Apa Itu IDN App?

Apa Itu IDN App?

IDN App
IDN App


TOMTOMID - IDN App merupakan aplikasi baca berita yang ringan, simpel, bagus dan konten berita terlengkap yang ditawarkan oleh IDN Media, sebuah perusahaan media yang didirikan pada 8 Juni 2014 berbasis teknologi. Perusahaan ini didirikan di kota Surabaya oleh 2 orang penting, yaitu Winston Utomo dan William Utomo. Platform media berbasis teknologi ini menyuguhkan konten untuk berbagai kalangan masyarakat, terlebih anak generasi muda masa kini atau milenial dan generasi atau gen Z, yang kini mereka berusia antara 8 sampai 23 tahun yang mendominasi jumlah penduduk Indonesia di tahun 2020.

Menyusul masa kejayaan IDN Media yang sudah sangat dikenal masyarakat dengan situs portal beritanya, karena jumlah pembaca yang mencapai 50 juta per bulan dan sudah memiliki komunitas penulis yang lebih dari 1 juta di seluruh Indonesia, IDN Media telah resmi meluncurkan IDN App. Kita sudah bisa mengunduh aplikasinya di Google Play Store dan App Store. Peluncuran aplikasi IDN App ini diumumkan pada Selasa, 16 Juni 2020.

Meski terbilang baru belum genap 1 tahun, tepatnya 10 bulan setelah peluncuran aplikasi IDN App, IDN Media seakan-akan tahu betul peluang bisnis dengan melihat bacaan berita apa yang cocok untuk disuguhkan kepada masyarakat atau yang sedang dibutuhkan masyarakat, terlebih bagi generasi muda milenial.

IDN Media mampu mendobrak pintu kesuksesannya hanya dalam waktu yang singkat dengan memberikan konten bacaan yang menarik bagi pembacanya lewat aplikasi IDN App yang telah dirilisnya tersebut. Informasi yang diberikan juga sangat beraneka ragam, mulai dari berita yang lagi viral, berita politik, berita olahraga, berita Indonesia, quiz kpop, dan lain-lain.

Review IDN App Versi Terbaru

1. Menu Home

Menu Home IDN App
Menu Home IDN App

Tampilan awal yang sederhana dan minimalis dengan sistem scrool dan menggunakan filter update berita terbaru, membuat pembaca sangat nyaman dengan menggunakan mode satu tangan. Disamping menggunakan filter update berita terbaru, IDN App juga menggunakan filter berita tranding. Yang artinya pembaca bisa dengan mudah membaca berita yang sedang tranding (paling banyak dilihat atau dibaca).

Jika kalian memiliki pertanyaan tentang suatu hal atau persoalan, IDN App menyediakan fitur tanya jawab. Dengan fitur ini, pengguna (member) aplikasi IDN App, dapat bertanya kepada sesama pengguna (member) aplikasi IDN App secara publik.

Algoritmanya, kita seperti bermain media sosial Facebook atau Twitter. Kalian bisa bertanya, memberikan komentar / tanggapan / jawaban, like, dislike, share, dan melaporkan jika pengguna (member) aplikasi IDN App membuat pertanyaan yang melanggar undang-undang atau hukum.

Namun, sebelum kalian menggunakan fitur tanya jawab tersebut, kalian harus masuk terlebih dahulu ke akun kalian. Kalian bisa masuk dengan mudah, dengan sekali klik menggunakan :

  1. Akun Facebook
  2. Akun Google
  3. Masuk dengan E-mail

Jika kalian belum memiliki akun, kalian bisa daftar terlebih dahulu dan verifikasi akun kalian dengan nomor telepon.

Nah, yang disukai bagi para pembaca berita adalah iklan yang tampil tidak mengganggu pembaca dalam membaca konten artikel berita. Karena iklan yang ditampilkan sangatlah sedikit dan samar dengan konten artikelnya. Sehingga mungkin kalian tidak sadar kalau yang sedang kalian lihat atau baca adalah merupakan iklan.

Berbeda dengan aplikasi baca berita lainnya, yang terkadang iklan terlalu sering muncul dengan sangat jelas, penempatan iklannya yang kurang diperhatikan, sehingga mengganggu konsentrasi pembaca yang sedang asik membaca.

