Review Blog Kafe MM - Penerus MWB (MyWapBlog)

Review Blog Kafe MM - Penerus MWB (MyWapBlog)

Review Blog Kafe MM - Penerus MWB (MyWapBlog)
Kafe MM

TOMTOMID - Kafe MM. Akhir-akhir ini banyak blogger khususnya yang berbondong-bondong untuk nongkrong di Kafe MM. Walaupun hanya sekedar, membaca komentar, membalas komentar, sekedar sharing banyak hal, membuat Kafe MM ini selalu rame pengunjung. Kafe MM didirikan oleh Anton Ardyanto yang sudah sangat berpengalaman pasti. Jika tidak berpengalaman, tidak mungkin berdiri blog semacam ini dengan banyak fitur-fiturnya yang sudah difikirkan dengan sangat matang untuk mewadahi atau perkumpulan banyak blogger, lebih tepatnya sih tempat nongkrong para blogger. Dan fitur-fitur tersebut sudah ditata amat rapi tentunya SEO Friendly.

"Bang, diatas kan nama tempat nongkrong para blogger namanya Kafe MM, lalu apa sih kepanjangan dari MM nya itu?" Penasaran deh.

Saya rasa MM merupakan singkatan dari Maniak Menulis yang diambil dari nama domainnya. Karena saya belum pernah menanyakan langsung ke pak Anton tentang pertanyaan sedetail ini, mungkin nanti pemilik Kafe MM (pak Anton) bisa menjelaskan secara gamblang setelah tulisan ini diterbitkan, kenapa mengambil nama tersebut dan MM itu kepanjangannya apa pasti ada alasan tersendiri yang belum banyak orang / blogger yang tahu.

Yak, itu tadi sedikit ulasan tentang Kafe MM, lanjut kita akan bahas fitur-fiturnya. Ada fitur apa saja sih yang membuat para blogger banyak yang nongkrong disini? Check this out.

Baca : Layanan Hosting IDwebhost

Ada 11 fitur yang diberikan oleh Kafe MM kepada usernya.

1. Pengumuman

Ruangan ini hanya khusus admin. Hanya admin yang bisa masuk dan bersuara (berkomentar) di ruangan ini. Ini merupakan ruangan khusus buat direktur, HRD, dan staf nya. Karyawan seperti kita hanya bisa melihat-lihat (membaca) saja. Pengumuman penting dari admin akan dipublikasikan disini. Sampai saat ini baru ada 2 moderator loh. Yaitu @peri-kecil-lia yang bertugas di Ruang Gaoel dan Bilik Pustaka dan @adynura yang bertugas di Bilik Motret. Sangat memungkinkan untuk nambah moderator lagi, tutur pak direktur Anton.

Nah, bagi blogger yang sudah pro bisa langsung naik pangkat tuh kalau pak Anton cari moderator lagi buat bantu ngurus Kafe MM nya. Saya yakin, dimasa mendatang akan ada moderator yang akan diangkat oleh pak Anton karena saking ramenya pengunjung dan dengan 2 moderator saja pasti keteteran ngurus Kafe MM nya. Ditunggu aja deh, pengumuman kabar baiknya.

2. Teras MM

Ruangan perkenalan diri, tentu saja beserta alamat rumahnya yaa (blog) sekaligus untuk menyimpan data karyawan Kafe MM. Buat tread kalian disini untuk memperkenalkan diri kalian, supaya karyawan Kafe MM satu dengan yang lainnya saling kenal, akrab, dan bisa bekerjasama.

3. Ruang Intip

Nah, kalau ini adalah ruang khusus promosi karya tulis kalian yang lama atau yang terbaru. Disini kalian bebas membagikan link karya tulisan kalian supaya bisa diintip oleh user Kafe MM lain. Tapi ingat! Jangan spam yaa! Artinya tiap saat kalian membagikan link di ruangan ini. Patuhi peraturan yang dibuat oleh Kafe MM!

4. Ruang Serius

Ada kalanya kita bercanda dan juga serius. Khusus ruangan ini kalian bisa berbagi pengetahuan tentang apapun yang berkaitan dengan blog, internet, adsense, marketing, monetisasi, dan lain-lain. Diruangan ini jangan pada bercanda! Pindah keruangan lain kalau bercanda!

5. Ruang Gaoel

Jika diatas kita sudah kecapekan serius, maka disini kita santai-santai, refreshing otak, sekedar ngobrol, sharing, cicit cuit, pokok ruang santai lah, nongkrong, sambil pesen kopi di Kafe MM, segelintir rokok, main gitar juga boleh disini. Hehehe

6. Mading (Majalah Dinding)

Namanya mading tentu untuk umum dong, dipajang diluar ruangan. Disini kalian bisa menambahkan informasi, berita seputar blogger dari teman-teman kita yang lain dan ajakan untuk sekedar ngumpul-ngumpul. Gunakan ruangan sesuai dengan fungsinya dan petuhi peraturannya!

