YouTube Down. Membuat Warga Media Sosial Gaduh

YouTube Down. Membuat Warga Media Sosial Gaduh


TOMTOMID - Semalam platform raksasa berbagi video YouTube mengalami eror sejenak, lebih tepatnya pada Senin, 14 Desember 2020 sekitar pukul 18:55 WIB. Pada saat itu saya pun sedang ingin memutar video di YouTube dengan laptop, namun yang muncul di layar monitor malah gambar monyet menghadap ke kiri dan membawa palu, diatas kepala monyet itu bertuliskan :

Something went wrong”. "Ini lagi eror atau gimana sih? Kok ga bisa? Apa eror dari jaringannya atau dari server YouTube nya sendiri? Kalau dari jaringan yang eror tidak mungkin, soalnya buat yang lain masih bisa", pikir saya". "Berarti dari servernya ini, jelas", yakin saya.

Yang membuat saya berfikir bimbang adalah karena akhir-akhir ini banyak teman-teman saya yang mengeluh akan jaringannya yang susah. Setiap MaBar (Main Bareng) pasti lag atau patah-patah seperti hatiku. Tidak seperti hari-hari biasanya. Hehehe Saya pun juga merasakan akan hal itu dan bahkan sering AFK gara-gara jaringan down mungkin. Saya kira juga akibat dari jaringannya.

Karena ngirit paketan akhirnya saya tinggal tidur saja, lagi zonk paketan. Waktu pagi masih gelap gulita sekitar pukul 03:35 WIB saya terbangun dan yang pertama saya cari adalah HP. Dasar anak zaman now bangun tidak salat tahajud malah mainan HP, eitss.... jangan ditiru!

Dengan terjadinya hal ini, tentu saja membuat gaduh warga media sosial seperti Facebook (FB), Twitter , WhatsApp (WA). Dalam hitungan jam, banyak sekali yang membicarakan soal eror nya YouTube dah bahkan sampai tranding. Dalam status, tweet, atau story mereka menggunakan tag #YouTubeDown Seperti ini contohnya :
Kutipan detik.com di Facebook (FB).
Kutipan detik.com di Facebook (FB).

 

Kutipan resmi dari TeamYouTube dari Twitter.
Kutipan resmi dari TeamYouTube dari Twitter.

Awalnya saya cuek dengan informasi tersebut. Namun lama-kelamaan kok saya baru kepikiran untuk membuat artikel tentang hal ini. "Kenapa tidak dari awal saya buatkan artikel?, mungkin sekarang udah jadi artikelnya, menyesal dalam hati. "Akhirnya ketinggalan kan". Apa yang kamu fikirkan Tom?", tanya pada diri sendiri. Tahu sendiri kamu membuat artikel, cerita atau cerpen dalam hitungan hari. Tidak seperti situs besar diluar sana yang sudah memiliki tim, dalam hitungan jam setelah kejadian mereka  mampu membuat artikel dan siap untuk diterbitkan. "Kapan saya bisa seperti itu yaa?", mengkhayal dulu. Tapi santai saja lah, buat artikelnya sambil ngudud dan ngopi. Hehehe

Baca : Cinta Pertama

Akhirnya saya satu per satu mengumpulkan informasi dan sedikit melakukkan edit gambar. Dengan singkat saya langsung kerjakan, yang terpenting tanpa copyan.

 Dalam informasi dan laporan yang saya baca di internet dan dari berbagai sumber, ternyata tak hanya YouTube saja ternyata yang mengalami masalah akses, sebagian layanan google pun juga mengalami hal serupa tidak dapat diakses. Seperti tidak bisa cek email, menggunakan google maps, membuka play store, google meet, dan yang lainnya (mungkin). Seperti tangkapan layar yang saya ambil ini :

Kutipan detik.com dari Facebook (FB).
Kutipan detik.com dari Facebook (FB).

Dari obrolan yang mulanya serius tentang adanya kendala mengakses YouTube dan sebagian layanan milik google, ada nih warga WhatsApp (WA) dengan santai menyikapi akan hal ini dengan sebuah obrolan candaan yang membuat pecah suasana. Mereka semua adalah mantan blogger MWB dan dari sebagian mereka ada yang melanjutkan menjadi seorang Blogger dan YouTuber. Ternyata Blogger / blogspot juga terkena dampak erornya. Ini dalam grup WhatsApp (WA) saya :

Grup WhatsApp (WA)
Grup WhatsApp (WA).         

Setelah saya baca lebih lanjut informasi dari berbagai sumber, ternyata yang mengalami keluhan yang sama tidak hanya warga +62, tapi beberapa negara juga merasakan dampaknya. Mudah-mudahan segera diperbaiki dan tidak berlama-lama erornya. Saya cek secara berulang mengakses yang katanya beberapa situs tidak dapat diakses, sekarang sudah bisa digunakkan kembali oleh masyarakat. "Apa mungkin situs besar sekelas YouTube di hack? Karena Telkomsel pun dulu pernah kena seragan hack. Mungkin saja. Apa saja bisa terjadi.", pikir saya (opini).

TOMTOMID
TOMTOMID Blogger | Gamer | Employee | Freelancer | Influencer | Player | YouTuber

No comments for "YouTube Down. Membuat Warga Media Sosial Gaduh"