2. Menu Explore

Menu Explore IDN App
Menu Explore IDN App

Di menu explore, kalian akan disuguhkan dengan tampilan yang simpel pula. Dengan kolom pencarian untuk mempermudah kita mencari berita apa saja di IDN App, berbagai promo yang menarik, dan kalian bisa mengatur topik bacaan kalian sendiri yang kalian sukai. Sehingga kalian tidak perlu repot-repot mengetik di pencarian untuk menemukan bacaan yang kalian sukai. Hanya dalam sekali klik topik bacaan yang kalian sukai akan muncul semua.

Disana juga ada banyak topik lainnya yang mungkin kalian tertarik untuk menjelajahi dan membaca topik lainnya. Dengan 42 topik lainnya menjadikan IDN App ini aplikasi baca berita terlengkap yang sangat saya rekomendasikan untuk kalian semua.

3. Menu + (Tambah)

Menu + (Tambah) IDN App
Menu + (Tambah) IDN App
 

Di menu ini kalian bisa menambahkan pertanyaan (tanya jawab) atau menulis artikel. Disamping kita mendapatkan informasi berita terupdate, ilmu pengetahuan, dan wawasan yang luas dengan membaca berita di IDN App ini, kalian juga bisa sambil belajar menulis konten artikel.

Yang menarik dari fitur menulis artikel adalah kalian bisa mendapatkan imbalan atas kerja keras kalian membuat artikel jika artikel kalian dapat tayang. Imbalan tersebut berupa IDN Point yang harus kalian kumpulkan sampai jumlah tertentu dan dapat kalian tukarkan dengan uang tunai.

Jika konten artikel kalian bisa tayang kan lumayan, buat penghasilan tambahan uang jajan kalian atau membeli paketan. Tentu ini merupakan kesempatan yang sangat menjanjikan bagi siapapun. Saya rasa anak milenial zaman sekarang, semua bisa melakukannya. Jadi tidak harus lagi minta uang saku kepada orang tua, karena sudah mampu mendapatkan penghasilan dari hasil kerjanya sendiri membuat konten artikel. Yaa walaupun hasilnya belum seberapa.

4. Menu Notification

Menu ini adalah menu untuk menampilkan pemberitahuan. Seperti :

  1. Pemberitahuan pertanyaan kalian mendapatkan jawaban dari seseorang
  2. Pemberitahuan pertanyaan kalian mendapatkan UP Vote dari seseorang
  3. Pemberitahuan bahwa seseorang telah memfollow kalian, dan lain-lain pemberitahuan yang serupa.

5. Menu Profile

Menu Profile IDN App
Menu Profile IDN App

Menu profil merupakan laman khusus untuk menyimpan semua data profil kalian (data member IDN App). Disana akan ada banyak fitur-fitur member yang akan kalian temukan. Antara lain : mengetahui berapa following dan followers kalian, mengetahui ranking kalian di IDN App, total viewes artikel kalian yang sudah tayang, pertanyaan yang pernah kalian buat, jawaban yang pernah kalian buat, dan lain-lain.

Khusus bagi kalian yang sedang belajar menulis konten artikel yang akan disetorkan ke IDN App atau yang sudah pro sekalipun, maka ada fitur khusus panduan menulis. Disana kalian dapat belajar step by step menulis konten artikel supaya dapat dengan mudah diterima dan tayang di IDN App.

Jika kalian memilik jumlah IDN point yang cukup untuk ditukarkan dengan uang tunai, maka kalian dapat melakukan redeem di menu profil ini. Kalian juga bisa cek histori point kalian.

Kalian juga bisa melengkapi atau mengatur data diri kalian dengan mengeklik ikon bergerigi atau pengaturan di pojok kanan atas menu profil. Jika kalian sudah member IDN App, kalian juga akan memiliki kode QR sebagai identitas masing-masing para member IDN App yang dapat kalian temukan di sebelah ikon bergerigi.

Kalian juga dapat memilih mengaktifkan fitur dark mode bagi yang suka baca berita dengan gelap-gelapan. Menurut penelitian, fitur dark mode dapat mengurangi kelelahan mata dalam menatap layar ponsel yang cukup lama, membuat sistem kerja otak lebih baik, dan yang terpenting adalah mengurangi paparan radiasi cahaya biru yang masuk ke mata kita. Jadi lebih aman buat mata kita, jika kita mau baca berita yang cukup lama.

Alasan yang lain fitur dark mode lebih di rekomendasikan adalah karena dapat menghemat baterai ponsel kita, lebih enak dan nyaman digunakan, tulisan lebih mudah untuk dibaca. Wah, ternyata banyak sekali manfaatnya yaa fitur dark mode.