7. Info Lomba & Giveaway

Ini yang asik. Diruangan ini siapapun bisa menyelenggarakan lomba dan giveaway dengan hadiah kecil-kecilan tidak apa. Yang saya tunggu adalah informasi dari admin terkait lomba dan giveaway pasti seru kali. Sepertinya admin sedang mempersiapkan dan mencari moment yang pas untuk ini.

Baca : Situs Backlink Gratis dan Berkualitas

8. Bilik Pustaka

Dari nama ruangannya saja sudah kelihatan seperti perpustakaan, pasti disini khusus ruangan bagi para pecinta buku, mengajak kawan-kawan untuk membaca, sharing seputar buku, atau kalian punya karya tulis yang akan dibukukan kalian bisa tread disini buat berbagi pengalaman bersama.

9. Bilik Film & Sinetron

Wihh.... Film dan sinetron, pasti banyak yang suka dan dapat di ulas ulang disini dari film yang sudah kalian lihat atau yang mau kalian lihat. Tapi kalian butuh informasi tambahan? Buat saja tread disini! Pasti seru.

10. Info Job

Pekerjaan nih. Ruang khusus informasi job bagi user Kafe MM. Kalian punya info job yang bisa dikerjakan, kalian bisa tread disini dan mencantumkan siapa yang memberi job tersebut atau dari pihak lain. Untuk info nya tolong diperjelas dulu benar apa hoax supaya tidak ada yang dirugikan.

11. Ruang Motret

Kamera. Hampir semua orang mempunyai kamera, minimal di ponselnya. Namun jika kamera khusus yang digunakan untuk bekerja, hanya sedikit yang punya. Bagi kalian pemula bisa masuk ke ruang ini untuk mencari informasi seputar kamera, jika tidak ada kalian bisa tanyakan via tread. Bagi yang sudah pro bagi-bagi ilmunya disini, siapa tahu bermanfaat bagi user lain.

My opinion about the Kafe MM.

Kelebihan :

1. Tampilan simpel, loading wus, kejelasan masing-masing ruangan sangat jelas, menu-menunya yang pas dan lengkap
2. Fitur-fiturnya pas banget buat tempat nongkrong para blogger
3. Banyak artikel bermanfaat di blognya

Kekurangan :

1. Dalam segi tampilan simpel sekali, terlalu sederhana menurut saya, kurang padu dengan banyaknya fitur yang diberikan.
2. Kafe MM dengan blog nya masih campur

Bagi kalian blogger, yang suka menulis, membaca, menonton, fotografer yang membaca artikel ini atau tahu Kafe MM dari google atau dari teman atau siapalah, wajib gabung di Kafe MM. Karena disini asik banget, orang-orangnya baik dan ramah sekali, disana kita terlihat sama tidak dibeda-bedakan, tidak seperti di sekolah dulu kalau orang baru pasti dikerjain habis-habisan, kalau disini enggak, direkturnya (pak Anton), staf nya mas (Adynura) dan mbak Peri Kecil Lia saja terlihat sama seperti blogger yang lain (ngobrol, sharing, berbagi ilmu, berbagi pengetahuan, berbagi pengalaman, dan lain-lain).

Untuk daftarnya kalian cukup membutuhkan email yang aktif. Kunjungi maniakmenulis.com dan daftar dengan email kalian, masukkan password, verifikasi email, login dengan email dan kata sandinya, selesai. Sangat simpel sekali dan disana kalian bebas mau ngapain, pesen kopi, rokokan, penting tidak mabuk-mabukan ya!

Baca : Fortune Indonesia

Kritik & saran saya untuk Kafe MM.

1. Tampilannya sedikit dibalur dengan CSS bagus deh, jadi sedikit berwarna, menurut saya dalam segi tampilan kurang nyaman dipandang, dibuat memiliki ciri khas warna dalam segi tampilan bisa tambah oke. Platform WordPres sepertinya beda istilah dan settingannya dengan Blogger (blogspot). Namun itu semua tertutup dengan kelebihan fitur-fitur yang disuguhkan sangat mewadahi para blogger sekali.

2. Mungkin ditambah lagi ruangan khusus editor (foto / video) yang berisi tentang pengetahuan seputar itu. Mungkin cukup menarik menurut saya untuk dibahas supaya mereka yang jago dalam bidang ini memiliki tempat khusus (wadah) daripada cuma dibuat SW (Story WhatsApp), Insta Story, atau FB, jika mereka memiliki wadah mungkin bisa lebih berguna / bermanfaat skilnya bagi dirinya sendiri dan orang lain. Karena tidak semua orang bisa melakukannya walaupun sumberdaya sudah tersedia.

