. Awalnya saya pun berfikiran tidak ingin menampikan gambar dengan alasan takut ada masalah dengan copyright, tapi setelah saya fikirkan kembali itu tidak jadi masalah selama saya mencantumkan url sumber gambarnya (mungkin tidak bermasalah :p), karena setelah saya BW ke beberapa blog lainnya, ada beberapa blog yang membuat saya tertarik dan ingin mambaca artikelnya hanya karena melihat gambar postingannya seolah mewakili dari judul dan isi artikel.

    itu sih menurut saya ya mas Tom, Hehhehe

    dan saya pun sedang mencoba menerapkan hal tersebut di blog saya. Hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Alif.

      Itu dia mas was2 saya soal gambar. Tapi lw misalnya kita pasang gambar bercopyright, sebagai tanda kita menghargainya kan itu mas, nyantumin url aslinya. Jadi kita seperti backlink gitu. Penting tulis sumber aslinya aja, link mati saya rasa tak masalah. Tapi lw pixabay katanya gratis no copyright mas, kecuali yang berbayar.

      Bener banget. YT pun begitu mas. Thumbnail oke, apalagi sesuai dengan isi itu mantap banget. Tapi susah cari yang pasnya.

      Saya uga nih mas, baru sedikit demi sedikit menerapkan ini, sama 1 postingan lebih dari 1 gambar.

      Semangat terus ngeblognya mas, makasih udah mampir.

      Delete
  3. Halo, Mas Tom, mau usul aja nih sebenernya, ada beberapa website penyedia gambar bebas copyright gratis yang kebetulan saya pakai juga (istilahnya "stock photo"), contohnya Pexels, Unsplash, dan Pixabay. Kalau pakai gambar-gambar dari sini kualitasnya bagus + bebas watermark, Mas Tom. Koleksinya juga banyak, lo. Lumayanlah biar blog makin cakep. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Ristra.

      Ini mau edit gambar biar cakep tapi belum ada waktu kak. Saya sih pakenya pixabay kak. Memang sih gambar nya kurang menarik untuk dilihat, tapi seenggaknya ada kaitannya terlebih dahulu lah sama isinya, ntar lw ada waktu edit lagi. Tapi lw udah kebanyakan artikel nanti bikin malas ngedit kak. Huhuhu

      Saya kok paling susah deh otak-atik gambar. Padahal cuma optimasi sebentar loh kak, tapi masih gitu-gitu aja.

      Delete
  4. yess dari komen temen temen juga bisa jadi masukan ya kak. kalaupun ada hal hal yang nggak memungkinkan buat diubah atau ditampilkan dengan penambahan widget misalnya, nggak apa apa. karena kak tom yang lebih sreg dan yang pegang kendali dari blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget kak Ainun. Ga mungkin semua masukan saya terapkan di blog saya. Karena saya punya selera dan pertimbangan tersendiri sebagai pemegang kendali. Hehehe

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

TOMTOMID - Personal Bloger Wonogiri