Selain aplikasi IDN App yang mempunyai fitur dark mode, blog kecil TOMTOMID ini juga sudah mempunyai fitur tersebut loh. Jadi jika kalian membaca artikel saya yang cukup panjang ini tetap aman buat mata kita. Cukup keren bukan?

Bagaimana IDN App Membantumu Dalam Menentukan dan Berbagi Informasi?

Tentu saja dengan diluncurkannya aplikasi berita IDN App ini, sudah sangat pas dengan cita-cita IDN App yang ingin menjadikan aplikasi ini lebih dari aplikasi berita biasa, tetapi juga menjadikan IDN App sebuah platform berbagi informasi, pengetahuan, dan wawasan untuk generasi anak muda milenial.

Kualitas Konten di IDN App

Masalah konten di aplikasi IDN App sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Kebanyakan konten artikel yang pernah saya baca, isi dari konten artikelnya kisaran 300 sampai dengan 750 kata. Mungkin ada beberapa konten artikel disana yang lebih dari itu dan cukup panjang untuk dibaca. Namun dengan kisaran kata yang standart tersebut, IDN App tetap menjaga kualitas karya tulisan dengan melakukkan peninjauan yang sangat ketat terlebih dahulu sebelum dapat tayang secara publik.

Sebagai contoh saja, IDN App sangat memperhatikan penulisan konten artikel berita dengan menerapkan pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar, memperhatikan penggunaan tanda baca, huruf kapital, judul, sub judul, gambar beserta optimasinya, penebalan kata atau kalimat, membuat kata atau kalimat miring, membuat kata atau kalimat bergaris bawah, daftar bernomor, daftar berbutir, kutip teks, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesimpulan

  1. Tampilan sederhana dan simpel (tidak membingungkan), rapi, bersih, mulus, enak di pandang, nyaman pada saat membaca, jelas (tulisan, fitur)
  2.  Sangat nyaman digunakan untuk membaca dengan mode satu tangan
  3. Iklan tidak menganggu
  4. Topik berita terlengkap dan bervariasi
  5. Dimudahkan untuk sharing dengan fitur tanya jawab
  6. Alternatif mendapatkan uang secara online
  7. Pemberitahuan yang akurat (tepat waktu)
  8. Dipermudah cek semuanya (following dan followers, IDN Point, history point, pertanyaan yang dibuat, jawaban yang dibuat, bookmark, terakhir dibaca, draft, artikel terbit, artikel revisi, artikel dimoderasi, artikel ditolak, dan panduan penulis) dengan menu profil
  9.  Fitur dark mode membuat tampilan makin kece
  10. Kualitas konten tidak diragukan lagi, penulisan yang sangat baik menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, kualitas gambar bagus, bersih, bening, mulus (tidak blur), optimasi gambar oke (sesuai dengan isi)
  11. Isi berita singkat, padat, dan jelas (tidak bertele-tele)
  12. Isi berita menggunakan bahasa yang ringan
  13.  Fitur-fitur simpel dan pas (sesuai dengan kebutuhan)
  14. Kecepatan memuat sangat bagus (cepat)

Nah, bagi kalian anak muda milenial, bapak-bapak, ibu-ibu, kakek, nenek yang sedang mencari aplikasi baca berita yang simpel, bagus, tentu saja berkualitas via online dengan hanya menggunakan ponsel saja, kalian wajib memiliki aplikasi IDN App yang dapat kalian unduh di Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna IOS), gratis tis.

Cukup download menggunakan koneksi internet kalian, ukuran aplikasinya hanya 13 MBan. Wahh.. sangat kecil sekali, pasti sangat wuss anti lelet, tidak membuat orang emosi dengan loading yang berat dan lama seperti aplikasi baca berita yang lain. Apalagi pada saat bulan puasa, tingkat kesabaran kita benar-benar sangat diuji.

Bagi yang mau ngabuburit tapi tidak bisa, karena sedang pandemi dan anjuran pemerintah masih sama tetap dirumah saja demi memutus rantai penyebaran virus covid-19, mending ngabuburitnya dirumah saja sambil baca berita di IDN App.

Yuk, download sekarang dan mulai baca. Jangan lupa kasih bintang 5 dan ulasan positifnya seperti saya :

Bintang 5 dan Ulasan Positif Aplikasi Baca Berita IDN App
Bintang 5 dan Ulasan Positif Aplikasi Baca Berita IDN App


Selamat membaca.