3. Link reply / balasan diperbesar dikit dong pak Anton biar kelihatan, kalau via mobile kecil banget dan samar-samar. Kemarin juga sudah ada yang tanya soal ini di Kafe MM. Mudah-mudahan segera ditindaklanjuti.

4. Untuk tread yang obrolannya panjang / komentarnya banyak, mungkin bisa di ringkas lagi jadi 50 komentar atau berapa maksimal, untuk komentar selanjutnya di halaman berikutnya supaya kita scrool nya tidak panjang banget.

5. Kasih buton Back to Top dan link / button Home di bagian footer untuk mempermudah kita kembali ke halaman awal tidak scrool dulu mentok ke atas baru kita bisa back to home atau halaman sebelumnya. Mungkin dibagian footer bisa dibikin link seperti di header : Kafe MM >> Forums >> Nama ruangan saya rasa bagus walaupun tidak ada buton Back to Top nya.

Semua tulisan saya diatas hanya di Kafe MM nya. Kalian juga bisa mengunjungi blognya dalam situs yang sama, karena disana banyak sekali artikel-artikel yang bermanfaat dan menarik untuk dijadikan bahan bacaan dan dapat kalian aplikasikan jika informasi yang kalian cari kalian dapatkan disana.

Selamat bergabung. Kami tunggu di Kafe MM yaa kedatangannya. :)

TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri
TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri - Blogger | Cara | Event | Games | Higgs Domino Island | Karambol | Mobile Legends: Bang Bang

14 comments for "Review Blog Kafe MM - Penerus MWB (MyWapBlog)"

  1. Menurut saya emang kafe MM ini sangat simple, sangat sederhana. Tampilannya putih nggak ada warna khusus yang menjadi ciri khasnya jadi netral dan clean banget!

    Saat saya baca sebuah blog dan disebut lah "blog MM" di kolom komentar di blog tersebut, saya jadi bertanya-tanya blog MM? Blog siapa itu? Saya pikir blog MM yang dimaksud adalah blog Middle Me - Becoming Unstuck punya Kally. Dimana di blog tersebut utamanya membahas seputar dunia kerja yang seru juga saya baca-baca 😊.

    Setelah kenal blog MM yang dimaksud, oooh ternyata punya Pak Anton Ardyanto... saya pun gabung ke Kafe MM karena tulisan pak Anton bagus-bagus tentang dunia blogging. Saya juga suka Kafe MM gabung dengan blog pribadi pak Anton, jadi bisa kongkow di forum pun masih bisa berpindah untuk baca-baca tulisan di blog pak Anton. 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, mungkin sudah difikirkan pak Anton buat tampilan yang unik sebagai ciri khasnya, dan logonya pula. Untuk kepanjangan MM nya saya belum tau pasti uga kak Intan. Soalnya itu aku nebak aja. Referensi blog yang bagus tuh kak tentang dunia kerja. Aku aktif wira-wiri belum lama ini, gabung sama Kafe MM uga belum ada seminggu kayaknya. Iya kak, aku baca beberapa artikel bagus2 banget n ga terlalu panjang. Soal Kafe MM yang masih gabung sama blog saya setuju kak, tapi lw misalnya blog dibuat tampilan sendiri yang beda dengan Kafe MM mungkin menarik tuh. Khusus blog dibuat supaya pembacanya betah. Sepertinya 2 komentar ini dijadiin 1 artikel bisa kak Intan yaa hehehe

      Delete
  2. Sangat menarik Review tentang Kafe MMnya nih Tuan Joko..👍👍👍


    Cuma sekedar saran saja nih tuan Joko. Blog Maniak-menulis dan Kafe MM yaa tetap beda.😊😊

    Kafe MM didirikan oleh pak Anton pemilik blog Maniak menulis...Meski menyatu tetapi tetap ada perbedaan...Gitu tuan Joko.😊😊

    Jadi yang ente review ini menurut saya itu Kafe MM...Bukan Blog Maniak-menulis.

    Jadi lebih bagusnya harusnya ente buat 2 postingan Review blog Maniak-menulis dan Kafe MM gitu tuan Joko..😊😊

    Naah sekedar tambahan lagi kalau mau review blog seseorang ente meski rajin ubek2 blog tersebut dari awal berdiri sampai sekarang dan juga latar belakang adminnya.😊😊

    Contohnya ada beberapa blogger yang gw review diblog gw termasuk Blog Maniak menulis...Coba aja ente intip kalau mau..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Satria. Itu review nya kurang dalam, kemarin hanya sepintas aja bikinnya liat Kafe MM sekilas. Berdirinya kapan, pokok sejarahnya awal mula berdirinya belum masuk sana. Soalnya nulis survei segitu aja udah kepentok pusing, jadi yang aku tau aja aku tulis. Jika keduanya beda, ide bagus mas Satria lw buat artikel nya masing-masing. Baru tahu sekarang nih mas lw ada perbedaan. Berarti yaa ntar disambung sama artikel lain. Namun sampai saat ini belum menemukan perbedaan nya saya. Mungkin ntar aku cari tahu dulu deh sampai detailnya. Lw awal berdirinya, pendirinya kan fakta, jadi emang harus jelajah sampai dalam buat menemukan itu. Ntar aku intip deh, buat referensi saya buat next artikel nya. Makasih mas Satria sarannya. Kayaknya dah aku follow, jadi kapan aja gampang cari blog mas Satria. Hehehe

      Delete
  3. Saya sudah daftar di kafe MMnya milik mas Anton cuman belum sempat ikutan ngobrol di situ, sepertinya seru ya. Saya jadi ingat sama forumnya juragan kecipir, mungkin saja mas Anton terinspirasi dari situ ya

    ReplyDelete
  4. Iya mbak. Seru banget. Coba aja deh intip2 dulu! Bisa jadi mbak inspirasi nya dari situ. Tapi sama forumnya juragan kecipir saya belum tau tuh, baru baca ini. Sejenis kayak Kafe MM kak? Maksudnya tentang apa?

    ReplyDelete
  5. Hai TomTom salam kenal..
    Saya baru gabung di kafe MM, email dari pak Anton kehapus terus lupa2 terus mau daftar hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo uga kak Nisa. Salam kenal uga yaa kak. Maksudnya email buat login kak? Lw lupa pin minta reset pin aja kak! Lw email kan pasti ada di hp kak Nisa. Tinggal buat password yang baru, buka email verifikasi, login. Daftar lagi uga silakan kak! Saya uga penghuni baru Kafe MM kok kak hehehe

      Delete
  6. setelah mampir ke blog nya kak joko, ada artikel-artikel yang menarik. salah satunya yang ini. jadi penasaran nih sama Kafe MM. nanti mau berkunjung juga ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Ria. Makasih yaa kak.
      Silakan gabung kesana kak, aku tunggu disana sambil ngopi yaa kak. Heheh

      Delete
  7. aku kalau ngafe ke MM seringnya malammmm hahahaha, kalong banget pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. lw ngalong sih samaan kak. Tapi sekarang baru belajar BW sih lw saya, pengen jelajah cakrawala dunia maya seperti apa. Sambil cari konten. Hehehe

      Delete
  8. Kopi MM , saya sudah dengar itu jauh hari anehnya akun sudah masuk tetapi susahnya saat ingin bersua ria, berbagi artikel, curhat, dan lain sebagainnya. Terus, katanya kopi MM tutup tak membuka member baru apakah udah dibuka lagi apa gak entahlah saya juga belum tahu infonya lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Tari, selamat datang kembali.

      Sebelumnya saya mohon maaf yaa kak atas ketidaknyamanannya! Yaa, walaupun saya bukan pemilik Kafe MM, moderator, atau stafnya, tapi saya ikut bertanggung jawab menjawab karena saya mereview Kafe MM milik pak Anton.

      Sekedar informasi kak, memang Kafe MM sedang menutup member baru karena ada sedikit masalah. Namun kak Tari jangan khawatir, kk bisa daftar manual kak, dengan mengirimkan email ke pak Anton langsung jika kk berkenan ingin mendaftar.

      Sekedar tambahan saja kak, kemarin ada uga yang tanya saya via kolom komentar, ia penasaran n ingin daftar, akhirnya chat saya dia. Nah, pas mau daftar selalu gagal walaupun sudah benar n memakai beberapa email yang berbeda. Setelah saya tanyakan kepada moderatornya (kebetulan saya kenal), ternyata memang ada sedikit masalah n saya disuruh menunggu bahwa pesan saya akan disampaikan kepada beliau (pak Anton).

      Beberapa saat kemudian pak Anton email saya langsung dengan memberikan link alasan pak Anton menutup member baru. Ini linknya kak : https://maniakmenulis.com/2021/04/pengumuman-kafe-mm-untuk-sementara-tidak-menerima-member-baru/

      Kk bisa baca sendiri dengan santai dan lebih jelas untuk informasinya kak. Jika kk mau daftar bisa langsung hubungi pak Anton, atau lewat saya uga bisa kak.

      Semoga membantu yaa kak. :) :) :)

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak! Tidak promosi keyword atau kata kunci blog pribadi guna mencari keuntungan sepihak, dan komentar tidak keluar dari pembahasan konten artikel yang kalian baca!

Untuk menjalin kerjasama yang baik, hubungi TOMTOMID - Personal Blogger Wonogiri melalui kontak yang telah tersedia! Terimakasih.

TOMTOMID - Personal Bloger Wonogiri