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

18 comments for "Apa Itu IDN App?"

  1. Replies
    1. Halo mas Rezky.

      Iya mas, itu konten lomba blog mas. Lw mau ikut uga silakan mas. 3 hari 3 malam itu bikinnya saya. Haduh....

      Delete
  2. Wah jika diperhatikan selain bisa membaca berita dan berbagi informasi aplikasi IDN juga bisa menghasilkan cuan ya hehe. Saya sudah download aplikasi ini tapi baru sadar kalau ternyata aplikasi ini bisa menghasilkan uang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Pri. Dan itu sangat memotivasi sekali bagi para Blogger buat semangat nulis. Yaa entah itu karya tulisannya mau di setor di sana, di blog nya, terserah pemiliknya.

      Delete
    2. Wah mantap jni. Terima kasih informasinya mas.

      Delete
    3. Makasih mas! Monggo di coba lw berkenan. Hehehe 😁😁😁

      Delete
    4. Monggo mas Pri! Semoga berhasil mendapatkan cuan. 👍👍👍

      Semangat mas!

      Delete
  3. Saya sebagai kontributor lama di IDN Times cukup puas sih dengan tampilan baru aplikasi ini. Terlebih di fitur khusus penulis. Jauh lebih gampang dari versi lama yang ribetnya minta ampun haha.
    Sedikit kekurangannya sih, redeem point IDN Times agak berat. Apalagi penulisnya makin banyak dan makin kompetitif, sulit banget pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah setor tulisan disana mas NIR?

      Iya mas, buat nulis nyaman, enak tapi yang ga enak saingannya berat-berat, saya baca beberapa artikel tuh waw semua, seperti sudah pro semua n sudah menjadi makanan mereka sehari-hari. Kadang heran uga, cuma kasih tips apa sedikit, artikel nya cuma sedikit, sama dikasih gambar bisa lolos moderasi.

      Sama sih mas.

      Delete
    2. Pernah, sering malah. Udah 20 artikel lebih. Cari aja Nandar IR di google, pasti ada akun IDN saya. Tapi sekarang saya lagi rehat dulu nulis di sana, pengen fokus ngembangin blog sendiri.

      Nah, itu dia. Terus mas harus tau kalau kontributornya itu banyak banget sekarang. Jadi tulisan kita itu sekarang gampang tenggelam karena terdepak tulisan baru. Dulumah masih agak sepi, masih bisa lah dapet 10rb views pertulisan. Sekarangmah harus menarik banget, kalau bisa ngebahas tentang K-POP. Pasti rame kpopers baca. Kalau pengen banyak cuan di sana, coba tulis tentang kpop, auto banyak tuh views. Kalau sayamah gak tertarik, bukan ranahnya.

      Delete
    3. Ga tertarik saya mas lw K-Pop. Opa2an ga tau. Sama sekali saya ga tau n ga mau tau. Aku jalanin aja yang aku suka mas, ga terlalu realistis. Lw realistis nya kurang memberikan manfaat.

      Aku uga baru ngembangin blog ku ini mas. Mas NIR udah punya pengalaman banyak via IDN dll, lha saya baru kemarin. Hampir tiap saat kesalahan yang saya lakukan. Hmm

      Sabar Tom, ini ujian, sabar Tom, ini cobaan!

      Delete
  4. Replies
    1. Aamiin. Doa'kan Tom jadi salah satu pemenang nya kak Nisa! Lw bisa jadi juara pertamanya.

      Good luck uga buat kak Nisa. Semangat terus ngeblog nya.

      Delete
  5. Baru tau, terimakasih untuk info nya Mas☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Warkasa.

      Oke, siap mas. Bisa tuh ditambahkan disana infonya. Hehehe

      Makasih udah mampir. 😁😁😁

      Delete
  6. IDN app, saya sudah pernah lihat hampir tiap hari namun kalau untuk menggunakannya sih belum pernah soalnya itu situs - situs berita. oh ya, maaf ya tadi chat emailnya kebablasan sampai berapa tadi ? 18 chat email.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah jarang liat kak, soalnya ga suka sebenarnya sama berita berita gitu kecuali apa yang aku butuhkan aku cari di google.

      Gpp kak, biar banyak sekalian wkwk

      Santai aja.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

TOMTOMID - Personal Bloger Wonogiri